Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Kalau Gak Mau Tekor Saat Ramadhan !

Halo sobat zeropromosi ! Tak lama lagi umat islam akan segera menjalankan ibadah puasa selama 30 hari lamanya di bulan ramadhan. Bukan ramadhan menjadi bulan yang selalu dinantikan oleh umat islam, maka tak heran jika ramadhan selalu disambut dengan antusias. Bahkan umat islam sudah mulai menyambut ramadhan sejak seminggu sebelum ramadhan lho, mereka akan menyambutnya dengan berbagai tradisi yang berbeda. Selain itu, umat islam terutama masyarakat di Indonesia juga sudah mulai mempersiapkan banyak hal dimulai dari soal materi, keperluan rumah, keperluan ibadah hingga memikirkan bingkisan ramadhan dan idul fitri.(Aneka macam souvenir dan hampers dari zeropromosi sangat tepat dijadikan pilihan karena harganya terjangkau dan bisa disesuaikan dengan selera, cek disini untuk melihat rekomendasinya)

Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Kalau Gak Mau Tekor Saat Ramadhan !

Meskipun persiapan ramadhan tak sebanyak persiapan lebaran idul fitri, jika dihitung-hitung ternyata selama bulan ramadhan kita menghabiskan lebih banyak anggaran lho. Belum lagi ketika berbuka biasanya makanan yang dipilih tuh maunya yang enak-enak dan jumlahnya gak sedikit karena kebiasaan lapar mata. Jadi biar kamu gak boros apalagi sampe tekor, kali ini zeropromosi ingin memberitahukan beberapa hal dan tips yang bisa kamu lakukan agar tetap hemat jelang/selama bulan ramadhan. 
Kalau kamu gak mau tekor dan mau hemat plis jangan skip tips dari zero kali ini ya, yuk langsung aja simak dan catat tipsnya berikut ini !

Buat Perencanaan Keuangan merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Buat Perencanaan Keuangan merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Seperti yang kita tahu ramadhan akan tiba dalam beberapa hari lagi, maka dari itu sebelum kamu menyesal kamu harus mulai merencanakan banyak hal sebelum ramadhan. Yang pertama kali harus kamu rencanakan dengan matang tentunya anggaran keuangan untuk bulan ramadhan nanti. Seperti yang sudah banyak dialami, terkadang biaya pengeluaran selama bulan ramadhan justru 2 hingga 3 kali lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu kamu sangat memerlukan yang namanya perencanaan keuangan untuk bulan ramadhan. Hal pertama yang bisa kamu lakukan mungkin mencatat atau membuat daftar apa yang sekiranya sangat di butuhkan selama bulan ramadhan. Misalnya kamu bisa menulis bahan-bahan makanan untuk ramadhan, keperluan pokok seperti tagihan listrik/air, keperluan untuk ibadah dan lainnya. 
Usahakan kamu juga menyisihkan uang khusus untuk dana darurat ya, karena yang namanya hidup pasti akan ada keperluan mendadak. Meskipun idul fitri waktunya masih lama, tapi gak ada salahnya lho kalau kamu sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari agar nantinya kamu gak bingung ngatur keuangan lagi. Selain memikirkan keperluan pribadi, kamu juga perlu lho menyiapkan anggaran untuk keperluan lain seperti keperluan untuk zakat dan sedekah hingga keperluan menjelang idul fitri berupa pakaian baru dan juga bingkisan atau cinderamata yang akan dibagikan kepada sanak saudara, teman dan keluarga mu saat lebaran nanti. Tidak perlu yang mahal, kamu bisa memilih souvenir/bingkisan lebaran yang sederhana tapi bermakna (seperti misalnya tumbler T88 spesial idul fitri yang bisa dicustom design idul fitri ini, modelnya yang cantik dan bermanfaat pasti sangat disukai oleh semua orang. Klik disini untuk melihat lebih detail ya). Perencanaan keuangan akan sangat membantu kamu ketika ramadhan nanti lho, kamu bisa gunakan perencaan yang telah kamu buat ini untuk acuan kamu selama ramadhan. Jangan lupa untuk lebihkan anggaran karena biasanya harga barang-barang akan lebih mahal dari hari biasanya. Jadi perhatikan baik-baik dan buat sedetail mungkin ya.

Kontrol Diri serta Mampu Bedakan Mana Keperluan dan Keinginan merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Kontrol Diri serta Mampu Bedakan Mana Keperluan dan Keinginan merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Tips berikutnya yang sangat penting untuk kamu lakukan agar tidak boros dan tekor saat ramadhan adalah harus mampu mengontrol diri serta membedakan mana yang namanya keperluan dan keinginan. Kedua hal ini seringkali membuat banyak orang jadi berperilaku konsumtif sehingga pengeluaran jadi lebih besar. Maka dari itu dari sekarang kamu perlu membedakan kedua hal ini, usahakan utamakan membeli yang memang menjadi keperluan mu ya seperti yang telah dijelaskan di point pertama. Jika kamu memiliki keinginan untuk membeli sesuatu coba dipikirkan kembali apakah memang kamu hanya lapar mata atau bukan. Jika kamu memang tidak memerlukannya atau sekiranya nanti tidak akan terpakai lebih baik ditunda dan utamakan yang dibutuhkan. Disinilah perencanaan keuangan mu akan berfungsi, kalau kamu lapar mata kamu bisa ingat bahwa kamu punya perencanaan yang harus di wujudkan. Agar tidak lupa, kamu bisa menulis daftar keperluan mu sebelum pergi belanja entah menggunakan kertas atau buku catatan kecil yang mudah dibawa seperti Memo mini custom ini. Jika perlu kamu bisa memanfaatkan diskon untuk membeli keperluan agar anggarannya jadi lebih kecil, tapi jangan sampai tergoda diskon yang lain yaa. Bisa-bisa boncos deh haha.

Belanja Lebih Awal merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Belanja Lebih Awal merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Setelah kamu memiliki catatan baik itu pengeluaran atau memang barang yang kamu perlukan selama ramadhan, kini saatnya untuk kamu mulai belanja. Yups, keperluan ramadhan bisa kamu beli sebelum ramadhan agar harganya juga tidak terlalu mahal. Selain itu barang-barang yang banyak di temukan sehari-hari biasanya akan lebih sulit ditemui saat ramadhan sehingga kamu perlu untuk belanja lebih awal mungkin seminggu atau 3 hari sebelum ramadhan. Eits, usahakan beli produk-produk yang memang bisa tahan untuk waktu lama yaa seperti frozen food, makanan kaleng minyak, tepung dan lainnya. Tapi perlu diingat ya, di masa pandemi seperti sekarang ini kamu harus lebih ekstra safety ketika belanja agar tidak menyebabkan penularan virus. Maka dari itu penting untuk kamu memerharikan waktu yang tepat untuk belanja dan jangan lupa selalu bawa handsanitizer agar tangan tetap bersih setelah memegang sesuatu (handsanitizer spray seperti ini sangat tepat untuk kamu pilih karena lebih praktis dan tidak membuat tangan jadi lengket).  

Lebih Baik Masak Menu Makanan Sendiri merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Lebih Baik Masak Menu Makanan Sendiri merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Tips berikutnya yang tak kalah penting untuk kamu terapkan adalah mengusahakan untuk selalu masak menu makanan baik berbuka ataupun sahur sendiri. Kalau menu makanan sahur sih mungkin masih bisa yaa masak dirumah, tapi menu berbuka nih. Kebanyakan orang jadi boros karena kebiasaan lapar mata sebelum berbuka, ada makanan enak dijalan berhenti, ada es seger dikit berhenti eh jadi gak kekontrol deh tuh apa aja mau dibeli. Selain itu kegiatan buka bersama di luar yang super padat juga bisa lho membuat kamu jadi boros dan tekor. Belum buka bersama sd, smp, sma kuliah dan masih banyak lagi. Kalau kamu seperti ini terus sudah tentu uang mu akan terkuras habis. Nah, untuk menghindari hal ini lebih baik kamu adakan acara buka bersama dengan sistem potluck dimana setiap orang akan membawa makanan atau minuman untuk di makan bersama. Dengan cara ini kamu gak perku deh ngeluarin budget banyak, tinggal pilih tempat bisa di rumah mu atau teman mu terus masak sendiri deh dari rumah. Simple dan gak ngeluarin banyak budget kannn? Ada yang mau coba juga gak nih, jangan lupa ajak teman nya ya.

Komitmen Dengan Perencanaan Yang Dibuat merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Komitmen Dengan Perencanaan Yang Dibuat merupakan salah satu tips anti tekor saat ramadhan

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu bisa komitmen untuk menjalankan semua tips dari awal hingga akhir, terutama untuk tips di point nomor satu. Dari semua tips sebenarnya ini yang paling penting, kalau kamu tidak bersungguh-sungguh untuk menerapkannya maka rencana hemat mu tidak akan pernah terwujud. Jadi usahakan kamu konsisten menerapkan tips dari awal hingga akhir ya, jangan sampai nanti kamu menyesal karena tidak berhasil untuk hemat.

Nah sobat zeropromosi, demikian itulah beberapa tips dan hal yang perlu kamu lakukan agar tidak tekor saat ramadhan. Mumpung sekarang masih ada waktu beberapa hari lagi jelang ramadhan, kamu bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang ya. Meskipun kasus pandemi sudah mulai menurun, tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga kesehatan tubuh agar puasa tetap lancar ya.

Sekian dan semoga tips dari kami ini bisa bermanfaat untuk sobat zero semua ya, share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga mu agar mereka bisa tahu cara agar tetap hemat saat ramadhan. Terimakasih dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi sobat zero yang menjalankan, yaaπŸ˜πŸ˜›

» Thanks for reading Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Kalau Gak Mau Tekor Saat Ramadhan !

20 Responses to "Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Kalau Gak Mau Tekor Saat Ramadhan !"

  1. keren dan elegan 😍😍

    BalasHapus
  2. Mantep, ini yang dicari-cari. Tiap puasa jadi boros banget 😭 makasih min infonya

    BalasHapus
  3. Kereen dan bermanfaat πŸ‘

    BalasHapus
  4. Thanks min buat infonya

    BalasHapus
  5. Terimakasih tipsnya😁

    BalasHapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami