Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Sederet Manfaat Refleksi Diri Yang Perlu Kamu Tahu !

Sobat zeropromosi - Meskipun tahun ini harus ditutup dengan kondisi pandemi yang masih mewabah, tapi sebagian besar masyarakat khususnya di Indonesia sudah mulai merencanakan aktivitas akhir tahun. Ada yang sudah merencanakan liburan, bbq-an bareng keluarga dan kerabat, me time di rumah dan yang gak ketinggalan adalah membuat resolusi untuk tahun baru. Yups, membuat resolusi tahun baru sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan jelang akhir tahun. Banyak orang akan membuat rencana hingga target yang ingin mereka capai di tahun baru, Namun sayangnya banyak dari mereka lupa untuk melakukan refleksi diri sebelum membuat resolusi sehingga resolusi yang sudah dibuat lebih sulit untuk direalisasikan.  

Sederet Manfaat Refleksi Diri Yang Perlu Kamu Tahu !

Sebab, refleksi diri itu sendiri menjadi proses awal untuk mengetahui apa yang sebenarnya ingin dan bisa kita lakukan di tahun depan. Melakukan refleksi diri bisa menjadi kesempatan untuk kamu melihat dan mengevaluasi kembali apa yang telah kamu lakukan sebelumnya. Refleksi diri bisa dilakukan dengan cara melihat dan merenungkan apa yang telah terjadi, entah itu perihal perasaan, pemikiran, pekerjaan, kehidupan pribadi atau soal hubungan sosial dan sesuatu yang melibatkan masa lalu. Refleksi diri bisa membantu kamu untuk menjalani hidup yang lebih baik terutama untuk menyongsong tahun baru .
Agar kamu lebih memahami perihal manfaat refleksi diri ini, kali ini zeropromosi akan memberitahukan sederet manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu. Mumpung sebentar lagi tahun baru, yuk langsung aja simak dan resapi manfaatnya di artikel berikut ini ya !

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Seperti yang pernah di bahas sebelumnya, refleksi diri merupakan proses pengenalan diri yang dilakukan dengan cara melihat dan merenungkan kembali sesuatu yang telah terjadi sebelumnya baik itu dalam waktu dekat atau dalam satu tahun belakangan ini. Dalam hidup seringkali kita mengalami banyak hal yang kadang tidak sesuai dengan harapan dan kurang mengenakan.  Dengan refleksi diri, kamu bisa mengeksplor lebih dalam tentang dirimu dan kehidupanmu. Sembari melakukan instrospeksi kamu bisa mereview banyak hal sehingga kamu bisa lebih memahami siapa kamu sebenarnya, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan mu. Setelah mengetahui banyak hal yang sebelumnya kamu tidak sadari seperti misalnya kekurangan, mungkin awalnya kamu akan merasa sulit menerima kekurangan kamu miliki. Tapi sadarilah dengan mengetahui kekurangan sendiri, kamu jadi tau batasan dan kapasitas kemampuan mu. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan yang melibatkan kemampuanmu. Jadi kamu tau batasan untuk dirimu sendiri sehingga kedepannya kamu tidak akan meraasa terbebani saat melakukan sesuatu karena sebelumnya kamu tahu sampai mana kemampuanmu.

Menambah Wawasan Baru Yang Berharga merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Menambah Wawasan Baru Yang Berharga merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Jika sebelumnya kamu berusaha untuk mengenal dirimu lebih baik, maka secara tidak langsung kamu akan mendapatkan banyak wawasan dan pelajaran baru yang berharga tentang dirimu dan hidupmu selama ini. Meskipun refleksi diri rata-rata melibatkan masa lalu yang kurang baik, justru dari hasil merenungkan masa lalu ini kamu bisa memperolah perspektif dan pelajaran baru dari apa yang telah kamu alami. Dengan merefleksikan diri atas setiap hal, peristiwa dan kejadian, kamu bisa jadikan setiap hikmah yang kamu ambil sebagai sebuah pelajaran berharga untuk masa depan. Jadi di masa yang akan datang kamu tidak akan melakukan hal yang sama karena kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan jika dihadapkan dengan kondisi yang sama. Kamu juga bisa lebih berpikir positif atas setiap hal yang terjadi di masa depan.

Lebih Bijak Mengambil Keputusan Dan Tindakan merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Lebih Bijak Mengambil Keputusan Dan Tindakan merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Melakukan refleksi diri mungkin tidak sepopuler membuat resolusi tahun baru, tapi perlu kamu ketahui refleksi berperan besar dalam hasil akhir resolusi yang kamu buat. Bukan hanya perihal resolusi, refleksi diri juga berperan penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga kamu bisa melakukannya kapan saja jika diperlukan. Jika sebelumnya kamu melakukan refleksi diri dan mulai memahami dirimu lebih dalam, maka itu sebuah awal yang sangat bagus. Dimulai dari pengenalan diri yang lebih baik bisa menuntun kamu untuk menjadi seseorang yang bijak dalam mengambil keputusan dan tindakan. Semakin baik kamu mengenal dirimu, maka akan lebih mudah untuk kamu membuat keputusan dan mengambil tindakan saat dihadapkan pada suatu kondisi yang membuat mu harus memilih salah satunya. Jika kamu melakukan refleksi diri secara rutin, kamu bisa lebih memahami konsekuensi atas tindakan yang akan kamu ambil. Secara tidak langsung nantinya kamu akan terbiasa untuk mempertimbangkan sesuatu dengan lebih baik dan tajam sebelum dilakukan.

Menjauhkan Rasa Cemas dan Menambah Kepercayaan Diri merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Menjauhkan Rasa Cemas dan Menambah Kepercayaan Diri merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Saat melakukan sesuatu yang mengakibatkan penyesalan seringkali menimbulkan rasa cemas dan khawatir. Meskipun itu hal yang wajar, tapi jika rasa cemas dan khawatir yang kamu rasakan itu berlebihan maka itu tidak bagus untuk kesehatan mental mu dan bisa menimbulkan stress. Melakukan refleksi diri memang bertujuan untuk mengenali diri lebih baik, tapi jika dirimu menyadari adanya sebuah kesalahan yang kamu lakukan tidak seharusnya kamu menyalahkan dirimu secara berlebih. Dengan melakukan refleksi diri, kamu bisa belajar untuk menelaah sebuah kesalahan, memaafkannya dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi. Jika kamu sudah terbiasa dengan hal ini maka saat kamu mengalami hal yang kurang baik, kamu tidak akan merasa cemas tapi semangat untuk langsung memperbaikinya. Dari sini kamu perlahan bisa membangun kebiasaan baik yang menjadi bagian dari perbaikan diri dari segi pemikiran dan tindakan. Disamping itu kamu juga bisa lebih menyadari bahwa tidak hanya memiliki kekurangan, kamu juga memiliki kelebihan yang mampu meningkatkan rasa percaya diri dalam dirimu.

Lebih Fokus Dengan Tujuan Dan Masa Depan merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Lebih Fokus Dengan Tujuan Dan Masa Depan merupakan salah satu manfaat refleksi diri yang perlu kamu tahu

Manfaat terakhir yang akan kamu rasakan ketika rutin melakukan refleksi diri adalah hidup lebih terarah dan kamu akan lebih fokus dengan tujuan dan masa depan. Melakukan refleksi diri akan membantu kamu mengenal dirimu lebih baik sehingga kamu lebih mudah untuk membuat target dan mengambil keputusan. Dengan pengenalan diri yang lebih baik kamu jadi tahu apa yang harus kamu lakukan dan tidak lakukan sehingga nantinya kamu bisa membuat target yang lebih jelas. Setiap tindakan yang kamu lakukan akan selalu dipikirkan dengan baik sehingga kamu hanya akan melakukan hal-hal yang menjadi prioritas dalam hidupmu guna mencapai tujuan yang telah kamu buat. Kamu juga akan terbiasa melakukan perubahan-perubahan kecil yang menuntunmu menuju tujuan hidup.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa manfaat melakukan refleksi diri yang perlu kamu tahu. Refleksi diri merupakan kegiatan positif yang sangat bermanfaat untuk kehidupan setiap orang. Dengan melakukan refleksi kamu bisa memahami dan mempelajari arti hidup yang sesungguhnya. Jika sebelumnya kamu malas untuk melakukan refleksi, kini saatnya kamu melakukan refleksi dan buat hidup mu jadi lebih baik. Meskipun terdengar sulit untuk dilakukan, tapi kamu bisa memulainya dengan niat dan lakukan secara bertahap.

Sekian dan semoga artikel kali ini bisa memberikan inspirasi dan manfaat untuk sobat zero yang ingin memperbaiki diri atau membuat resolusi tahun baru ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka juga tau manfaat melakukan refleksi diri. Ingat ya refleksi diri bukan refleksi pijat hehe. Terimakasih sudah membaca dan selamat tahun baru !😁

» Thanks for reading Sederet Manfaat Refleksi Diri Yang Perlu Kamu Tahu !

0 Response to "Sederet Manfaat Refleksi Diri Yang Perlu Kamu Tahu !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *