Macam-Macam Media Promosi Bisnis Yang Wajib Kamu Ketahui !

Halo sobat zeropromosi ! Promosi merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan saat memiliki bisnis atau usaha. Kegiatan promosi merupakan cara untuk memperkenalkan, menyebarluaskan dan menawarkan produk ataupun jasa yang dijual kepada khalayak ramai. Kegiatan promosi ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang perusahaan tawarkan. Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, kini kegiatan promosi dilakukan dengan banyak cara dan pastinya memerlukan yang namanya media atau perantara.

Macam-Macam Media Promosi Bisnis Yang Wajib Kamu Ketahui !

Di jaman yang serba canggih ini membuat kegiatan promosi jadi lebih mudah untuk dilakukan, tapi sayangnya tidak semua orang (pelaku usaha) tahu bagaimana cara untuk memaksimalkan kegiatan promosi melalui media yang dipilih. Perlu sobat zero ketahui sebenarnya media untuk melakukan promosi saat ini sudah sangat beragam, dan masing-masing media promosi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 
 
Tapi agar kamu tidak salah memilih media promosi untuk memperkenalkan produk atau jasa mu, kamu perlu tahu apa saja media promosi yang saat ini tersedia dan bisa kamu gunakan. Kira-kira apa saja sih media promosi bisnis yang bisa kamu gunakan ?
Yuk simak penejelasan macam-macam media promosi bisnis yang wajib kamu tahu di artikel berikut ini. Simak penjelasannya sampai selesai ya !

Poster merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Poster merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Salah satu media promosi yang sering banyak digunakan untuk mempromosikan usaha sejak dulu adalah poster. Yups, poster menjadi salah satu media promosi yang cukup populer sejak tahun 1880-an. Umumnya poster berisikan gambar dan informasi mengenai usaha yang dipromosikan. Biasanya poster akan ditempel di beberapa tempat yang dilihat banyak orang seperti dinding-dinding bangunan, area kantin, sekolah, rumah-rumah, mall dan tempat umum lainnya. Meskipun kini banyak yang menggunakan media online atau digital untuk melakukan promosi, tapi keberadaan poster masih dinilai cukup efektif untuk melakukan promosi. Kini peletakkan poster pun sudah mulai mengalami perubahaan dimana poster ada yang diletakkan di dalam dinding kaca sehingga mudah di lepas pasang. Peletakkan poster seperti ini biasanya terdapat di mall-mall terutama di dalam bioskop. Cara ini tentu dinilai lebih efektif untuk menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Oleh karena itu biasanya poster juga dibuat lebih full color.

Brosur merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Brosur merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Selain poster ada lagi media promosi bisnis yang hingga kini masih banyak digunakan, bukan hanya oleh kalangan perusahaan tapi juga instansi dan lembaga pendidikan. Brosur menjadi salah satu media promosi untuk produk ataupun jasa yang cukup terkenal sejak tahun 1950-an. Bentuk dari brosur sendiri sebenarnyaa hampir-hampir sama dengan poster, hanya saja brosur dilipat menjadi 2 atau 3 sehingga bentuknya jadi lebih kecil saat di distribusikan. Brosur juga dibuat dengan isian informasi lengkap tentang produk atau jasa yang di promosikan. Tampilan brosur sendiri tak kalah menarik dengan poster dimana warnanya tak terbatas dan kedua sisi nya bisa dicetak. Dengan bentuk yang memiliki dua sisi dengan beberapa halam membuat kamu bisa menambahkan informasi yang lebih lengkap saat menggunakan brosur. Meskipun brosur digunakan sejak lama, nyatanya brosur masih laku keras untuk dijadikan media informasi dan promosi lho. Contohnya brosur sekolah, kuliah, aktifitas kegiatan dan banyak lagi.

Pamflet merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Pamflet merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Ada yang pernah dapet pamflet ? Kalau kamu pernah dapat pamphlet mungkin tak sadar dan mengira itu adalah sebuah brosur. Perlu kamu tahu bahwa pamphlet memang memiliki bentuk dan tampilan yang hampir mirip dengaan brosur. Bedanya pamflet memiliki isi informasi yang lebih rinci dan mengadung satu topik yang bertujuan agar lebih dimengerti oleh pembaca. Pamflet juga memiliki fungsi yang tidak sama dengan brosur, dimana brosur itu sendiri berfungsi untuk melakukan penjualan secara langsung. Sedangkan pamflet lebih ke arah untuk  membuat masyarakat mengenal terlebih dahulu. Umumnya ukuran pamflet juga lebih kecil daripada brosur, dan kertas yang digunakan juga berbeda. Meskipun awalnya hanya digunakan untuk memberikan sebuah informasi, kini banyak yang menjadikan pamflet sebagai media promosi kok. Selain lebih mudah dibawa, harga untuk membuat pamflet juga terbilang lebih murah dari yang lain.

Banner merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Banner merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Media promosi bisnis berikutnya yang sepertinya kamu suda gak asing lagi yaitu banner. Kebanyakan orang menyebut banner sebagai spanduk yang umumnya diletakkan di tempat umum seperti tepi jalan tol, jalan raya dan tempat lain yang memungkinkan untuk dilihat banyak orang. Banner atau spanduk biasanya dibuat dengan ukuran yang jauh lebih besar dari media promosi cetak lainnya. Bahan cetak yang digunakan pun lebih tebal dan bisa dicetak full color menggunakan digital printing. Banner atau spanduk ini menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif untuk kamu coba kok. Terlebih kini banner ada yang versi online dan tidak perlu dicetak. Banner versi online dinilai lebih praktis dan gak ribet lho sobat. Banner online biasanya dipasang di web atau blog dan dilengkapi dengan link tujuan untuk merujuk langsung ke website si pemilik perusahaan.

Radio merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Radio merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Untuk media promosi yang satu ini pasti kamu udah gak asing lagi dong ya. Meskipun kini radio sudah jarang yang mendengarkan, tapi radio masih menjadi media promosi yang cukup efektif lho. Apalagi kini ada radio masa kini yang bisa didengar lewat smartphone dan bisa menjangkau banyak segmen pasar terutama anak muda. Siaran radio juga mudah menjangkau banyak orang bahkan ke tempat yang kurang mencukupi listrik. Hanya saja saat melakukan promosi di radio, pendengar memang tidak bisa langsung melihat seperti apa produk atau jasa yang ditawarkan. Meskipun begitu, radio bisa kamu coba untuk mempromosikan bisnis kamu ko.

Televisi merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Televisi merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Setelah radio, televisi juga menjadi media promosi yang digemari banyak perusahaan nih. Ini karena televisi bisa dijangkau oleh banyak orang dan produk atau jasa yang dipromosikan juga bisa terlihat dengan jelas oleh yang melihat. Mempromosikan usaha di televisi memang sangat efektif, namun harga nya memang relative lebih tinggi. Apalagi saat mempromosikan di televisi akan menggunakan jasa artis yang membuat biaya nya jadi lebih mahal.

Internet merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Internet merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Di jaman modern seperti sekarang ini semua orang pasti tahu dengan internet, teknologi yang mampu menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia. Dengan ineternet semua orang bisa mengakses apapun yang mereka cari dengan mudah, bahkan kini banyak hal bisa dilakukan dengan internet seperti berkomunikasi, berbisnis dan melakukan promosi. Kini internet menjadi media promosi yang banyak digunakan oleh pebisnis mulai dari yang skala kecil hingga besar. Hal ini disebabkan oleh intensitas penggunaan internet yang cukup tinggi sehingga lebih mempermudah untuk menjangkau audience yang lebih luas untuk meningkatkan penjualan. Belum lagi internet juga memiliki banyak platform online khusus untuk melakukan promosi dan dinilai cukup efektif seperti web, blog, youtube, sosial media, advertiser dan banyak lagi.

Produk Merchandise merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Produk Merchandise merupakan salah satu media promosi bisnis yang wajib kamu tahu

Media promosi terakhir yang harus banget kamu coba adalah menggunakan produk merchandise. Produk merchandise atau souvenir juga telah menjadi media promosi yang diminati banyak perusahaan lho. Karena media promosi ini menggunakan produk yang menjadi alat untuk mempromosikan bisnis, dimana pada produk tersebut akan diberikan cetakan logo atau nama si perusahaan/lembaga dan lainnya. Media promosi yang satu ini sekarang sudah banyak digunakan dan mudah kita jumpai, seperti pada jam dinding, pulpen, kipas, pin, kaos, payung dan banyak lagi. Semua produk itu lah yang akan membantu kegiatan promosi bisnis dan perusahaan kamu. Produk merchandise biasanya akan dibuat semenarik mungkin dengan tujuan agar yang menerima senang, bisa mengingat perusahaan mu dengan mudah, mau menggunakannya dan orang lain yang melihat pun jadi tertarik untuk mencari tahu.
Untuk menggunakan media promosi ini terbilang cukup mudah dan tidak memakan biaya cukup besar karena kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan dan budget. 
Ada beberapa produk merchandise yang harganya terjangkau dari sangat efektif untuk meningkatkan penjualan, contohnya ada pin, pulpen, kipas, penggaris, dan banyak lagi. Untuk mendapatkan produk merchandise yang berkualitas dengan harga terjangkau juga tidak sulit karena sekarang ada Zeropromosi.com yang siap membantu kamu mendapatkan produk merchandise dan souvenir promosi terbaik. Di zeropromosi juga masih ada banyak pilihan produk souvenir lain yang gak kalah keren dan bisa dicetak logo lho. Harganya terjangkau, kualitas terjamin dan pastinya bisa dikirim ke seluruh daerah di Indonesia. Jadi jika kamu butuh souvenir dan barang promosi ? Ingat Zeropromosi !

Demikian itulah macam-macam media promosi bisnis yang wajib kamu tahu dan kamu bisa mencobanya untuk mempromosikan bisnis kamu. Media promosi yang telah disebutkan tadi merupakan media promosi yang banyak digunakan dan memiliki dampak cukup besar untuk kemajuan bisnis kamu. Jadi menurut kamu lebih oke menggunakan yang mana nih ? Yuk coba koment dibawah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat zero semua ya, jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat, keluarga atau partner bisnis kamu ya. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya !😁

» Thanks for reading Macam-Macam Media Promosi Bisnis Yang Wajib Kamu Ketahui !

15 Responses to "Macam-Macam Media Promosi Bisnis Yang Wajib Kamu Ketahui !"

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami