Begini Cara Yang Benar Penggunaan Double Masking Untuk Tangkal Virus Covid-19

Hai sobat ! Saat ini kasus covid-19 di Indonesia kian melonjak, setiap hari kasus penularan virus semakin bertambah. Karena keadaan yang kian memburuk, pemerintah kembali menerapkan peraturan baru berupa PPKM. PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat merupakan suatu kebijakan Pemerintah Indonesia yang dilakukan sejak awal tahun 2021 untuk menangani pandemi COVID-19 di Indonesia. Selain memberlakukan PPKM, masyarakat juga dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker.

Begini Cara Yang Benar Penggunaan Double Masking Untuk Tangkal Virus Covid-19

Masker menjadi salah satu cara untuk menangkal virus Covid-19 yang bisa masuk lewat hidung dan mulut saat bernafas. Jika sebelumnya masyarakat dihimbau untuk memakai satu masker seperti masker medis atau masker kain, kini pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker dengan double masking atau menggunakan 2 masker sekaligus. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan masker dobel dapat mencegah penularan COVID-19 dengan lebih efektif daripada penggunaan satu masker saja.
Akan tetapi masih banyak masyarakat yang masih belum tahu benar bagaimana cara menggunakan double masking yang benar. Maka dari itu kali ini Zeropromosi ingin memberikan tips dan cara menggunakan masker double agar lebih efektif untuk menangkal virus Covid-19. Yuk simak tips dan caranya di artikel berikut ini !

Gunakan Masker Medis Sebagai Lapisan Pertama merupakan cara benar menggunakan masker double

Gunakan Masker Medis Sebagai Lapisan Pertama merupakan cara benar menggunakan masker double

Untuk menggunakan masker dengan sistem double masking harus menggunakan masker medis sebagai lapisan utama dan gunakan masker kain sebagai masker kedua di bagian luar. Menggunakan 2 jenis masker yang berbeda akan meningkatkan efektifitas penyaringan virus dan bisa memberikan perlindungan yang jauh lebih baik. Jadi usahakan gunakan masker yang berbeda ya sobat, jangan gunakan masker yang sama seperti masker medis dua-duanya dan masker kain dua-duanya. Karena jika menggunakan masker yang sama tidak akan mampu menyaring partikel dengan baik.

Gunakan Masker Kain Minimal 2 Lapis merupakan cara benar menggunakan masker double

Gunakan Masker Kain Minimal 2 Lapis merupakan cara benar menggunakan masker double

Meskipun sudah double masking dengan masker medis dan masker kain, pemilihan masker kain juga harus diperhatikan. Setidaknya pilih dan gunakanlah masker kain yang memiliki dua atau tiga lapisan kain agar mampu melindungi wajah dengan lebih baik dari paparan virus. Jadi tetap gunakan masker kain yang memiliki 2 atau 3 lapisan ya sobat, kalau bisa tambahkan filter di masker kain yang memiliki saku filter.

Gunakan Masker Medis Yang Ada Kawat Tipis merupakan cara benar menggunakan masker double

Gunakan Masker Medis Yang Ada Kawat Tipis merupakan cara benar menggunakan masker double

Untuk double masking pilihlah masker medis yang memiliki kawat tipis. Tekan kawat tipis yang ada di tepi masker sesuai dengan bentuk hidung untuk menutup celah di bagian atas masker. Dengan kawat tipis yang dibentuk sesuai bentuk ujung hidung ini bisa membantu mengurangi rongga yang memungkinkan udara masuk. Menggunakan masker yang dilengkapi dengan kawat hidung juga mampu mencegah kacamata berkabut yang bisa menghalangi penglihatan.

Gunakan Masker Yang Pas Dengan Wajah merupakan cara benar menggunakan masker double

Gunakan Masker Yang Pas Dengan Wajah merupakan cara benar menggunakan masker double

Tips selanjutnya adalah pastikan kamu menggunakan masker yang pas sesuai dengan ukuran wajah, tidak terlalu longgar atau terlalu kecil. Jika masker yang digunakan terlalu longgar maka akan membuat udara lebih mudah masuk dan virus juga bisa dengan mudah masuk lewat rongga udara yang ada. Begitu juga saat menggunakan masker terlalu kecil akan membuat sulit saat bernapas dan kurang nyaman. Untuk memastikan kamu bisa mencoba untuk menghembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Kalau masih ada, kamu bisa mengatur kembali posisi masker dan kencangan masker dengan cara mengikat tali pengait masker di sisi kiri dan kanan hingga membentuk simpul di dekat masker. Pastikan masker medis dan masker kain dalam kombinasi dikenakan dengan erat sehingga terpasang dengan baik untuk mencegah kebocoran udara di sekitar tepi masker.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa tips dan cara yang benar untuk menggunakan masker double masking agar lebih efektif untuk menangkal virus covid-19. Meskipun sudah menggunakan double masking, sobat zero tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang lain seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Sekian dan semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya agar mereka juga tau cara menggunakan double masking yang benar. Terimakasih sudah membaca dan stay safe semuanya !😁

» Thanks for reading Begini Cara Yang Benar Penggunaan Double Masking Untuk Tangkal Virus Covid-19

0 Response to "Begini Cara Yang Benar Penggunaan Double Masking Untuk Tangkal Virus Covid-19"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami