Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ini Dia Etika Merayakan Peringatan Maulid Nabi Yang Perlu Kamu Tahu !

Hai sobat ! Peringatan maulid Nabi merupakan salah satu hari besar dalam islam yang sangat diistimewakan oleh umat islam. Moment ini adalah peringatan hari kelahiran sosok mulia dalam agama islam, Nabi Muhammad SAW yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 12 bulan Rabiul Awal penanggalan Hijriah. Pada tahun ini maulid Nabi akan diperingati pada tanggal 19 Oktober dan semua masyarakat beragama islam bisa memperingati dan merayakannya. Meskipun ada beberapa masyarakat yang mengatakan bahwa merayakan ulang tahun itu dilarang oleh agama, tapi perlu kamu ketahui memperingati hari kelahiran adalah hal lumrah yang sebenarnya diperbolehkan namun dengan tujuan untuk mensyukuri nikmat atas umur yang diberikan oleh Allah SWT.

Ini Dia Etika Merayakan Peringatan Maulid Nabi Yang Perlu Kamu Tahu !

Oleh karena itu setiap tahunnya umat islam juga memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk menunjukan rasa bahagia dan mensyukuri rahmat Allah SWT atas lahirnya Nabi Muhammad SAW. Umat islam juga tidak dipaksa ataupun dilarang untuk memperingati maulid Nabi selagi masih dengan cara yang seharusnya dan sesuai dengan ajaran islam. Sebab merasa gembira atas kelahiran Rasulullah juga dapat mendatangkan pahala  serta menjadi pemupuk semangat untuk lebih mencintai Rasul. 

Tapi untuk memperingati maulid Nabi juga ada etika yang harus dijalankan ya sobat, dan kali ini Zeropromosi telah merangkum beberapa etika merayakan peringatan maulid Nabi yang perlu kamu ketahui. Agar moment maulid Nabi lebih bermakna, yuk ketahui etika merayakannya di artikel berikut ini!

Mengisinya Dengan Membaca Shalawat Kepada Rasulullah

Mengisinya Dengan Membaca Shalawat Kepada Rasulullah merupakan salah satu etika merayakan maulid Nabi yang perlu kamu tahu

Seperti yang kita tahu maulid Nabi adalah moment peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, oleh karena itu para ulama sangat menyarankan kepada umat islam untuk memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah. Dimana shalawat itu sendiri merupakan lantunan doa dan pujian yang kita serukan untuk Rasulullah, dan sudah tentu sesuatu hal baik seperti ini akan mendapatkan balasan yang baik pula. Seperti yang dijelaskan dalam hadits  
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ
 Artinya : “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa” (HR. Ahmad). Bayangkan, kita membaca shalawat hanya 1 kali tapi dibalas dengan 10 shalawat dari Allah SWT dan dihapuskan 10 dosa kita. Masyaallah luar biasa banget kan shalawat ini. Kamu juga bisa lho shalawatan di iringin dengan music shalawat menggunakan Speaker.agar lebih syahdu dan enak di dengar saat shalawat, jadi jangan lupa bershalawat terlebih saat memperingati maulid Nabi ya.

Meningkatkan Ibadah Kepada Allah SWT

Meningkatkan Ibadah Kepada Allah SWT merupakan salah satu etika merayakan maulid Nabi yang perlu kamu tahu

Setiap tahunnya peringatan maulid Nabi dirayakan dengan meriah oleh umat islam, mulai dari mengadakan acara perlombaan keagamaan hingga acara tabligh akbar. Tapi perlu sobat zero ingat bahwa moment ini seharusnya menjadi pengingat kita akan nikmat Allah SWT yang luar biasa sampai-sampai kita bisa ikut merayakan peringatan maulid Nabi setiap tahunnya. Oleh karena itu akan jauh lebih baik jika peringatan maulid Nabi dilakukan dengan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dan memperbanyak membaca dzikir. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperingati maulid Nabi, misalnya menjalankan ibadah puasa sunah seperti yang Nabi Muhammad SAW lakukan untuk mensyukuri hari kelahiran dan awal menerima wahyu. Kamu juga bisa berpuasa di hari kelahiran Nabi yaitu hari senin atau pada tanggal 12 Rabiul Awal. Sudah seharusnya moment ini menjadi pemupuk semangat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam diri kita, jadi jangan lupa untuk banyak membaca dzikir dan tingkatkan ibadah nya ya.

Membaca Sejarah Nabi dan Mengamalkan Sunnah Yang Dianjurkan

Membaca Sejarah Nabi dan Mengamalkan Sunnah Yang Dianjurkan merupakan salah satu etika merayakan maulid Nabi yang perlu kamu tahu

Sebagai umat islam sudah tentu kita harus tahu siapa sosok mulia yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan menjadikannya rahmat terbesar untuk umat manusia dan alam semesta. Seperti dalam buku The 100 : A Ranking of the Most Influential Persons in History is a 1978 book by Michael H. Hart, Nabi Muhammad SAW menduduki peringkat nomor satu sebagai seseorang yang paling berpengaruh dalam sejarah dunia. Banyak hal yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW untuk umat manusia terutama umat islam, maka dari itu sudah seharusnya kita membaca banyak kisah sejarah tentang Nabi Muhammad SAW. Dari kisah Rasulullah juga kita bisa mempelajari banyak hal seperti ajaran-ajaran islam yang mungkin belum pernah kita ketahui, dan berbagai sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Tak hanya sekedar membaca dan mengetahuinya saja, kamu juga perlu untuk mengamalkan sunnah dan ajaran islam yang diperintahkan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW kedalam kehidupan sehari-hari. Hal baik yang kamu tahu sudah semestinya kamu bagikan juga kepada orang di sekelilingmu agar misi Nabi Muhammad SAW untuk menyebarkan ajaran-ajaran islam dan menyempurnakan akhlak manusia bisa diteruskan.

Berbuat Baik dan Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

Berbuat Baik dan Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah merupakan salah satu etika merayakan maulid Nabi yang perlu kamu tahu

Semasa hidupnya Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan kepada semua orang untuk senantiasa berbuat kebaikan, bahkan disaat orang tersebut tidak melakukan hal yang sama. Bukan hanya umat islam saja yang diperintahkan untuk melakukan kebaikan, tapi semua agama juga mengajarkan umatnya untuk senantiasa melakukan kebaikan. Dengan kebaikan, setiap manusia bisa saling berbagi dan memberikan manfaat kepada sesama. Jadi jangan lupa untuk terus berbuat baik ya sobat, banyak ko kebaikan yang bisa kita lakukan seperti menolong orang lain, bersedekah kepada fakir miskin, berbagi dengan tetangga atau kerabat lain. Agar suasana maulid nabi berkesan kamu bisa berbagi dengan souvenir mug standar custom edisi maulid nabi lho, dengan design bebas yang kamu mau. Selain bermanfaat mug juga bisa dijadikan untuk pajangan di lemari hias ( Klik disini untuk lihat lebih lengkap )
Tak hanya itu, di dalam islam kita juga dianjurkan untuk terus menjalin silaturahmi dengan sesama dan meningkatkan ukhuwah islamiyah. Ukhuwah islamiyah sendiri memiliki arti hubungan persaudaraan antar sesama umat islam yang terjalin tanpa membeda-bedakan baik itu suku, ras, latar belakang keturunan dan banyak lagi. Ukhuwah islamiyah ini menjadi pondasi kerukunan dalam beragama untuk umat islam. Hal ini mengajarkan kita bahwa semua umat islam adalah bersaudara, maka dari itu sangat diharamkan untuk umat islam memutuskan tali silaturahmi antar sesama. Makanya ada juga hadits yang menjelaskan bahwa kita tidak boleh marah lebih dari 3 hari, hal ini bisa menjadi pintu permusuhan antar sesama dan menyebabkan dosa.

Mengadakan Pengajian Yang  Menyebarkan Kebaikan

Mengadakan Pengajian Yang  Menyebarkan Kebaikan merupakan salah satu etika merayakan maulid Nabi yang perlu kamu tahu

Siapa nih yang selalu ikut acara maulid Nabi ? Nah kalau kamu sering ikut acara peringatan maulid Nabi pasti udah gak asing lagi dong sama acara-acara besar seperti pengajian majelis ta’lim dan tabligh akbar. Kedua kegiatan ini biasanya diadakan untuk memperingati hari-hari besar islam atau moment spesial. Kegiatan ini ternyata sangat disarankan untuk diadakan lho, tapi dengan tujuan untuk menyebarkan kebaikan ya sobat. 
Acara ini biasanya akan diisi dengan banyak kegiatan bermanfaat seperti membaca ayat suci Al-Qur’an, menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW hingga menyebarkan kebaikan dan suritauladan Nabi. Salah satu cara menyebarkan kebaikan, kamu juga bisa memberikan berupa Paket seminar kit untuk para rekan lain saat acara pengajian majelis. Atau untuk jadikan gift saat kuis juga sangat bermanfaat lho. Selain mendapat banyak ilmu, dari acara ini juga akan memperkuat silaturahmi, jadi jika ada acara seperti ini jangan dilewatkan ya sobat.

Nah sobat zeropromosi, demikian itulah beberapa etika merayakan peringatan maulid Nabi yang sekiranya perlu untuk kamu ketahui. Daripada hanya bengang-bengong dan pasang status di media sosial, lebih baik kamu melakukan ha-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya ya.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua, jangan lupa share artikel ini juga jika bermanfaat ya. Terimakasih sudah membaca dan selamat memperingati hari maulid Nabi Muhammad SAW untuk teman-teman yang merayakan ya !😁

» Thanks for reading Ini Dia Etika Merayakan Peringatan Maulid Nabi Yang Perlu Kamu Tahu !

12 Responses to "Ini Dia Etika Merayakan Peringatan Maulid Nabi Yang Perlu Kamu Tahu ! "

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *