Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

5 Alasan Mengapa Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan Itu Penting !

Halo sobat zeropromosi ! Dalam dunia bisnis seringkali kita harus bisa berpikir lebih cerdas agar bisa unggul daripada kompetitor. Namun di jaman yang sudah semakin canggih ini persaingan bisnis menjadi lebih ketat sehingga usaha yang dilakukan harus lebih ekstra lagi. Setiap pebisnis harus memiliki cara dan strategi tersendiri yang dilakukan untuk menarik perhatian dan mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen atau pelanggan. Salah satu strategi pemasaran yang sejak dulu hingga kini masih diterapkan adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen dan pelanggan atau yang biasa disebut dengan CRM (Customer Relationship Management). Memiliki dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan memang merupakan cara lama namun manfaatnya sampai saat ini masih sangat banyak untuk kemajuan bisnis dan perusahaan. Sebenarnya menjaga hubungan baik dengan konsumen itu adalah sebuah kewajibab perusahaan, karena berkat mereka lah perusahaan bisa maju dan berkembang.

5 Alasan Mengapa Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan Itu Penting !

Akan tetapi masih banyak pebisnis yang kurang memerhatikan hal ini dan lebih fokus dengan produk mereka semata. Padahal jika di pikir-pikir meskipun produk ataupun layanan sudah sangat bagus tapi tidak memiliki kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen maka hal itu akan sia-sia karena konsumen akan sulit untuk percaya dengan perusahaan. Tapi jika perusahaan mampu membangun interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan maka itu bisa menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan pelanggan baik pelanggan lama ataupun baru. 

Agar lebih yakin untuk menerapkan strategi bisnis yang satu ini, kali ini zeropromosi akan memberikan beberapa alasan penting mengapa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan itu penting untuk dilakukan. Yuk langsung aja baca dan simak alasannya di artikel berikut ini !

Mampu Menambah dan Melacak Insight Data Secara Langsung

Mampu Menambah dan Melacak Insight Data Secara Langsung merupakan salah satu alasan mengapa menjaga customer relationship itu penting

Sama halnya seperti saat kita berbicara/berinteraksi dengan orang lain pasti akan banyak hal yang dibicarakan. Begitu juga saat perusahaan sering interaksi dengan pelanggan, pelanggan biasanya akan banyak bicara tentang bagaimana perasaan mereka saat menggunakan produk atau layanan yang kamu berikan. Selain itu CRM juga bisa membantu perusahaan untuk dapat melayani mereka dengan lebih baik lagi melalui data yang didapat saat melakukan interaksi dengan pelanggan. Dengan CRM, perusahaan juga bisa mendapatkan insight data secara langsung tentang pelanggan, mulai dari aktifitas pelanggan, seberapa sering mereka menghubungi perusahaan, hingga tingkat loyalitas mereka juga jadi mudah diketahui. Tidak hanya itu, dengan membangun CRM kamu juga bisa mengetahui secara langsung trend pasar saat ini, jadi ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk jadi lebih unggul karena sudah tahu lebih awal apa yang sedang menjadi kebutuhan pasar.

Menarik Perhatian dan Meyakinan Pelanggan

Menarik Perhatian dan Meyakinan Pelanggan merupakan salah satu alasan mengapa menjaga customer relationship itu penting

Banyaknya pesaing bisnis bahkan di ranah online membuat kamu harus lebih kreatif lagi untuk menarik perhatian pelanggan. Tapi jika kamu sudah mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan maka ini bisa menjadi salah satu cara tepat untuk menarik perhatian mereka. Dengan sering melakukan interaksi bisa membuat kenal lebih dalam dengan pelanggan dan begitu juga sebaliknya. Dengan hubungan yang baik, pelanggan juga bisa kenal dan tahu lebih banyak tentang bisnis mu sehingga kamu tidak perlu melakukan hal lain untuk membuat pelanggan tahu tentang bisnis mu. Jika kamu sudah sering berinteraksi dengan pelanggan, secara tidak langsung pelanggan juga akan lebih mudah untuk mengingat bisnis mu. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat pelanggan lebih yakin sebab mereka merasa kamu senantiasa ada untuk memberikan apa yang sedang mereka butuhkan.

Mendorong Loyalitas Pelanggan

Mendorong Loyalitas Pelanggan merupakan salah satu alasan mengapa menjaga customer relationship itu penting

Tidak hanya bisa menarik perhatian pelanggan, alasan penting lainnya mengapa kamu perlu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah karena mampu menjadi pendorong loyalitas pelanggan. Semakin sering kamu dan pelanggan berinteraksi maka semakin banyak hal yang bisa kamu ketahui dari pelanggan. Terlebih jika kamu bisa memanfaatkan informasi yang di dapat semisal dari website, call center atau yang lainnya, kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan merasa puas sehingga mereka mau melakukan pembelian secara berulang. Jadi jangan lupa sediakan media untuk mereka mengungkapkan keluhan, pujian, masukan terhadap perusahaan ya. Karena perlu kamu ketahui, saat hubungan mu dengan pelanggan sudah sangat dekat dan kamu senantiasa menerima dengan baik apa yang mereka katakana maka mereka akan merasa lebih dihargai dan tidak akan segan untuk mendukung bisnis mu dengan menjadi pelanggan yang loyal.

Mengurangi Biaya Promosi

Mengurangi Biaya Promosi merupakan salah satu alasan mengapa menjaga customer relationship itu penting

Setiap pebisnis pasti ingin mendapatkan pelanggan yang baru termasuk pelanggan baru, tapi kamu perlu tahu bahwa untuk mendapatkan pelanggan baru memerlukan biaya yang cukup besar. Jadi daripada harus mengeluarkan biaya yang besar dengan peluang berhasil yang sedikit, lebih baik kamu mencoba untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan lama. Jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan lama yang lebih jelas profitnya, maka kamu akan lebih mudah untuk menawarkan produk kepada mereka. Sebab mereka juga sudah tahu bagaimana kamu melayani pelanggan dan tahu kualitas dari setiap produk yang kamu berikan. Bahkan jika hubungan dengan pelanggan memang sangat baik, pelanggan bisa aja lho membantu merekomendasikan produk mu kepada orang lain. Jadi gak perlu lagi deh buat-buat iklan atau kegiatan promosi yang biayanya besar.

Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan Penjualan merupakan salah satu alasan mengapa menjaga customer relationship itu penting

Alasan yang terakhir mengapa kamu perlu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah bisa meningkatkan penjualan. Seperti di poin-poin sebelumnya, hubungan yang baik akan membuat pelanggan jadi lebih percaya dan loyalitas dengan perusahaan. Jika kamu memiliki banyak pelanggan loyal maka sudah tentu mereka tidak akan segan untuk terus menggunakan produk dari mu dan melakukan repeat order. Jadi sudah tentu hal ini akan membuat penjualan dan pendapatan perusahaan semakin meningkat. Belum lagi jika mereka merekomendasikannya kepada orang lain dan kamu mendapatkan pelanggan baru yang nantinya akan sama seperti mereka. Jadi makin besar dong pendapatan yang akan kamu dapat.
Nah sobat zeropromosi itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan memang tidak mudah, tapi jika konsisten untuk dijalani pasti akan berhasil. Kamu hanya perlu ada di setiap mereka butuhkan, jadi usahakan untuk fast respon dan aktif di banyak channel ya.

Sekian dan semoga artikel yang kami tulis ini bisa memberikan manfaat untuk kamu ya. Jika ada yang ingin ditambahkan jangan sungkan untuk komen di kolom komentar ya. Dan jangan lupa untuk share artikel ini juga ke teman, keluarga ataupun kerabat dan rekan bisnis mu ya. 

Terimakasih dan sampai jumpa !😁

» Thanks for reading 5 Alasan Mengapa Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan Itu Penting !

0 Response to "5 Alasan Mengapa Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan Itu Penting !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami