Ini Dia 4 Tips Aman Berqurban Di Tengah Pandemi Virus Covid-19 !

Hai sobat zeropromosi ! Hanya tinggal menghitung hari umat Islam di seluruh dunia akan kembali merayakan hari besar dalam islam, yakni hari raya Idul Adha yang jatuh tepat pada tanggal 20 Juli mendatang. Hari raya Idul Adha menjadi salah satu perayaan besar dalam islam yang selalu dinanti-nantikan. Tapi sangat disayangkan tahun ini umat islam akan merayakan Idul Adha ditengah pandemi sehingga Idul Adha kali ini akan berbeda dengan Idul Adha di tahun-tahun sebelumnya. Pandemi memaksa kita untuk merayakan Idul Adha dengan cara yang lebih berbeda, tidak ada acara kumpul bersama dan kegiatan lagi yang menjadi penyebab menyebarnya virus covid-19.

Ini Dia 4 Tips Aman Berqurban Di Tengah Pandemi Virus Covid-19 !

Meskipun begitu kamu tidak perlu bersedih karena kita masih bisa beribadah dengan khusyuk ditengah pandemi, seperti salah satu adalah berqurban. Meskipun beberapa daerah dilarang untuk melaksanakan qurban, tapi masih banyak kok yang diperbolehkan melaksanakan qurban asalkan bisa mematuhi prokotol kesehatan dan ketentuan yang diberikan. 

Nah, agar kamu tetap aman melaksanakan ibadah qurban saat Idul Adha, kali ini zeropromosi akan memberikan sedikit rangkuman informasi tentang bagaimana tips atau panduan yang benar untuk berqurban di tengah pandemi virus covid-19. Agar tidak ada lagi peningkatan kasus penyebaran virus covid-19, yuk simak tips dan panduannya di artikel berikut ini. Simak tipsnya sampai selesai ya !

Lebih Selektif Saat Memilih Hewan Qurban

Lebih Selektif Saat Memilih Hewan Qurban merupakan salah satu tips agar tetap aman berqurban di tengah pandemi

Hingga saat ini penyebaran virus covid-19 di Indonesia kian bertambah, sehingga pemerintah mengeluarkan banyak kebijakan baru terutama saat jelang Idul Adha. Jika di hari biasa, penjualan hewan qurban dilakukan secara langsung tanpa banyak ketentuan. Tapi kali ini pembeli hewan qurban diharapkan untuk lebih selektif lagi dalam memilih hewan qurban agar aman saat disembelih nanti. Bukan hanya memerhatikan syarat sah hewan qurban seseuai syariat islam, kamu juga harus memilih hewan dengan kondisi fisik yang sehat dan memiliki surat kesehatan Kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh dokter hewan setempat. Hal ini bertujuan agar hewan yang diqurban nanti aman untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar. Jika tidak mau repot melihat langsung dan khawatir akan penyebaran virus covid-19, kamu juga bisa membeli hewan qurban secara online yang bisa dikoordinir oleh pihak penyelenggara qurban di daerah masing-masing. Selain lebih aman, kamu jadi ga repot pilih hewan qurban sendiri deh.

Serahkan Penyembelihan Kepada Masjid Setempat

Serahkan Penyembelihan Kepada Masjid Setempat merupakan salah satu tips agar tetap aman berqurban di tengah pandemi

Biasanya saat Idul Adha, kegiatan penyembelihan hewan qurban menjadi salah satu kegiatan seru yang akan disaksikan oleh banyak orang. Tapi ditengah pandemi seperti ini pemerintah menganjurkan untuk tidak menyaksikan kegiatan penyembelihan hewan qurban untuk mencegah terjadinya kerumunan. Oleh karena itu beberapa pihak menyarakan kepada masyarakat yang ingin berqurban untuk tidak melakukan penyembelihan hewan qurban sendiri, melainkan dititipkan kepada penyelenggara penyembelihan hewan di masjid setempat. Saat penyembelihan hewan berlangsung sebenarnya akan lebih baik jika kamu tidak hadir menyaksikannya, tapi jika ingin hadir harus terapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan jaga jarak. Selain itu untuk panitia penyelenggara di masjid sendiri harus membatasi anggota panitia yang membantu agar tidak terjadi kerumunan saat penyembelihan hewan berlangsung. Panitia qurban juga harus memilih tempat yang luas agar setiap panitia bisa lebih leluasa untuk menjaga jarak. Tak lupa untuk menyediakan sabun dan air mengalir untuk tempat cuci tangan. Panitia qurban juga bisa mengatur waktu untuk jam pembagian daging agar tidak ada yang mengantre, atau bisa juga dengan cara berkeliling membagikan daging qurban dari rumah ke rumah.  

Pastikan Panitia Qurban Dalam Kondisi Sehat

Pastikan Panitia Qurban Dalam Kondisi Sehat merupakan salah satu tips agar tetap aman berqurban di tengah pandemi

Disaat seperti ini setiap orang harus lebih selektif lagi ketika ingin melaksanakan suatu kegiatan seperti menyembelih hewan qurban. Bukan hanya memerhatikan kondisi lingkungan yang menjadi tempat penyembelihan hewan, kondisi petugas yang ikut menjadi panitia qurban juga harus diperhatikan. Usahakan sebelum kegiatan qurban dilaksanakan setiap petugas panitia di pastikan dalam kondisi sehat. Cek suhu semua panitia dan pastikan setiap panitia tetap menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan tugasnya. Agar lebih aman, setiap panitia disarankan untuk menggunakan sarung tangan, masker dan alat pelindung diri seperti face shield jika memungkinkan. Untuk pakaian sendiri lebih baik panitia qurban menggunakan baju atau kaos lengan panjang. Usahakan gunakan kaos lengan panjang yang terbuat dari bahan adem dan tidak panas agar nyaman saat digunakan. Kamu bisa memilih kaos dengan bahan cotton yang bisa dibuat custom dengan harga yang murah, kaos ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di Zeropromosi.com . Selain diberikan sebagai fasilitas, kaos ini juga bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan dan tanda pengenal bagi panitia qurban. Jadi tidak akan ada warga yang bisa ikut campur saat kegiatan penyembelihan hewan karena setiap panitia menggunakan kaos yang sama.

Lakukan Sterilisasi Sebelum dan Sesudah Penyembelihan

Lakukan Sterilisasi Sebelum dan Sesudah Penyembelihan merupakan salah satu tips agar tetap aman berqurban di tengah pandemi

Agar lebih aman saat melakukan penyembelihan hewan qurban, sebaiknya tempat dan semua alat yang digunakan untuk menyembelih hewan di bersihkan dan disterilisasi terlebih dahulu. Usahakan setiap setiap orang yang menjadi panitia punya alat masing-masing sehingga tidak digunakan bergantian dan meminimalisir penyebaran virus. Jika terpaksa harus menggunakannya bergantian, maka bersihkan dan sterilisasi peralatannya terlebih dahulu sebelum digunakan. Begitu juga setelah kegiatan penyembelihan hewan sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan semua alat dan area penyembelihan hewan qurban.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa tips dan panduan yang bisa kamu coba agar tetap aman saat berqurban ditengah pandemi covid-19. Meskipun Idul Adha kali ini akan berbeda, jangan sampai hal ini membuat kamu jadi tidak semangat dan antusias menyambut Idul Adha ya. Niat baik yang telah ada jangan sampai terhalang hanya karena keterbatasan yang sekarang kita alami.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan inspirasi untuk semua sobat zero ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka tetap aman saat berqurban ditengah pandemi. Terimakasih sudah membaca dan selamat merayakan hari raya Idul Adha bagi yang merayakan, ya!😁

» Thanks for reading Ini Dia 4 Tips Aman Berqurban Di Tengah Pandemi Virus Covid-19 !

0 Response to "Ini Dia 4 Tips Aman Berqurban Di Tengah Pandemi Virus Covid-19 !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami