8 Ide Menu Olahan Dari Daging Kurban Khas Orang Indonesia

Hai sobat ! Tinggal beberapa minggu lagi seluruh umat islam akan merayakan hari yang begitu istimewa yakni hari raya Idul Adha. Hari raya Idul Adha biasa dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah dengan ciri khas nya yaitu penyembelihan hewan kurban. Meskipun tahun ini masih dalam keadaan pandemic Covid-19, beberapa daerah khususnya di Indonesia tetap akan melaksanakan penyembelihan hewan dengan peraturan yang lebih ketat. Biasanya penyembelihan hewan kurban akan dilakukan setelah selesai melaksanakan shalat Id bersama hingga 3 hari sesudahnya yaitu hari tasyrik.

8 Ide Menu Olahan Dari Daging Kurban Khas Orang Indonesia

Meskipun sedikit menegangkan saat melihatnya, tapi kegiatan penyembelihan hewan kurban ini menjadi salah satu moment seru yang bisa dinikmat hanya pada saat Idul Adha. Setelah hewan disembelih, daging hewan kurban biasanya akan dibagikan kepada warga sekitar dan orang yang membutuhkan. Saat inilah semua orang jadi bisa menikmati daging kurban seperti sapi, kambing ataupun kerbau. Kalau dapet bagian daging kurban akan kamu olah jadi menu apa nih ? 

Biar gak bosen dengan olahan daging kurban yang gitu-gitu aja, kali ini Zeropromosi akan memberikan ide menu olahan dari daging kurban yang pas banget untuk lidah orang Indonesia. Yuk simak ide menunya di artikel berikut ini !

Sate merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Sate merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Hayooo siapa nih yang gak pernah kelewat untuk bikin sate pas Idul Adha ? Emang ya menu olahan yang satu ini tuh kayaknya ga pernah absen pas Idul Adha tiba. Selain lebih mudah dan praktis, sate juga enak untuk dinikmati siang ataupun malam. Makanan khas Indonesia ini memang sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia, jadi yakin deh pasti semua orang rumah akan suka dengan olahan daging kurban yang satu ini. Jangan lupa berikan bumbu tambahan saat daging dibakar, lengkap dengan sambel nya orang Indonesia biar makin nikmat ketika dimakan bersama.

Dendeng Balado merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Dendeng Balado merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Menu olahan lain yang gak kalah digemari orang Indonesia adalah dendeng dengan bumbu sambal balado, siapa sih yang mau nolak makanan nikmat ini. Dendeng balado ini merupakan salah satu menu khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Dendeng balado biasanya dibuat dengan bentuk daging tipis dan lebar yang dikeringkan kemudian digoreng hingga garing. Setelah digoreng, daging akan diberikan bumbu khas yaitu bumbu balado dengan cita rasanya yang pedas. Duhh dendeng balado ini pas banget untuk dimakan pake nasi hangat, mantul deh rasanya haha.

Sop Daging merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Sop Daging merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Selain diolah menjadi sate, orang Indonesia juga banyak nih yang mengolah daging kurban menjadi sop daging segar. Kamu bisa mengubah daging sapi ataupun kambing menjadi sop yang enak dengan mudah. Cukup dengan merebus daging terlebih dahulu bersama dengan daun jeruk dan bumbu lainnya. Kemudian buat bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan bumbu lain yang kemudian di tumis hingga harum. Setelah itu berikan air dan masak hingga mendidih barulah masukan daging. Setelah semua bahan dimasukan, yang terakhir kamu bisa memberikan sayuran seperti wortel, buncis, kol, daun bawang dan kentang. Agar lebih nikmat kamu bisa berikan taburan bawang goreng dan sambal, wihh seger banget deh.

Gulai merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Gulai merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Nah menu olahan selanjutnya adalah gulai, gulai menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia nih. Gulai yang diolah dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia ini memiliki citarasa gurih pedas yang khas. Gulai ini sangat cocok disajikan dengan nasi hangat dengan acar timun dan wortel. Di Jakarta sendiri gulai menjadi makanan yang disukai banyak orang terutama anak muda. Pasti tau kan gulai mana yang selalu jadi incaran anak muda ?

Soto Daging merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Soto Daging merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Buat pecinta daging apalagi daging kambing gak boleh nih ketinggalan untuk membuat menu yang satu ini, yaitu soto daging. Yups soto daging akan menjadi menu favorit saat Idul Adha nanti karena terbuat dari daging pilihan dengan campuran bumbu rempah yang menambah cita rasa khas nusantara di dalamnya. Salah satu menu soto daging yang paling cocok dibuat saat Idul Adha yaitu soto betawi dengan kuah santan lengkap dengan potongan tomat, daun bawang dan acar timun yang membuat rasanya lebih segar.

Bakso merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Bakso merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Sedikit anti mainstream nih, kamu juga bisa lho mengolah daging kurban menjadi olahan bakso yang disukai banyak orang. Orang Indonesia pasti udah gak asing lagi deh sama bakso, bahkan bakso menjadi salah satu makanan yang paling banyak disukai. Meskipun proses nya lebih sulit dan lama karena daging harus digiling, dibuat adonan dan direbus, tapi bakso bisa jadi menu yang tepat untuk disajikan saat makan bersama keluarga tercinta. Jangan lupa buat kuah dari bumbu rempah yang lengkap agar rasanya lebih nikmat. Kalau ada sisa, kamu bisa simpan bakso untuk diolah kapanpun kamu mau, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan dibakar atau di sop dan lainnya. Biar lebih seru, kamu juga bisa nih masak daging kurban bersama dengan anggota keluarga. Yaa itung-itung uji kekompakan dan seru-seruan bareng hehe.

Bistik Daging merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Bistik Daging merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Kalau sebelumnya ada olahan khas daerah Nusantara, kali ini menu yang lebih kekinian tapi tetap khas Indonesia. Yups, kamu bisa coba membuat bistik daging dari daging kurban yang kamu dapat nanti. Bistik daging sebenarnya merupakan steik daging sapi ala Indonesia yang disajikan bersama dengan kentang dan sayur-sayuran lain seperti wortel dan buncis. Bistik daging ini cocok untuk kamu yang ingin makan daging tapi tetap sehat dan gizinya seimbang. Kamu bisa dengan mudah membuatnya dari daging sapi merah yang dimasak dengan saus kental. Nah untuk sausnya sendiri kamu bisa membuatnya dari campuran saus tomat, saus sambal, kecap manis, dan aneka bumbu lainnya. Menu ini sangat cocok disajikan saat kumpul dengan keluarga, dijamin semua nya pasti suka.

Rendang merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Rendang merupakan salah satu ide menu olahan dari daging kurban khas orang Indonesia

Yang terakhir dan paling umum dijadikan menu olahan daging saat Idul Adha adalah rendang. Yups, rendang yang berasal dari minangkabau ini telah mendunia dan kerap dijadikan makanan khas saat lebaran tiba. Rendang ini dibuat dengan santan dan bumbu rempah yang banyak sehingga rasanya sangat khas dan lezat. Akan tetapi proses pembuatannya memang cukup lama karena dimasak menggunakan suhu yang rendah hingga santan mongering dan menyerang ke setiap potongan daging. Gak heran lagi deh kenapa rendang rasanya tuh enak banget.

Nah sobat zeropromosi, itulah berbagai ide menu olahan dari daging kurban yang bisa kamu buat saat Idul Adha nanti. Jadi menu yang mana nih yang mau kamu buat ? Yuk koment agar bisa saling share resep nya. 

Agar Idul Adha lebih berkesan, kamu bisa memberikan souvenir cantik dan bermanfaat yang ada di Zeropromosi.com ya. Kamu bisa memesannya secara online kok, bisa pilih warna, model, hingga design yang dicetak. Jadi, yuk buat Idul Adha lebih spesial dan berkesan dnegan souvenir cantik dari Zeropromosi. Butuh souvenir ? Ingat zeropromosi !
Demikian artikel ini kami sampaikan, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih sudah membaca dan selamat merayakan Idul Adha bagi yang merayakan, ya !😁

» Thanks for reading 8 Ide Menu Olahan Dari Daging Kurban Khas Orang Indonesia

0 Response to "8 Ide Menu Olahan Dari Daging Kurban Khas Orang Indonesia "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami