Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Inilah Beragam Keistimewaan Hari Raya Idul Fitri Yang Wajib Kamu Ketahui

Halo sobat zeropromosi ! Gimana nih puasanya, masih kuat kan ? hehe. Buat sobat zero yang menjalakan ibadah puasa semangat terus ya, bentar lagi juga udah mau lebaran kok. Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan hari dan moment yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Hari raya idul fitri sering disebut sebagai hari kemenangan karena hari ini akan tiba setelah satu  bulan lamanya masyarakat muslim menjalankan ibadah puasa ramadhan. Moment hari raya idul fitri juga menjadi moment spesial bagian sebagain besar orang, karena di hari ini semua orang akan silaturahmi dan berkumpul dengan sanak saudara dan keluarga.

Inilah Beragam Keistimewaan Hari Raya Idul Fitri Yang Wajib Kamu Ketahui

Bukan hanya memberikan moment spesial kepada setiap umat muslim, hari raya idul fitri juga memiliki banyak keistimewaan lain bagi umat muslim. Nah, biar kamu makin meresapi hari raya idul fitri nanti, kali ini zeropromosi akan memberitahukan sedikit informasi tentang beragam keistimewaan hari lebaran atau hari raya idul fitri bagi umat muslim. Biar kamu makin semangat puasanya, yuk ketahui keistimewaan hari raya idul fitri berikut ini !

Hari Baik merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Hari Baik merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Saat hari raya idul fitri tiba biasanya semua orang akan membaca takbir atau sering disebut dengan takbiran. Bahkan 1 hari sebelum hari raya suara takbir sudah berkumandang di banyak tempat yang membuat suasana idul fitri lebih istimewa dan berbeda. Hari idul fitri memiliki beragam keistimewaan seperti salah satunya adalah hari yang baik. Saat tiba di Madinah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  “Allah telah memberi ganti bagi kalian dua hari yang jauh lebih baik, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ab Daud dan An-Nasa’i dengan sanad hasan). Oleh karena itu setiap menjelang hari raya atau bahkan tepat pada hari raya, masyarakat muslim dianjurkan untuk banyak melakukan amalan-amalan seperti berdzikir, melantunkan takbir, mengucap syukur serta meminta ampunan.

Hari Kemenangan Umat Islam merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Hari Kemenangan Umat Islam merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Keistimewaan lain dari hari raya idul fitri bagi umat muslim yakni merupakan hari kemenangan. Dikatakan sebagai hari kemenangan karena hari raya idul fitri tiba setelah umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan. Idul Fitri menjadi sebuah kemenangan atas perjuangan umat sebulan penuh untuk menahan hawa nafsu. Karena saat Ramadhan itu umat muslim melakukan jihad akbar mengendalikan hawa nafsunya.   Oleh karena itu hari raya idul fitri menjadi hari kemenangan untuk umat muslim.  

Hari Yang Suci merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Hari Yang Suci merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Bukan hanya menjadi hari kemenangan bagi umat muslim, hari raya idul fitri juga memiliki keistimewaan berupa hari yang suci. Pada hari raya idul fitri semua umat muslim akan terlahir kembali dalam keadaan fitrah kemanusiaan yang suci, seperti makna dari kata "Fitri" yang berarti suci atau bersih dari segala dosa, kesalahan, dan keburukan. Mengapa dikatakan terlahir kembali dalam keadaan suci ? Hal ini dikarenakan ibadah-ibadah Ramadhan mengandung dua arti yaitu tazkiyatun nafs (penyucian jiwa) dan tarbiyatun nafs (penguatan diri). Hal ini juga ditegaskan kembali dalam beberapa hadis diantaranya Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. “Barang siapa berpuasa Ramadan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hari Untuk Berbuka Kembali merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Hari Untuk Berbuka Kembali merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Setelah sebulan lamanya berpuasa di bulan ramadhan, idul fitri menjadi moment dimana semua umat muslim akan berbuka kembali. Ini artinya hari raya idul fitri merupakan awal umat muslim dapat kembali berbuka, makan dan minum. Hal ini juga didasari atas makna “Id” yang berasal dari kata aada–yauudu yang artinya kembali. Sedangkan 'Fitri' berasal dari kata ifthar (sighat mashdar dari aftaro–yufthiru) yang bisa diartikan sebagai suci dan berarti buka puasa. Oleh karena itu umat muslim disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum mereka berangkat untuk sholat id. Seperti yang dikatakan dalam hadir, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidaklah keluar pada hari Idulfitri (ke tempat salat) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Bukhari)        

Hari Penuh Kebahagiaan merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Hari Penuh Kebahagiaan merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Hari raya idul fitri memang menjadi moment teristimewa yang ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Ini karena umat muslim mampu untuk menyempurnakan ibadah serta memperoleh pahala amalnya dengan percaya terhadap janji-Nya kepada mereka untuk mendapatkan anugerah dan ampunan-Nya. Seperti firman Allah SWT dalam dalam Al-Qur’an surah Yunus ayat 58 yang artinya: “Katakanlah dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”  (Q.S. Yunus: 58).
Bukan hanya karena telah berhasil menjalankan ibadah puasa dengan baik, hari raya idul fitri menjadi moment penuh kebahagian karena biasanya seluruh umat muslim akan bersilaturahmi dan kumpul bersama keluarga tercinta. Moment ini tentu menjadi moment bahagia untuk banyak orang, terlebih lagi untuk mereka yang pergi merantau untuk mencari nafkah sehingga sulit untuk bertemu dengan keluarga.

Hari Pembagian Hadiah merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Hari Pembagian Hadiah merupakan salah satu keistimewaan hari raya idul fitri

Keistimewaan yang terakhir adalah hari raya idul fitri juga merupakan hari untuk pembagian hadiah. Hadiah disini diartikan sebagai ganjaran atas ibadah dan amalan shaleh yang telah dilakukan atas dasar iman kepada Allah SWT selama bulan ramadhan. Bukan hanya itu, di hari raya idul fitri umat muslim juga akan mendapatkan ampunan dan dihapuskan dosa-dosanya. Oleh karena itu hari raya idul fitri menjadi hari yang sangat istimewa untuk umat muslim.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa keistimewaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang wajib untuk kamu ketahui. Untuk menambah istimewa moment hari lebaran kamu, jangan lupa untuk memberikan bingkisan souvenir lebaran kepada keluarga dan orang terdekat. 

Kamu bisa mengkreasikan bingkisan lebaran mu dengan isian yang lebih bermanfaat seperti memberikan mug custom spesial lebaran, tumbler custom full color dan souvenir bermanfaat lain yang bisa kamu dapatkan di Zeropromosi. Jika kamu memberikan souvenir yang bermanfaat tentu yang menerima akan lebih senang dan moment lebaran mu akan lebih berkesan. Jadi jika kamu butuh souvenir lebaran ? Ingat zeropromosi !
Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini ke teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Agar mereka tau keistimewaan hari raya idul fitri dan lebih semangat untuk berpuasa. Terimakasih !😁

» Thanks for reading Inilah Beragam Keistimewaan Hari Raya Idul Fitri Yang Wajib Kamu Ketahui

0 Response to "Inilah Beragam Keistimewaan Hari Raya Idul Fitri Yang Wajib Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami