Beragam Manfaat Dan Keutamaan Silaturahmi Saat Lebaran Idul Fitri !

Halo sobat zeropromosi ! Tidak terasa ya, Hari Raya Idul Fitri akan tiba dalam hitungan hari. Hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam akan tiba. Semua orang akan berbahagia di hari yang penuh dengan keistimewaan ini. Umumnya salah satu tradisi yang tidak pernah terlewatkan saat Idul Fitri tiba adalah mengunjungi sanak saudara, keluarga bahkan kerabat untuk bersilaturahmi. Silaturahmi saat Idul Fitri menjadi kegiatan lebaran yang rutin di lakukan oleh umat islam. Bahkan kegiatan silaturahmi ke rumah keluarga dan kerabat menjadi moment yang paling ditunggu. Apalagi untuk mereka yang tinggal jauh dari keluarga.

Beragam Manfaat Dan Keutamaan Silaturahmi Saat Lebaran Idul Fitri !

Silaturahmi juga menjadi salah satu amalan bagi umat islam untuk menyambung tali persaudaraan loh. Meskipun sebenarnya silaturahmi bisa dilakukan kapan saja, namun yang menjadi agenda utama adalah saat Idul Fitri. Mereka yang menjalani silaturahmi dengan baik akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat. Bukan hanya itu, silaturahmi juga memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang luar biasa loh.  
Oleh karena itu kali ini zeropromosi ingin memberitahukan apa saja sih manfaat dan keutamaan silaturahmi terutama saat Idul Fitri. Yuk simak artikel nya sampai habis !

Memperat Hubungan Dan Tali Persaudaraan

Memperat Hubungan Dan Tali Persaudaraan merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Mungkin semua orang sudah tau bahwa silaturahmi bermanfaat untuk mempererat hubungan dan tali persaudaraan. Hal ini memang dibenarkan apalagi tidak setiap saat kita bisa bertemu dengan saudara dan keluarga, sehingga moment Idul Fitri menjadi moment yang sangat tepat untuk bersilaturahmi dan memperat hubungan dengan saudara dan keluarga. Terlebih lagi jika kamu termasuk orang yang tinggal jauh dengan orang tua, entah itu merantau atau ikut tinggal dengan suami. Tentu moment Idul Fitri adalah moment yang sangat ditunggu-tunggu karena bisa berkumpul dan bertemu dengan semua keluarga. Disinilah dan di pertemuan keluarga saat lebaran yang membuat hubungan antar keluarga semakin erat.

Menjaga Kerukunan Dan Keharmonisan

Menjaga Kerukunan Dan Keharmonisan merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Saat lebaran Idul Fitri tiba, semua orang akan berbondong-bondong untuk berkunjung ke tempat sanak saudara dan keluarganya tinggal. Saat berkunjung, biasanya semua orang akan saling bermaaf-maafan. Nah di moment ini lah yang akan membuat hubungan menjadi lebih rukun dan harmonis karena sudah saling memaafkan.Oleh karena itu silaturahmi harus terus dilakukan karena berdampak sangat baik untuk hubungan dengan keluarga ataupun dengan orang lain. Orang yang memutus silaturahmi juga akan mendapat keburukan loh sobat. Seperti dalam hadits berikut , Rasulullah SAW bersabda  : "Tak akan masuk surga pemutus tali silaturahmi".(HR. Bukhari dan Muslim).  Jadi kalau diajak orang tua atau keluarga untuk silaturahmi ke rumah saudara jangan nolak ya sobat. Dapat pahala dan ganjarannya surga loh.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Selain bisa memperat hubungan dengan sesame manusia, ternyata silaturahmi juga bisa membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT. Karena silaturahmi merupakan salah satu amalan yang juga menjadi perintah sehingga kamu wajib untuk melaksanakannya.  Oleh karena itu, jika kamu senantiasa mengamalkan nya itu berarti kamu telah menjalankan perintah Nya. Dengan menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Tentu akan membuat kamu jadi terasa lebih dekat dengan Nya. Terlebih lagi hal ini juga dibuktikan dengan sabda Rasulullah : Allah 'azza wa jalla berfirman: "Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya." (HR. Ahmad).
Nah dari hadits tersebut telah dijelaskan bahwa Allah SWT. memerintahkan agar semua hambanya selalu menjaga silaturahmi, bahkan Allah SWT juga menjajikan pahala kepada mereka yang melaksanakannya. Bukan hanya itu, Allah SWT juga tidak segan untuk memberikan peringatan kepada orang-orang yang memutus silaturahmi. Selain itu, silaturahmi juga menjadi tanda keimanan seseorang seperti yang telah dijelaskan melalui sabda Rasulullah:
"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi." (HR. Abu Hurairah).

Menjadi Makhluk Yang Mulia

Menjadi Makhluk Yang Mulia merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Selain dapat mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa, silaturahmi juga memiliki keutamaan yang luar biasa yakni dapat menjadikan kita sebagai makhluk yang mulia. Ini karena jika kita tetap menyambung silaturahmi meskipun dengan orang yang telah memutus silaturahmi dengan kita merupakan salah satu akhlak terpuji yang dicintai oleh Allah SWT. Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ali, Rasulullah SAW bersabda : "Maukah kalian saya tunjukkan perilaku akhlak termulia di dunia dan di akhirat? Maafkan orang yang pernah menganiayaimu, sambung silaturahmi orang yang memutuskanmu dan berikan sesuatu kepada orang yang telah melarang pemberian untukmu." Oleh karena itu sebagai umat islam sudah seharusnya kita senantiasa menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT. Jadi buat sobat zero yang suka skip silaturahmi kerumah saudara, lebih baik tahun ini dan seterusnya harus dilaksanakan ya.

Kunci Masuk Surga

Kunci Masuk Surga merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Seperti yang telah dibahas di point sebelumnya bahwa silaturahmi merupakan salah satu amalan dan juga perintah dari Allah SWT, oleh karena itu setiap umat islam wajib untuk melaksanakannya. Allah SWT juga senantiasa akan memberikan ganjaran pahala kepada hambanya yang senantiasa menjaga tali silaturahmi. Jika silaturahmi bisa membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT, maka silaturahmi juga bisa mendekatkan kita dengan pintu surga. Sebagaimana dalam salah satu hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya : "Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi." (HR Bukhari dan Muslim). Silaturahmi tidak hanya memberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi yang melakukan tapi juga kepada sanak keluarga yang dikunjungi. Jadi jangan pernah skip untuk berkunjung dan silaturahmi kerumah keluarga dan kerabat ya sobat. Pahalanya amat besar bahkan bisa dijauhkan dari panasnya api neraka.

Melapangkan Rezeki Serta Panjang Umur

Melapangkan Rezeki Serta Panjang Umur merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Eits keutamaan dan manfaat silaturahmi masih ada lagi nih sobat, salah satunya adalah dilapangkan rezeki dan diberikan umur yang panjang. Setiap orang pasti sangat menginginkan kedua hal ini, dan kamu tenang aja karena Allah SWT juga akan memberikan keduanya jika kamu senantiasa menjaga silaturahmi. Seperti yang tercantum dalam sebuah hadits berikut, Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi," (HR. Bukhari – Muslim). Sungguh besar kekuasaan Allah SWT, hal yang sepertinya mudah seperti silaturahmi saja akan mendapatkan pahala dan keberkahan yang luar biasa.

Mampu Menjaga Kesehatan Mental

Mampu Menjaga Kesehatan Mental merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Silaturahmi memang terkesan hal yang sederhana, tapi siapa sangka ternyata silaturahmi juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental loh sobat. Perlu kamu ketahui, silaturahmi juga mampu menjaga kesehatan mental sebab manusia merupakan makhluk sosial yang hidupnya membutuhkan orang lain. Dengan menjaga silaturahmi tentu akan membuat kamu memiliki hubungan yang baik dengan banyak orang. Oleh karena itu jangan pernah sia-siakan moment silaturahmi saat Idul Fitri ya sobat, karena hanya pada saat Idul Fitri lah kamu bisa bertemu dengan semua anggota keluarga dan bisa menyambung silaturahmi. Dengan silaturahmi juga kita bisa lebih mengenal satu sama lain dengan anggota keluarga, bahkan bisa saja membuat kita jadi lebih dekat dengan keluarga.

Mendapatkan Ilmu Baru

Mendapatkan Ilmu Baru merupakan salah satu manfaat dan keutamaan silaturahmi saat idul fitri

Saat kita berkumpul dan silaturahmi dengan semua anggota keluarga dan kerabat, tentu akan ada banyak pembicaraan yang dibahas. Secara tidak langsung dengan silaturahmi kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dari setiap anggota keluarga mu. Dengan silaturahmi kita juga bisa mendapatkan banyak hal baru mulai dari hikmahnya, keberkahannya, manfaatnya dan masih banyak lagi. Silaturahmi juga bisa mengajarkan kita bahwa hidup bukan hanya memikirkan soal dunia taoi juga akhirat. 

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa manfaat dan keutamaan silaturahmi saat Idul Fitri yang wajib untuk kamu ketahui. Sebagai seorang muslim, tentu kita harus menjalankan apa yang Allah SWT perintahkan seperti salah satunya silaturahmi. Jadi jangan pernah memutus silaturahmi ya sobat, selain manfaatnya banyak, ganjaran pahala untuk orang yang menjaga silaturahmi juga sangat besar. Sayang kan kalau semua hal kita lakukan dengan baik tapi kita tidak menjalankan perintah Nya yang satu ini. Jadi jangan pernah skip untuk silaturahmi ya sobat, jangan lupa juga untuk saling sapa jika bertemu dengan kerabat, saudara dan keluarga.

Agar moment silaturahmi lebih berkesan dan spesial, kamu juga bisa memberikan sebagian dari rezeki mu kepada sanak keluarga. Kamu bisa memberikan bingkisan atau hampers lebaran saat berkunjung, ada banyak kok jenis hampers dan bingkisan lebaran dengan isi bermanfaat untuk diberikan kepada keluarga. Seperti sembako, makanan, barang perlengkapan dapur hingga souvenir lebaran. 

Nah kalau kamu ingin memberikan souvenir lebaran yang bermanfaat, zeropromosi adalah solusinya. Di zeropromosi ada banyak pilihan souvenir dan isian hampers lebaran menarik yang pastinya bermanfaat. Jadi jika kamu butuh souvenir lebaran? Ingat zeropromosi ya😁
Terimakasih dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Selamat Menyambut Hari Raya Idul Fitri bagi sobat zero yang merayakan ya 😁

» Thanks for reading Beragam Manfaat Dan Keutamaan Silaturahmi Saat Lebaran Idul Fitri !

0 Response to "Beragam Manfaat Dan Keutamaan Silaturahmi Saat Lebaran Idul Fitri !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami