Fakta Menarik Seputar Angpao Saat Imlek Ini Wajib Kamu Ketahui

Halo sobat zeropromosi ! Menjelang Perayaan Tahun Baru Imlek, semua orang keturunan Tionghoa tentu sangat menantikannya. Bukan hanya karena kemeriahan dan makanan khasnya yang sangat beragam, Imlek juga memiliki sejumlah tradisi unik seperti salah satunya memberikan atau menerima angpao. Angpao memang menjadi bagian dari tradisi Imlek yang tidak boleh terlewatkan, bukan hanya sebagai hadiah tapi tenyata angpao memiliki arti yang mendalam loh sobat.

Fakta Menarik Seputar Angpao Saat Imlek Ini Wajib Kamu Ketahui

Sebagian besar masyarakat mungkin tau bahwa angpao merupakan bingkisan dalam amplop berwarna merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek . Angapao juga kerap dijadikan sebagai simbol kebahagiaan, keberkahan serta bissa mendatangkan rezeki yang lebih banyak.  
 
Tapi kamu tau gak, ternyata masih ada banyak fakta menarik lain seputar angpao yang jarang diketahui orang. Oleh karena itu, sebelum merayakan tahun baru Imlek ada baiknya jika kamu juga menambah wawasan serta pengetahuan kamu tentang angpao yang menjadi ciri khas saat Imlek. Kira-kira ada fakta menarik apa saja ya,  yuk langsung  saja baca dan simak artikel berikut ini.

Angpao Berwarna Merah

Angpao Berwarna Merah merupakan salah satu fakta menarik angpao yang wajib kamu ketahui

Seperti yang kita tau bahwa angpao sendiri memang memiliki arti sebuah bingkisan yang dibungkus menggunakan amplop berwarna merah, dan yang seperti kita tau Imlek memang sangat identik dengan warna merah dan juga emas. Kedua warna ini dipercaya bisa mewakili banyak hal baik dan positif seperti kebahagiaan, keindahan, keberuntungan, kesuksesan, serta keberuntungan. Warna merah yang memiliki banyak sekali kisah sejarah saat Imlek juga memiliki arti kebahagiaan, kesejahteraan serta keberuntungan. Oleh karena itu saat Imlek orang tionghoa akan menggunakan amplop berwarna merah dengan motif yang sesuai dengan tahun imlek sekarang, dan memberikan bingkisan dengan warna merah memiliki arti bahwa kita saling memberikan kebahagiaan dan keberuntungan kepada orang lain.

Sejarah Memberikan Angpao

Sejarah Memberikan Angpao merupakan salah satu fakta menarik angpao yang wajib kamu ketahui

Hmm kira-kira sobat zero ada yang tau gak ya kenapa orang tionghoa selalu memberikan angpao saat tahun baru imlek. Nah untuk menambah pengetahuan kamu nih, ternyata tradisi memberikan angpao itu berasal dari China. Dalam tradisi China, angpao disebut sebagai Hong Bao yang memiliki arti hadiah uang yang dibalut dengan amplop berwarna merah dan diberikan selama liburan atau acara khusus. Akan tetapi ada juga mengatakan bahwa memberikan angpao adalah cara warga untuk merayakan kemenangan melawan iblis dan digunakan sebagai tanda terimakasih, agpao dengan warna khas nya yaitu merah juga di percaya akan membawa keberuntungan dan menghindari roh jahat. Sebenarnya angpao memiliki banyak arti lain seperti yasui qian atau "menekan uang Sui." Sui sendiri adalah hantu yang suka meneror anak-anak dan para orang tua jaman dahulu memberikan 8 koin di dalam amplop berwarna merah untuk dimainkan oleh anak mereka agar tetap terjaga. Akan tetapi sebenarnya koin tersebut adalah 8 peri abadi yang menyamar sehingga bisa menyerang Sui dan berhasil mengusirnya. Oleh karena itu hingga sekarang angpao selalu menjadi tradisi yang tak terlewatkan.

Jumlah Uang Tidak Boleh Ganjil dan Mengandung Angka 4

Jumlah Uang Tidak Boleh Ganjil dan Mengandung Angka 4 merupakan salah satu fakta menarik angpao yang wajib kamu ketahui

Eits sobat zero harus tau fakta menarik angpao yang satu ini nih, ternyata dalam memberikan angpao itu tidak boleh sembarangan loh. Saat ingin memberikan angpao, kamu tidak boleh mengisi amplop dengan uang yang berjumlah ganjil Karena angka ganjil dipercaya sebagai angka sial dan melambangkan duka serta pemakaman. Dan bukan hanya tidak boleh berjumlah ganjil saja tapi kamu juga tidak boleh memberikan angpao dengan jumlah uang yang mengandung angka 4, seperti misalnya 400.000 dan sebagainya. Ini karena dalam bahasa mandarin penyebutan angka 4 hampir sama dengan penyebutan kata ‘mati’ yang berarti kematian. Jadi kalau kamu ingin memberikan angpao harus dalam jumlah yang genap ya sobat, tapi jangan juga yang mengandung angka 4.

Aturan Memberikan Angpao merupakan

Aturan Memberikan Angpao merupakan salah satu fakta menarik angpao yang wajib kamu ketahui

Bukan hanya nominal uang angpao saja loh yang tidak boleh sembarangan, tapi saat memberikan angpao juga ada aturannya. Saat memberikan angpao kamu harus menggunakan uang yang bersih dan juga rapih. Selain itu, angpao juga diberikan hanya kepada orang tua, anak-anak hingga orang dewasa yang belum menikah. Mereka yang sudah menikah tidak boleh mendapatkan angpao kecuali dari orang tua nya dan mereka juga wajib memberikan angpao. Orang yang belum menikah namun sudah bekerja juga tidak boleh memberikan angpao kepada siapapun karena dianggap bisa menjauhkan jodoh loh. Jadi diingat baik-baik ya sobat, memberikan angpao itu ada aturannya.

Nominal Tiap Orang Berbeda

Nominal Tiap Orang Berbeda merupakan salah satu fakta menarik angpao yang wajib kamu ketahui

Eits ga cukup sampai disitu aja nih sobat, ternyata dalam memberikan nominal uang yang diisi kedalam angpao juga ada aturannya dan setiap orang menerima jumlah yang berbeda tergantung pada relasinya. Biasanya jika ingin memberikan untuk anak-anak bisa memberikannya USD 2 atau sekitar Rp 17.000. Kalau untuk teman atau kerabat dekat, kamu bisa memberikan angpao dengan jumlah sekitar USD 10-USD 20 atau Rp 250.000. Memberikan angpao juga bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu ya sobat.

Angpao Tidak Hanya Diberikan Saat Imlek

Angpao Tidak Hanya Diberikan Saat Imlek merupakan salah satu fakta menarik angpao yang wajib kamu ketahui

Hayooo siapa nih yang ngira kalau angpao hanya ada dan diberikan saat imlek? Ternyata angpao tidak hanya diberikan saat Imlek loh sobat, tapi juga dalam perayaan-perayaan lain seperti acara kelahiran atau pernikahan. Karena memang pada dasarnya angpao diberikan dengan tujuan untuk saling memberikan keberkahan dan juga keberuntungan. Akan tetapi warna amplop yang digunakan juga tidak selalu merah loh sobat, warna amplop biasanya disesuaikan dengan acara yang diadakan. Seperti misalnya amplop berwarna putih untuk acara pemakaman.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa fakta unik dan menarik seputar angpao yang menjadi cirri khas saat Imlek. Dari semua fakta menarik yang ada, kira-kira yang mana nih yang belum kamu ketahui ? Atau kamu juga tau ada fakta unik lainnya? Yuk komen di kolom komentar supaya yang lain juga tau ada fakta menarik apa aja sih.

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada sobat zero semua ya, terimakasih !😁

» Thanks for reading Fakta Menarik Seputar Angpao Saat Imlek Ini Wajib Kamu Ketahui

0 Response to "Fakta Menarik Seputar Angpao Saat Imlek Ini Wajib Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami