Inilah Dampak Negatif atau Positif Menjadi Penggemar Kpop

Sobat Zeropromosi - Membahas tentang koreanwave alias demam korea memang enggak akan ada habisnya, terlebih Indonesia merupakan salah satu base penggemar Kpop terbanyak di dunia. Jadi enggak bakal heran setiap berhubungan dengan korea it's gonna be lit!

Inilah Dampak Negatif atau Positif Menjadi Penggemar Kpop
Salah satu hal yang menarik dari koreanwave adalah penggemarnya yang sangat identik dengan kefanatikan. Seorang kpopers (sebutan penggemar korea) akan sangat totalitas dalam mencintai para idolanya, kefanatikan itulah yang kadang membuat mereka harus terjun ke percekcokan dengan nonfans yang menjelekan idola mereka di media social. Mereka juga enggak akan segan-segan merogoh kocek dalam-dalam demi bertemu sang idola. Atau melakukan hal-hal lain yang berkaitan dengan idolanya, makanya banyak orang yang menyebut jika penggemar korea itu totally freak! Aneh, alay dan lain sebagainya.

Masa sih penggemar korea kayak gitu semua? Enggak ada sisi positifnya sama sekali gitu? Banyak Kpopers bilang banyak manfaatnya kok.
Sisi positif jelas ada cuman sisi-sisi tersebut tertutup dengan citra negatif mereka yang fanatik itu.
Intinya jadi penggemar korea tuh negative atau positif?
Well mari kita bahas satu persatu mengenai sisi negative dan positif menjadi seorang Kpopers.

Sisi Negatif 1 : Kecintaan Kamu Pada Sang Idola Membuatmu Protektif Tanpa Guna.

Kecintaan Kamu Pada Sang Idola Membuatmu Protektif Tanpa Guna.
Dalam kamus per-kpopersan adalah istilah bias is mine! yang berarti idola (merujuk pada artis/aktor favorite) itu adalah milikku. Aku mencintainya, dia enggak boleh jadi milik siapapun kecuali aku.
Nah ini salah satu dampak bahaya menjadi seorang Kpopers. Kecintaannya yang terlalu dalam pada sang idola membuatnya lupa bahwa siapa dirinya dan siapa sang idola. Dia tidak suka jika idolanya menjalin hubungan dengan orang lain atau dekat dengan orang lain. Dia lupa bahwa sang idola itu juga manusia biasa yang memiliki kehidupannya sendiri. Enggak sedikit fans yang menyakiti dirinya sendiri bahkan bunuh diri begitu tahu idolanya tengah menjalin hubungan dengan orang lain.
Guys remember, ngefans sama artis boleh tapi ingat batasan. Don't be too much over.

Sisi Positif 1 : Karena Kpopers Itu Setia. Jadi Kalo Punya Pacar Kpopers Gak Bakal Diselingkuhin.

Karena Kpopers Itu Setia. Jadi Kalo Punya Pacar Kpopers Gak Bakal Diselingkuhin.
Sebagai seseorang yang sangat mencintai idolanya, maka enggak heran salah satu sifat yang dimiliki seorang Kpopers adalah loyal, setia banget deh! Kamu enggak perlu takut kalo pacaran sama Kpopers, dia enggak ada waktu buat nyari selingkuhan. Di pikiran dia selain Tuhan, ya keluarga, idola, atau enggak ya kamu.
Cuman kalo kudu sabar saja kalo dia udah mulai stay di didepan laptop atau tivi buat nonton drama korea, kamu bakal dikacangin bentar.

Sisi Negatif Ke-2 : Selalu Membeli Apapun Yang Berhubungan Dengan Idola, Bikin Boros!

Selalu Membeli Apapun Yang Berhubungan Dengan Idola, Bikin Boros!
Udah dibilangin kan, apapun yang berhubungan dengan idola para penggemar akan melakukan apa saja. Termasuk membeli semua pernak-pernik mulai dari album, lightstick, photocard bahkan tiket konser dan fanmeeting pun dibeli. Ini yang membuat keuanganmu membengkak, kamu terlalu boros.
Belilah sekiranya yang emang kamu mampu dan perlu. Enggak perlu beli yang official goods kok, pake yang replika juga bisa.

Sisi Positif Ke-2 : Kpopers Itu Rajin Menabung.

Kpopers Itu Rajin Menabung.
Haha, mereka itu tahu semua yang berhubungan sama idolanya tuh gak gratis. Makanya mereka rela menyisihkan uang saku mereka selama berbulan-bulan demi membeli satu item official merchendise/goods atau barang lainnya. Mereka enggak mau nyusahin orang tuanya, jadi mereka lebih memilih enggak jajan daripada minta uang sama orang tuanya. (Karena kalo mereka mintapun belum tentu dikasih, yang ada bisa dicoret dari kartu keluarga hehe).
Ini adalah salah satu sisi positif menjadi penggemar korea, mengajarkan kita untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan perlu usaha/pengorbanan lebih yang harus dilakukan.

Sisi Negatif Ke-3 : Menjadi Kpopers Bisa Menambah Musuh Secara Enggak Sadar.

Menjadi Kpopers Bisa Menambah Musuh Secara Enggak Sadar.
"Fanwars" atau perang antar sesama fans merupakan hal yang sering terjadi dalam ruang lingkup kpop. Mereka saling mengagungkan idola masing-masing, menanggap idola mereka paling bagus diantara yang lain hingga memicu penggemar idola lain marah tidak terima dan akhirnya terjadi pertengkaran di dunia maya. Lebih parahnya itu terbawa ke dunia nyata, dimana mereka akan merasa sengit jika bertemu dengan penggemar salah satu aktris yang mereka benci. Hal inilah yang membuat penggemar kpop tanpa disadari menambah musuh karena masalah sepele.

Sisi Positif Ke-3 : But Kpop Also Makes You Have Many Friends From Another Country.

But Kpop Also Makes You Have Many Friends From Another Country.
Virus kpop tidak hanya menyebar di salah satu negara saja, tidak pula di satu benua asia saja melainkan di seluruh dunia. Menjadi seorang Kpopers membuat kamu banyak melakukan interaksi dengan banyak orang, entah itu dari luar kota atau bahkan luar negeri sekalipun. Inilah salah satu sisi positif dari Kpopers, memperluas ruang lingkung pertemanan.

Sisi Negatif Ke-4 : Tidak Dipungkiri Menjadi Kpopers Membuat Kita Terjebak Dalam "Kotak" Dan Khayalan Konyol!

Tidak Dipungkiri Menjadi Kpopers Membuat Kita Terjebak Dalam "Kotak" Dan Khayalan Konyol!
Terjebak dalam kotak atau ruang, diartikan sebagai Kpopers itu tidak terlalu suka buat namanya keluar rumah. They like stay at home with their dramas, menonton puluhan episode drama atau streaming nonton music video ketimbang keluyuran. Bagi mereka itu sudah menyenangkan, udah surga banget.
Apalagi jika menghayal tentang idola mereka, hemm!
Padahal kebiasaan ini sangatlah enggak bagus, mereka perlu interaksi dengan orang-orang disekitarnya. Supaya mereka tahu bagaimana kehidupan luar, kehidupan yang benar-benar nyata bukan hanya drama atau sekedar khayal.

Sisi Positif Ke-4 : Kpop Membuatku Terhindar Dari Kenakalan Remaja dan Menyalurkan Khayal Ke Tindakan Positif!

Kpop Membuatku Terhindar Dari Kenakalan Remaja dan Menyalurkan Khayal Ke Tindakan Positif!
Banyak penggemar korea yang masih berstatus pelajar atau remaja bersyukur karena mengenal korea. Karena dengan menjadi Kpopers mereka terhindar dari kenakalan remaja, seperti trying drugs, keluyuran malem, pacaran yang gak bener dll.
Mereka juga bisa menyalurkan kehaluan khayalan mereka dalam bentuk positif, dalam tulisan berupa fanfiction, webtoon, meme instgram, fanmade video dan lain-lain.
Bahkan mereka enggak ragu buat showoff kemampuan mereka dalam mengcover lagu atau dance seperti idola mereka.

Sisi Negatif Ke-5 : Korea Bikin Lupa Waktu, Emang!

Korea Bikin Lupa Waktu, Emang!
Keasyikan ngepoin idola membuat penggemar lupa akan waktu. Lupa buat ngerjain tugas besok, lupa makan, lupa ibadah, lupa kalo mereka masih punya kehidupan nyata yang harus dijalanin.
Ckck, cinta oppa-oppa korea boleh kok tapi inget waktu juga ya. Jangan gunakan waktumu hanya buat oppa aja.

Sisi Positif Ke-5 : Menjadi K-popers Membuat Kita Belajar Bahasa Asing.

Menjadi K-popers Membuat Kita Belajar Bahasa Asing
Suka sebel kan kalo nonton drama korea enggak ada subtitlenya, giliran ada malah bahasa inggris.
Nah itu yang membuat Kpopers sedikit menguasai bahasa asing meski enggak jago banget. Mereka tuh pengen tahu, oppa tuh lagi ngomong apa sih? Nyari deh digoogle, ohh annyeonghaseyo tuh artinya hallo. kalo saranghaeyo artinya aku cinta kamu. Belum lagi kalo dengerin lagu korea ada nyelip bahasa inggris dikit, jadi ngerti deh bahasa inggris meski gak banyak.

Ditambah lagi fakta kalo penyanyi korea suka rilis lagu dalam bahasa Jepang atau Mandari, wuihh belajar bahasa asing lagi. Sekalipun cuma Arigato gozaimase sama Xiexie, hehe.

Then, itulah sisi positive dan negative seorang penggemar Korea. Apa kalian merasakannya wahai Kpopers? Jadilah penggemar yang bijak ya guys, mencintai dengan sewajarnya.


Penulis : Maya

» Thanks for reading Inilah Dampak Negatif atau Positif Menjadi Penggemar Kpop

0 Response to "Inilah Dampak Negatif atau Positif Menjadi Penggemar Kpop"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *