Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Cara Tepat Atasi Stok Produk Lama di Akhir Tahun !

Halo sobat zeropromosi ! Dalam dunia bisnis stok produk adalah hal yang cukup penting dan harus memiliki siklus perputaran yang cepat san stabil. Stok barang biasanya mencakup produk yang sudah jadi, mentahan produk atau barang setengah jadi dan produk yang kurang laku atau belum terjual. Adanya stok produk juga harus selalu dihitung dan diperhatikan agar lebih mudah ketika ingin melihat jumlah produk dan kebutuhan konsumen juga bisa cepat terpenuhi dengan baik. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini banyak pebisnis yang mengeluh akan stok produk yang tidak kunjung menipis karena kurang laku di pasaran. Bukan hanya karena kondisi ekonomi yang sulit dimasa pandemi, stok produk juga sering menumpuk karena beberapa pebisnis kurang mampu dalam mengelola dan memasarkan produk sehingga produk jadi tidak laku.

Cara Tepat Atasi Stok Produk Lama di Akhir Tahun !

Belum lagi adanya teknologi memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis yang sama sehingga persaingan pasar menjadi semakin ketat. Perubahan jaman dan trend yang semakin cepat juga menjadi alasan lain mengapa produk mu kurang laku dan menumpuk di gudang. Biasanya para pebisnis akan mengatasi stok produk lama jelang akhir tahun karena di tahun yang baru trend pasti berubah dan lebih sulit untuk mengatasinya .
Tapi kamu gak perlu khawatir jika masalah ini terjadi pada bisnis mu, karena kali ini zeropromosi telah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stok produk lama yang kurang laku saat akhir tahun. Yuk langsung aja simak cara dan artikelnya sampai selesai ya !

Lakukan Stok Opname Barang Secara Berkala merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Lakukan Stok Opname Barang Secara Berkala merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Sebelum melakukan banyak hal untuk stok produk di gudang bisnis mu, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengelola stok opname barang secara berkala. Stok opname barang sendiri adalah kegiatan pengecekan jumlah persediaan stok barang yang dimiliki untuk nantinya di pasarkan. Dari kegiatan ini kamu bisa tau mana produk yang laku dan mana produk yang kurang laku. Dengan begitu kamu bisa tau apa yang harus kamu lakukan terhadap stok produk yang jarang keluar atau kurang laku. Dari sini kamu bisa tau apa yang harus kamu lakukan, apakah harus menjualnya dengan harga lebih murah atau melakukan persediaan ulang produk tersebut. Melakukan stok opname barang secara berkala juga akan membantu proses bisnis yang lain berjalan dengan lancar, termasuk saat proses pemasaran produk.  

Optimalkan Strategi Pemasaran dan Promosi merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Optimalkan Strategi Pemasaran dan Promosi merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Banyak pebisnis mengira produk yang kurang laku dan menumpuk di stok gudang hanya karena sudah ketinggalan jaman, barangnya tidak bagus atau tidak banyak dicari konsumen. Padahal jika kamu perhatikan lagi kini banyak produk-produk keluaran tahun-tahun jadul kembali trend dengan model dan vibes yang sama. Yang menjadi penyebab utama kenapa stok produk makin numpuk dan tidak laku sebenarnya adalah bagaimana cara kamu memasarkan produk tersebut, apakah sudah dipromosikan dengan baik kepada konsumen atau belum. Karena seperti yang kita tahu pemasaran atau marketing merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu kamu harus bisa lebih optimal dalam memasarkan stok produk yang ada, mungkin bisa dengan mulai menggunakan media sosial, menggunakan online shop dan merubah strategi pemasaran yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Kamu juga bisa mengatasi produk yang kurang laku dengan melakukan promosi yang lebih gencar. Misalnya sering-sering update status disosial media tentang produk kamu, ikuti trend digital masa kini, memberikan penawaran merchandise gratis dan lakukan kegiatan promosi yang mampu menarik minat banyak konsumen. 
Jika kamu berminat untuk mengadakan promo pemberian souvenir atau merchandise gratis bisa dicoba dengan memberikan merchandise yang harganya lebih terjangkau ya. Usahakan pilihlah merchandise yang harganya terjangkau namun punya kualita bagus seperti yang ada di Zeropromosi. Di zeropromosi kamu bisa piliha aneka macam merchandise kece dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Merchandise yang kamu pilih juga bisa dicustom ccetak design sesuai keinginaan kamu lho, jadi kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan perusahaaan. Yuk cek zeropromosi.com dan dapatkan merchandise kece untuk tingkatkan branding perusahaan mu !

Ubah Tampilan Display Toko merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Ubah Tampilan Display Toko merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Display atau penataan suatu barang biasanya dilakukan untuk memperlihatkan kepada konsumen barang apa saja yang dijual. Meskipun sudah bukan hal yang asing lagi dalam bisnis, ternyata masih banyak pebisnis yang kurang paham tentang display atau peletakan barang yang dijual ini. Perlu sobat zero ketahui, display itu sendiri biasanya dimiliki oleh para pebisnis yang memiliki toko offline atau workshop dengan tujuan untuk mempermudah konsumen ketika ingin melihat dan memilih produk yang ditawarkan secara langsung. Bukan hanya toko offline, kini toko online pun memiliki display sendiri yang bisa diatur dengan mudah. Nah, display ini ternyata sangat memengaruhi emosial konsumen saat ingin membeli produk. Oleh karena itu kamu bisa mencoba untuk merubah tampilan display toko mu jadi lebih menarik. Bisa dengan menampilkan produk yang kurang laku di dekat produk best seller atau bisa juga menambahkan tema-tema tampilan display sesuai trend. Berhubung sebentar lagi natal ddan tahun baru, kamu juga bisa nih merubah tampilan display mu dengan tema natal dan tahun baru agar lebih menarik. Dengan pengaturan display yang baik maka konsumen akan merasa lebih nyaman dan percaya dengan bisnis mu.

Terapkan Sistem Bundling merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Terapkan Sistem Bundling merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stok produk lama yang kurang laku adalah dengan menerapkan sistem bundling. Sistem bundling ini sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran yang telah banyak dilakukan dengan cara menggabungkan dua produk atau lebih menjadi satu paket hemat dan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan membeli produk secara individual atau masing-masing. Sistem bundling biasanya banyak dilakukan untuk mengatasi stok produk lama yang kurang laku agar bisa keluar gudang. Caranya bisa dengan menggabungkan produk yang kurang laku dengan produk yang banyak peminatnya. Cara ini mampu menarik perhatian konsumen karena mereka merasa mendapatkan lebih banyak produk dengan harga yang lebih murah.

Berikan Promo Cuci Gudang merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Berikan Promo Cuci Gudang merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Menjelang akhir tahun biasanya banyak perusahaan yang menggencarkan pemasaran mereka untuk menghabiskan stok produk yang ada. Biasanya kegiatan pemasaran mereka di akhir tahun akan disertai promo besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu cara yang terbilang ampuh untuk mengatasi stok produk lama adalah dengan mengadakan promo cuci gudang. Yups, kamu pasti sering dengar kan promo cuci gudang jelang akhir tahun. Promo ini memang banyak dilakukan di akhir tahun dengan memasang harga yang lebih rendah dari harga normal. Tentu saja hal ini bertujuan untuk menghabiskan stok produk yang ada dengan lebih cepat, tapi kamu harus lebih berhati-hati ketika menerapkannya. Biasanya banyak yang memasang harga diskon sangat besar mulai dari 80%-90%. Memasang diskon dengan angka besar memang akan membuat konsumen tergiur, tapi diskon yang terlalu besar akan memberikan penilaian yang kurang baik untuk brand karena dinilai murahan atau tidak berkualitas. Jadi usahakan perhitungkan semuanya dengan baik sebelum memasang promo entah itu diskon, cashback dan lainnya.

Jadikan Bonus merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Jadikan Bonus merupakan salah satu cara mengatasi stok produk lama di akhir tahun

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi stok produk lama mu adalah menjadikannya sebagai bonus atau hadiah akhir tahun. Saat akhir tahun biasanya banyak ditemui toko yang memberikan promo besar-besaran salah satunya memberikan bonus atau hadiah secara gratis. Jika kamu memiliki stok produk lama yang cukup banyak juga bisa menjadikannya sebagai bonus saat ada konsumen yang melakukan transaksi. Jika kamu ingin menerapkan cara ini bisa memiliki produk yang harga lebih murah, meskipun harganya murah tapi konsumen pasti akan merasa senang karena mendapatkan apresiasi berupa hadiah. Atau kamu juga bisa menerapkan rules minimal transaksi kepada konsumen jika ingin mendapatkan produk tersebut. Usahakan terapkan minimal transaksi yang tidak terlalu besar agar konsumen lebih tertarik ya.

Demikian itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stok produk lama yang kurang laku saat akhir tahun. Sebelum mengadakan sale dan lainnya, selalu pastikan stok produk lama mu dalam keadalaan bagus ya. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalanakan bisnis ya. 

Jangan lupa share artikel ini juga ke teman dan kerabat mu yang lain agar mereka gak ketinggalan tips dan trik bisnis dari kami. Terimakasih dan semoga berhasil ! 

» Thanks for reading Cara Tepat Atasi Stok Produk Lama di Akhir Tahun !

0 Response to "Cara Tepat Atasi Stok Produk Lama di Akhir Tahun ! "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *