Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Begini Cara Mengukur dan Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan !

Sobat zeropromosi - Dalam dunia bisnis, pelanggan adalah aspek terpenting yang harus dimiliki dan diperhatikan. Sebab pelanggan sedikit berbeda dari konsumen biasa dimana pelanggan itu sendiri sudah ada dan akan memberikan prospek yang lebih besar untuk perusahaan. Karena seperti yang kita tahu pelanggan itu sendiri adalah seseorang yang selalu membeli atau menggunakan suatu produk secara berulang sebab mereka merasa puas saat menggunakan barang atau jasa tersebut. Maka dari itu adanya pelanggan sangat penting bagus perusahaan, bukan hanya untuk meningkatkan income tapi juga sebagai pengukur kualitas produk perusahaan. Saat menggunakan suatu barang atau jasa biasanya mereka akan memberikan tanggapan atau review apakah produk yang mereka gunakan itu memiliki keunggulan dan juga kelemahan.

Begini Cara Mengukur dan Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan !

Tanggapan inilah yang disebut dengan kepuasan pelanggan, apakah tingkatnya rendah atau tinggi. Dengan nilai kepuasan pelanggan inilah perusahaan bisa menilai kualitas produk serta bisa meningkatkan lagi kualitas produk dengan lebih akurat sesuai dengan selera pelanggan dan target pasar. Akan tetapi untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tidak cukup mudah, apalagi tipe pelanggan juga sangat beragam sehingga kamu perlu untuk mencari cara yang tepat agar pelanggan mau memberikan penilaiannya secara transaparan dan suka rela.
Nah, agar kamu bisa mengevaluasi bisnis mu, kali ini Zeropromosi akan memberikan tips dan cara yang tepat untuk mengukur serta mengetahui tingkat kepuasan pelangganmu.  Yuk simak tips dan cara nya sampai selesai di artikel berikut ini !

Berikan Media Penyampaian Keluhan dan Saran merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Berikan Media Penyampaian Keluhan dan Saran merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan saat ini mengetahui tingkat kepuasan pelanggan adalah berikan dan sedia media kepada pelanggan untuk menyampaikan keluhan dan saran mereka. Kamu bisa memberikan media kepada pelanggan agar mereka bisa dengan mudah mengutarakan keluhan dan saran mereka, bisa melalui online ataupun secara langsung. Jika kamu memiliki offline store kamu bisa memberikan kotak saran ditempat yang strategis dan semua pelanggan bisa melihat dan mengaksesnya dengan mudah. Berhubung teknologi juga sudah semakin canggih, kamu bisa menyediakan tempat khusus untuk pelanggan menyampaikan keluhan dan saran mereka di media sosial atau website perusahaan. Agar lebih cepat dan ringkas, kamu juga bisa menggunakan email khusus untuk menerima dan mengatasi keluhan serta saran dari pelanggan. Meskipun cara ini terkesan biasa, tapi nyatanya tak banyak pebisnis yang mampu menerapkannya dengan konsisten. Terlebih lagi jika banyak pelanggan yang menyampaikan saran dan kritik mereka, padahal informasi dari pelanggan ini bisa jadi bahan untuk kamu meningkatkan kualitas produk dan juga performa layanan bisnis lho. Dari semua keluhan dan saran yang diberikan, kamu juga bisa menjadikannya sebagai sebuah ide dan inovasi yang akan mengembangkan bisnis kamu. Jadi pastikan kamu selalu merespon dan mengatasi keluhan yang pelanggan sampaikan ya. Jangan sampai pelanggan merasa marah dan kecewa akibat kamu mengabaikan nya.

Buat Tujuan dan Lakukan Survey merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Buat Tujuan dan Lakukan Survey merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Saat ini semua hal bisa diakses dengan mudah secara online melalui smartphone. Maka kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk membuat survey kepuasan pelanggan secara online. Akan tetapi sebelum melakukan survey, akan jauh lebih baik kamu menentukan dan mengetahui sebenarnya apa tujuan kamu melakukan hal tersebut. Seperti misalnya kamu ingin meningkatkan pelayanan, ingin meningkatkan kualitas produk, ingin lebih dekat dengan pelanggan dan banyak lagi. Kamu harus tahu apa tujuan dibalik kegiatan survey yang kamu lakukan agar nantinya survey yang kamu buat juga lebih terkonsep sesuai dengan tujuan awal yang kamu buat. Jika tujuannya jelas maka hasil survey yang dilakukan bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki atau meningkatkan apa yang dimaksud. Saat ingin melakukan survey, pastikan kamu memberikan pertanyaan yang penting dan berkaitan dengan tujuan sebelumnya ya.

Meminta Pelanggan Untuk Beritahu Pengalaman Saat Belanja merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Meminta Pelanggan Untuk Beritahu Pengalaman Saat Belanja merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan memang hal yang penting, tapi kita tidak akan pernah mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang sebenarnya jika kita tidak aktif dan dekat dengan pelanggan. Di dunia bisnis ada banyak sekali tipe pelanggan yang akan kamu temui, mulai dari pelanggan yang aktif hingga cuek. Kamu harus tahu apakah mereka benar-benar merasa puas atau tidak. Jika iya, kamu harus tahu seberasa puas mereka terhadap pelayanan hingga produk yang kita berikan. Cara untuk mengetahuinya tentu dengan menanyakan nya secara langsung kepada setiap pelanggan. Tanyakan pelanggan mu dengan cara yang ramah, jelas dan tidak bertele-tele agar mereka juga tidak merasa terganggu. Tak perlu khawatir akan respon yang mereka berikan, baik buruknya respon mereka tetap akan bermanfaat untuk kemajuan bisnismu. Usahakan tanyakan pelanggan mu bagaimana pengalaman mereka saat berbelanja atau menggunakan produk baik itu barang atau jasa yang kamu berikan. Tapi usahakan jangan selalu berharap pelanggan mengatakan hal-hal yang baik saja ya, cobalah minta pelanggan mu untuk menceritakan pengalaman mereka dengan detail termasuk dengan pengalaman kurang mengenakkan yang mungkin mereka dapatkan. Dengan begitu kamu juga akan tau apa yang perlu kamu perbaiki untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mu.
Tapi kamu harus tahu bahwa tidak semua orang memiliki waktu luang untuk menjawab pertanyaan dan survey yang kamu lakukan. Jadi cobalah tawarkan atau berikan sesuatu yang menarik agar mereka berkenan untuk meluangkan waktunya dan memberikan ulasan serta pengalamannya. Kamu bisa mencoba untuk memberikan gift atau souvenir menarik seperti promo potongan harga, cashback, ataupun merchandise spesial kepada pelanggan yang telah bersedia menjawab dan mengikuti survey. Kamu bisa menyesuaikan hadiah yang diberikan sesuai dengan budget yang kamu miliki. 
Agar souvenir mu lebih menarik dan selalu diingat pelanggan, kamu bisa mencoba memberikan hadiah fisik seperti tumbler, mug custom, bantal, dan benda lainnya yang berkaitan dengan bisnis mu. Tidak perlu khawatir akan biaya yang kamu keluarkan, karena kamu bisa mendapatkan berbagai jenis souvenir keren dengan harga yang terjangkau di Zeropromosi. Kamu juga bisa custom cetak logo lho, jadi pelanggan mu akan senantiasa mengingatmu ketika mereka menggunakan hadiah yang kamu berikan.

Analisis Pelanggan Yang Hilang merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Analisis Pelanggan Yang Hilang merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan

Saat ini jaman semakin berkembang dan persaingan bisnis pun semakin ketat. Sehingga tak dipungkiri pasti ada saja kejadian kalah saing dari Kompetitor yang menjadi penyebab hilangnya pelanggan. Jika hal ini terjadi kamu tidak perlu bersedih apalagi berkecil hati. Karena sebenarnya kamu bisa memanfatkannya sebagai acuan untuk kamu mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan.  Cobalah untuk analisis dan mencari tahu secara langsung apa penyebab yang membuat pelanggan mu beralih dan memilih yang lain.  Kamu bisa mencari tahunya dari media sosial atau menghubungi mantan pelangganmu langsung. Cara ini mungkin sedikit lebih sulit untuk dilakukan tapi sangat efektif untuk meningkatkan kualitas bisnis kamu jika kamu berhasil melakukannya. Dari setiap informasi yang kamu dapat bisa menjadi data untuk bahan evaluasi bisnis kamu. Siapa tahu memang sebelumnya tanpa disadari kamu telah membuat mereka kurang nyaman atau kurang puas.

Nah sobat zeropromosi itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengukur dann mengetahui tingkat kepuasan pelanggan mu. Kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang penting dalam bisnis, karena kepuasan pelanggan bisa mendapatkan pelanggan yang loyal dan tentu hal ini akan menguntungkan. Jadi jangan sampai kamu mengabaikan kepuasan pelanggan ya sobat.

Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat zeropromosi ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga mu terutama rekan bisnis mu. Terimakasih sudah membaca dan selamat mencoba !😁

» Thanks for reading Begini Cara Mengukur dan Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan !

0 Response to "Begini Cara Mengukur dan Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *