Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ini Lho Jenis-Jenis Hewan Ternak Yang Boleh Di Qurban Saat Idul Adha !

Halo sobat zeropromosi ! Dalam tahun islam atau tahun hijriah, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah dimana itu tandanya seluruh umat islam akan merayakan hari raya Idul Adha. Berbeda dengan Idul Fitri yang identik dengan kegiatan silaturahmi dari rumah ke rumah, Idul Adha sendiri sangat identik dengan kegiatan penyembelihan hewan atau qurban. Qurban menjadi salah satu sunnah yang dilakukan umat Islam di bulan Dzulhijjah tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Arti qurban sendiri berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah/ Dhahiyyah yang secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan kegiatan qurban merupakan salah satu amalan dan ibadah yang dilakukan umat islam dengan cara meyembelih hewan ternak dan mengqurbankannya untuk Allah SWT.

Ini Lho Jenis-Jenis Hewan Ternak Yang Boleh Di Qurban Saat Idul Adha !

Saat ingin melakukan qurban pun ada beberapa ketentuan dan aturan yang harus dipenuhi seperti orang yang berqurban, waktu penyembelihan hewan, hingga kriteria dan jenis hewan yang akan diqurban. Seperti didalam Surah Al-Hajj ayat 34, dijelaskan bahwa hewan yang dapat diqurbankan adalah golongan Bahiimatul Al An’aam atau hewan ternak. Akan tetapi hewan ternak yang dimaksud tidak termasuk semua jenis hewan ternak seperti unggas atau ikan. 

Maka dari itu agar tidak salah saat memilih hewan ternak untuk diqurban, kali ini zeropromosi akan memberitahukan jenis-jenis hewan ternak yang boleh di qurban atau disembelih saat Idul Adha. Yuk simak artikelnya sampai selesai !

Kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Hewan ternak pertama yang boleh di qurban saat Idul Adha adalah kambing. Kambing menjadi salah satu hewan ternak yang paling banyak di jadikan hewan qurban saat Idul Adha khususnya di Indonesia. Kambing banyak dipilih karena lebih mudah untuk ditemui dan umumnya rasa dari daging kambing sendiri lebih lezat dan sangat khas. Meskipun banyak orang tidak bisa makan daging kambing karena memicu darah tinggi atau baunya yang menyengat, tapi kambing menjadi hewan qurban yang banyak dicari.  Selain itu kambing juga menjadi salah satu hewan ternak yang disyariatkan untuk dikurbankan karena termasuk dalam Bahiimatul Al An’aam yang telah dijelaskan dalam Surah Al-Hajj ayat 34. Berbeda dengan jenis hewan qurban lain, untuk 1 ekor kambing hanya diperuntukkan 1 orang. Untuk kambing yang ingin diqurban juga harus berusia minimal 2 tahun dengan tujuan agar daging yang disembelih lebih banyak dan bisa dibagikan kepada masyarakat.

Domba merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Domba merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Hewan ternak lain yang boleh di qurban saat Idul Adha ialah domba. Domba umumnya sedikit mirip dengan kambing, hanya saja domba memiliki bulu yang lebih lebat dengan badan yang lebih besar. Domba juga menjadi hewan ternak yang dianjurkan untuk disembelih. Sama seperti kambing, domba juga hanya boleh diqurban untuk 1 orang tidak lebih. Untuk umur minimal domba yang bisa disembelih berbeda dengan kambing, yakni minimal satu tahun atau telah berganti gigi. Kondisi domba yang telah berganti gig menjadi penanda jika domba sudah memiliki daging lebih banyak daripada domba yang lebih muda. Ada yang mengatakan jika domba yang berumur satu tahun sulit ditemukan bisa menggunakan domba yang berumur 6 bulan.  

Sapi merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Sapi merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Hewan ternak selanjutnya yang boleh di qurban saat Idul Adha adalah sapi. Yups, sapi menjadi salah satu hewan ternak yang disyariatkan untuk diqurban. Akan tetapi sayangnya harga sapi memang lumayan mahal sehingga jarang orang memilihnya untuk di qurban. Tapi sobat zero tenang aja, meskipun harganya mahal tapi sapi bisa juga diqurban secara kolektif atau patungan. Ketentuan kolektif sendiri 1 ekor sapi boleh diqurban untuk 7 orang. Jadi kamu bisa ajak anggota keluarga mu yang lain untuk qurban 1 ekor sapi. Untuk sapi yang di qurban juga harus memenuhi ketentuan seperti minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke 3.

Kerbau merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Kerbau merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Sama halnya dengan sapi, meskipun jarang dipilih untuk disembelih sebagaii qurban, kerbau juga termasuk kedalam hewan ternak yang disyariatkan untuk disembelih saat Idul Adha. Menyembelih kerbau juga bisa dilakukan untuk satu orang atau untuk 7 orang bersama-sama. Di Indonesia sendiri kerbau jarang dipilih karena mungkin harganya yang terbilang mahal dan dagingnya sedikit lebih padat dan  keras jika dibandingkan dengan daging hewan qurban lainnya. Kerbau yang dipilih untuk disembelih harus berumur minimal 2 tahun dan sudah memasuki tahun ke 3 sama seperti sapi.

Unta merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Unta merupakan salah satu jenis hewan ternak yang di qurban saat Idul Adha

Hewan ternak yang terakhir adalah unta, unta biasanya banyak dijadikan hewan qurban di daerah Jazirah Arab. Hewan khas dari daerah padang pasir ini ternyata bis alho di qurban saat Idul Adha. Akan tetapi untuk ketentuan umur dan jumlah orang yang sembelih juga berbeda dari hewan lainnya. Untuk umur unta yang bisa di qurban adalah minimal berumur 5 tahun karena menurut para ulama usia hewan gurun lebih panjang daripada hewan qurban lainnya. Selain itu untuk unta sendiri usia lima tahun merupakan usia yang tepat bagi unta untuk diqurbankan. Untuk menyembelih unta bisa untuk sendiri atau kolektif seperti halnya sapid an kerbau yaitu untuk 7 orang atau sepuluh orang.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa jenis hewan ternak yang termasuk kedalam golongan Bahiimatul Al An’aam dan diperbolehkan untuk disembelih menjadi hewan qurban saat Idul Adha. Selain mengetahui jenis nya, kamu juga harus tahu nih kalau hewan qurban tidak boleh disembelih saat telah melewati batas umur yang ditentukan karena dagingnya akan keras dan kurang enak saat dikonsumsi. Jadi kamu haru sangat memerhatikan ketentuan dan syarat untuk berqurban ya.

Oiya sobat, sebelum menjalankan ibadah qurban akan lebih baik jika kamu juga mempersiapkan souvenir untuk sanak keluarga dan para panitia yang akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Memberikan souvenir saat Idul Adha juga bisa menjadi sarana untuk kamu tetap menjalin silaturahmi lho. Jadi yuk pilih dan buat souvenir keren mu untuk dibagikan saat Idul Adha nanti. Urusan souvenir kamu bisa serahkan kepada Zeropromosi.com , karena zeropromosi akan membantu kamu menentukan souvenir yang tepat dan berkesan untuk diberikan kepada semua orang. Harga terjangkau, kualitas premium dan bisa dicetak logo membuat souvenir mu akan lebih berkesan untuk banyak orang. Yuk buat sekarang, jika butuh souvenir ? Ingat zeropromosi !
Demikian arrtikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga mu agar mereka tau hewan apa sih yang boleh di qurban saat Idul Adha. Terimakasih sudah membaca ya, dan selamat menunaikan ibadah qurban dan Idul Adha bagi yang merayakan ya, !😁

» Thanks for reading Ini Lho Jenis-Jenis Hewan Ternak Yang Boleh Di Qurban Saat Idul Adha !

0 Response to "Ini Lho Jenis-Jenis Hewan Ternak Yang Boleh Di Qurban Saat Idul Adha !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami