Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! logo WhatsApp 0877 8185 7176 logo WhatsApp 0877 8186 7176

6 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Hai sobat zeropromosi ! Sebentar lagi seluruh umat islam akan merayakan hari raya Idul Adha atau sering disebut dengan lebaran haji dan lebaran kurban. Dikatakan sebagai lebaran kurban karena pada hari raya Idul Adha akan banyak pelaksanaan kurban yang merupakan perintah dari Allah SWT setelah peristiwa Nabi Ibrahim mengkurbankan putranya Nabi Ismail. Saat Idul Adha biasanya daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat dan orang yang membutuhkan. Kegiatan ini menjadi tradisi khas saat Idul Adha, dimana semua orang akan merasakan suasana sukacita dengan saling berbagi daging kurban.

6 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Saat Idul Adha biasanya akan banyak orang yang melaksanakan kegiatan kurban sehingga tak jarang stok daging menjadi banyak dirumah. Banyaknya stok daging membuat daging kurban tidak langsung diolah dalam sehari, maka dari itu kamu harus tau bagaimana cara yang benar menyimpan daging kurban agar tetap segar meskipun tidak langsung dimasak.
Nah, mumpung masih ada waktu sampai Idul Adha, hari ini zeropromosi akan memberikan beragam tips mudah untuk menyimpan daging kurban agar tetap segar dan tahan lama. Yuk simak tipsnya sampai selesai !

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Daging merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Daging merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Daging menjadi salah satu bahan makanan yang paling mudah terkontaminasi, oleh karena itu jangan pernah menyentuh atau memegang daging dengan kondisi tangan yang kotor.Sebaiknya sebelum itu kamu harus mencuci tangan dan memastikan tangan benar-benar bersih dari kuman dan kotoran yang menempel, jika perlu setelah mencuci tangan di air mengalir kalian bisa gunakan Handsanitizer ( Dapatkan segera dengan harga murah !! Info lebih lanjut klik disini !! ) , karna ukuranya yang kecil dan mudah untuk di bawa kemanapun. Karena jika tangan kotor maka daging akan terkontaminasi bakteri, karena daging sangat rentan ketika berada atau disentuh dengan sesuatu yang kotor. Jadi pastikan bersihkan tangan mu sebelum mengolah daging ya sobat. Jangan lupa untuk meletakan daging di tempat yang bersih.

Potong Menjadi Beberapa Bagian merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Potong Menjadi Beberapa Bagian merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Saat Idul Adha biasanya daging kurban akan dibagikan dalam ukuran dan potongan yang besar, jadi alangkah baiknya sebelum disimpan kamu harus memotong daging menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang lebih kecil. Ini tentu akan memudahkan kamu ketika ingin memasak daging setelah daging disimpan. Jadi jangan masukan daging kedalam satu wadah dengan ukuran besar ya sobat.

Jangan Cuci Daging merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Jangan Cuci Daging merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Berbeda dengan bahan makanan lain, saat ingin menyimpan daging jangan biarkan daging terkena air apalagi dicuci. Karena dalam daging merah terdapat banyak bakteri yang bisa tersebar di tempat cucian. Bakteri ini bisa tersebar lewat cipratan atau tetesan air yang digunakan untuk mencuci daging. Selain itu daging yang terkena air juga akan lebih cepat terkontaminasi bakteri apabila tidak segera diolah. Jadi usahakan simpanlah daging dalam keadaan segar kedalam wadah yang aman dan tidak bersentuhan dengan makanan lain. Jika ada kotoran di daging kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu dapur dan langsung menyimpannya di dalam wadah tertutup. Saat daging ingin diolah atau dimasak, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu. Jadi harus tau ya daging itu dicuci saat ingin dimasak bukan saat ingin disimpan.

Simpan Daging Di Freezer merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Simpan Daging Di Freezer merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Agar daging bisa tahan lebih lama, kamu bisa menyimpannya di wadah tertutup kemudian di simpan di dalam lemari es bagian atas atau freezer agar makan yang akan kalian masukan ke dalam lemari es dapat lebih tahan lama ( Cuma di sini !! Kotak makan anti Tumpah HARGA MURAH!! )
Jadi setelah daging dipotong kamu bisa menyimpannya di dalam wadah dan simpan di freezer. Agar daging tetap segar, kamu juga bisa melapisi daging dengan kertas foil agar kesegarannya tetap terjaga. Saat ingin menyimpan daging jangan langsung dimasukan freezer ya sobat, simpan daging di lemari pendingin bagian bawah selama kurang lebih 6 jam baru disimpan ke freezer. Daging yang disimpan didalam kulkas freezer bisa tahan lebih lama hingga 6 bulan. Bisa disimpan sampai tahun baru tuh kayaknya hehe.

Simpan Dalam Keadaan Telah Dibumbui merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Simpan Dalam Keadaan Telah Dibumbui merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Cara lain yang bisa kamu lakukan saat menyimpan daging adalah kamu bisa menyimpan daging dalam keadaan yang sudah di bumbui. Sebelum disimpan kamu bisa mencuci daging sampai bersih dengan air mengalir, kemudian kamu bisa rendam daging kedalam bumbu yang telah disimpan sampai empuk dan beraroma. Membumbui daging atau marinasi bisa membuat daging terasa lebih enak dan juga tahan lama. Daging bisa tahan lama dan tetap segar saat dibumbui karena bumbu yang digunakan seperti kunyit, garam dan bumbu lainnya mengandung zat antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri pada daging.

Cairkan Daging Saat Ingin Dimasak merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Cairkan Daging Saat Ingin Dimasak merupakan salah satu tips menyimpan daging kurban agar tetap segar

Setelah daging disimpan dalam freezer dan menjadi beku, usahakan carikan daging terlebih dahhulu sebelum dimasak. Cara mencairkan daging bisa menggunakan air keran yang mengalir atau dengan memindahkan posisi daging ke bagian bawah kulkas. Untuk mencairkan daging jangan membiarkannya cair sendiri di suhu ruangan ya sobat, karena hal ini bisa memicu bakteri untuk menyebar ke seluruh  bagian daging. Kamu juga harus ingat untuk segera mengolah daging setelah daging dicairkan dan jangan membeku kan kembali daging yang telah mencair karena akan mengubah cita rasa dan kesegaran daging.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa tips dan cara mudah untuk menyimpan daging kurban agar tetap segar dan tahan lama. Setelah mengetahui cara menyimpan daging, kira-kira kamu mau masak daging menjadi olahan apa nih sobat ? Tapi jangan lupa ya teman-teman apabila kita merayakan idul adha dengan makan - makan keluarga sebaiknya menggunakan alat makan pribadi agar lebih aman ( Dapatkan Set Alat makan Korea HARGA MIRING !! Info lebih lanjut klik disini !! )

Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya agar mereka gak salah saat menyimpan daging. Terimakasih sudah membaca dan selamat hari raya Idul Adha !😁

» Thanks for reading 6 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

2 Responses to "6 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar dan Tahan Lama"

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *