Beragam Jenis Makanan Khas Lebaran Di Indonesia Yang Selalu Ditunggu-tunggu !

Halo sobat zeropromosi! Tidak terasa bulan Ramadan sebentar lagi akan berakhir dan hari lebaran Idul Fitri akan segera tiba. Hari Raya Idul Fitri ini menjadi moment istimewa yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di Indonesia. Saat Idul Fitri tiba semua umat islam akan saling mengunjungi rumah sanak saudara dan keluarga untuk mempererat tali silaturahmi. Moment Idul Fitri menjadi moment paling istimewa karena semua anggota keluarga bisa saling bertemu dan kumpul bersama.

Beragam Jenis Makanan Khas Lebaran Di Indonesia Yang Selalu Ditunggu-tunggu !

Bukan hanya keseruan saat berkumpul, moment lebaran juga semakin dirindukan oleh semua orang karena makanan khas nya. Yups, setiap lebaran semua orang akan sibuk mempersiapkan beragam jenis makanan mulai dari makanan berat hingga makanan ringan dan cemilan untuk tamu yang berkunjung. Makanan yang disajikan saat lebaran Idul Fitri biasanya sangat khas dan tidak ada di moment yang lain. Kalau pun ada biasanya rasanya tidak akan sama seperti saat Idul Fitri. 

Nah agar kamu tidak melewatkan keistimewaan makanan khas Idul Fitri, kali ini zeropromosi akan memberikan list beberapa jenis makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Yuk simak artikelnya sampai habis !

Ketupat merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Ketupat merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Semua orang tentu sudah tau makanan utama yang rasanya wajib ada saat lebaran Idul Fitri adalah ketupat. Yups, ketupat menjadi salah satu makanan khas lebaran di Indonesia. Menu makanan yang satu ini sudah seperti menu wajib yang ada di meja makan, karena kalau ga ada ketupat tuh rasanya lebaran jadi kurang afdol deh. Ketupat yang terbuat dari anyaman kulit daun kelapa ini juga menjadi ikon khas lebaran yang dipajang di banyak tempat. Konon ketupat memiliki arti dan maknanya tersendiri, mulai dari menggambarkan perjalanan dan kesulitan hidup hingga keharusan masyarakat untuk melakukan silaturahmi. Biasanya kalau lebaran kamu bisa makan berapa ketupat nih sobat ?

Opor Ayam merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Opor Ayam merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Nah untuk melengkapi si menu utama alias ketupat, biasanya orang Indonesia juga akan menyiapkan menu pendamping berupa opor ayam. Opor ayam sudah menjadi makanan khas lebaran yang ada di setiap rumah saat lebaran Idul Fitri. Opor ayam biasanya menjadi menu lauk favorit yang disajikan bersama dengan irisan ketupat ataupun nasi. Terbuat dari beragam jenis rembah dengan santan membuat menu yang satu ini selalu ditunggu-tunggu saat lebaran. Gak heran deh kalau di setiap rumah pasti menyediakan opor ayam.

Semur Daging merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Semur Daging merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Selain opor ayam, menu favorit lain yang gak boleh ketinggalan saat lebaran Idul Fitri adalah semur daging. Semur daging biasanya dibuat dengan isian potongan daging sapi dengan berbagai jenis rempah dan kecap manis. Semur daging biasanya juga diberikan tambahan berupa potongan kentang, jengkol dan telur. Menu khas lebaran yang satu ini biasanya lebih populer dan banyak disedikan oleh orang betawi khususnya mereka yang tinggal di daerah Jakarta dan Tangerang.

Rendang merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Rendang merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Siapa sih yang gak tau dengan makanan asal padang yang sudah go internasional ini. Rendang merupakan makanan padang yang sudah mendunia, bahkan saat lebaran Idul Fitri tiba rendang tersedia hampir di semua rumah. Rendang biasanya terbuat dari potongan daging saping atau kerbau yang dimasak dengan santan dan beragam jenis rempah khas Indonesia. Proses masaknya yang cukup lama dna berulang-ulang membuat bumbunya meresap dengan sempura hingga menghasilkan cita rasa khas Indonesia yang sempurna. Bahkan rendang dikatakan menjadi salah satu makanan terenak di dunia loh sobat, yakin nih mau skip ?

Buah Kurma merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Buah Kurma merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Selain makanan berat seperti rendang dan lainnya, ternyata ada makanan khas lebaran lain seperti buah kurma yang disajikan saat lebaran loh. Meskipun lebih banyak ditemui saat Ramadan, buah kurma juga sering disajikan di meja tamu bersama kue lainnya saat lebaran. Buah dengan rasa daging yang manis ini menjadi makanan khas seluruh umat Islam bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Buah kurma juga memiliki banyak manfaat loh, bahkan memakan buah kurma saat berbuka juga sangat di anjurkan oleh Rasulullah.

Nastar merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Nastar merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Makanan khas lebaran di Indonesia pasti ga jauh-jauh deh sama yang namanya kue kering, dan salah satu kue yang sangat khas dengan lebaran Idul Fitri adalah kue nastar. Kue dengan isian selai nanas ini sudah menjadi makanan khas lebaran di Indonesia. Bahkan banyak yang sudah menjual kue ini dari jauh-jauh hari sebelum Ramadan loh. Rasanya yang manis dengan tekstur renyah dan pecah di mulut emang paling susah buat dihindari. Sampai-sampai setiap berkunjung ke rumah saudara pasti yang dicari adalah nastar, padahal udah puas banget makan nastar dirumah haha.

Kue Putri Salju merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Kue Putri Salju merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Selain nastar, ada juga nih kue kering yang jadi makanan khas saat lebaran yaitu kue putri salju. Dikatakan putri salju karena kue ini di lumuri dengan gula halus berwarna putih sehingga terlihat seperti salju. Biasanya kue ini memiliki bentuk seperti bulan sabit dengan sensasi agak dingin saat dimakan. Kue ini juga menjadi kue favorit banyak orang saat lebaran loh.

Kastengel merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Kastengel merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Hampir serupa dengan nastar, kastengel dengan bentuk persegi panjang juga menjadi makanan khas lebaran yang paling banyak dicari. Cita rasanya yang gurih dengan parutan keju dan kerenyahannya membuat kastengel seringkali jadi rebutan saat lebaran. Kastengel juga seringkali dijadikan sebagai isian hampers dan bingkisan lebaran loh. Tahun ini kamu udah beli kastengel belum ?

Astor merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Astor merupakan salah satu makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu

Nah makanan khas yang selalu ada saat moment lebaran di Indonesia berikutnya adalah astor. Yups, astor yang merupakan wafer stick berwarna belang-belang ini menjadi sajian khas yang selalu ada saat lebaran. Meskipun sudah ada sejak lama, astor masih eksis hingga sekarang. Astor memiliki banyak varian rasa mulai dari coklat, stroberi, vanilla dan banyak lagi. Tapi rasa coklat lah yang menjadi favorit banyak orang terutama anak-anak. Siapa nih yang masa kecilnya suka rebutan astor yang ada di tengah dengan plastic sendiri ? :D

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa jenis makanan khas lebaran di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu. Jadi dari sekian banyak hidangan saat lebaran, makanan mana nih yang jadi favorit kamu? Yuk komen dibawah. 

Sekian dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih dan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan­čśü

» Thanks for reading Beragam Jenis Makanan Khas Lebaran Di Indonesia Yang Selalu Ditunggu-tunggu !

0 Response to "Beragam Jenis Makanan Khas Lebaran Di Indonesia Yang Selalu Ditunggu-tunggu !"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami