Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ini Dia Makna Mendalam Perjuangan RA. Kartini Bagi Kartini Modern

Hai sobat zeropromosi ! Menjelang bulan April, tentu semua masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan salah satu hari bersejarah yang akan diperingati setiap tanggal 21 April. Yups, tepat pada tanggal 21 April mendatang seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati hari kelahiran seorang pahlawan nasional perempuan tanah air yakni Raden Ajeng Kartini ( R.A. Kartini ). Meskipun beliau tidak mengangkat senjata layaknya pahlawan nasional lain, tapi beliau lah yang sudah sangat berjasa terhadap kebangkitan perempuan pribumi.

Ini Dia Makna Mendalam Perjuangan RA. Kartini Bagi Kartini Modern
Dalam bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Gelap” ia berjuang agar wanita mendapatkan persamaan hak dalam berbagai ranah kehidupan, khususnya pendidikan dan harus tetap menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya. Oleh karena itu untuk menghormati jasa nya, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 21 April sebagai hari lahir Kartini dan sekaligus juga menetapkan Raden Adjeng Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang di peringati setiap tahun.
Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini masyarakat Indonesia selalu merayakan Hari Kartini dengan cara mengenakan pakaian adat , mengadakan acara dengan pembahasan tentang perempuan dan banyak acara meriah lainnya. Akan tetapi meskipun semua orang sudah tidak asing dengan peringatan hari kartini, tak banyak masyarakat yang tau apa arti dan makna yang terkandung dalam setiap perjuangannya.
Oleh karena itu hari ini zeropromosi akan memberikan sedikit informasi dan rangkuman tentang apa saja makna mendalam setiap perjuangan RA. Kartini untuk kartini modern. Walau sudah beda jaman, rasanya tidak ada salahnya bukan jika kita terus menanamkan dan melestarikan nilai-nilai dan semangat perjuangan pahlawan terdahulu untuk membangun generasi yang berkarakter. Sebenarnya apa saja sih makna nya ? Yuk langsung aja simak di artikel berikut ini !

Mendapatkan Kesetaraan Hak dan Gender

Mendapatkan Kesetaraan Hak dan Gender merupakan salah satu makna mendalam perjuangan RA. Kartini bagi Kartini Modern

Seperti yang sudah kita tau sejak dahulu bahwa Ibu Kartini selalu memperjuangkan hak dan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan. Jika jaman dulu semua menganggap perempuan hanya boleh di dapur dan menjadi ibu rumah tangga, berkat perjuangannya melawan diskriminisi membuat perempuan atau kartini modern jadi termotivasi dan terdorong untuk bisa mendapatkan haknya secara adil dan seimbang dengan kaum laki-laki. Kartini modern bebas untuk memiliki pendidikan yang tinggi seperti laki-laki. Bahkan kartini modern juga bisa membuktikan bahwa perempuan tidaklah lemah, mereka bisa melakukan dan menjadi apapun seperti apa yang mereka inginkan. Dari Ibu Kartini, perempuan/kartini modern bisa belajar untuk terus percaya dengan apa yang ada dalam diri dan terus semangat untuk membuat perubahan serta membuat orang lain percaya bahwa perempuan itu mampu untuk merubah dunia.

Mendapatkan Hak Perlindungan Kekerasan

Mendapatkan Hak Perlindungan Kekerasan merupakan salah satu makna mendalam perjuangan RA. Kartini bagi Kartini Modern

Bukan hanya memperjuangkan hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan setinggi-tingginya, Ibu Kartini juga memperjuangkan hak para perempuan untuk mendapatkan perlindungan atas dirinya, kodrat kewanitaannya dan juga atas kekerasan yang mengancam. Saat ini bahkan kita bebas atas tubuh kita sendiri, kartini modern telah dilindungi oleh UU tentang pemerkosaan dan bahkan untuk hal yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari yakni kekerasan dalam rumah tangga. Dari perjuangan Ibu Kartini lahirnya hukum-hukum tentang kesetaraan gender dan perlindungan perempuan yang membuat kartini modern bisa melindungi dirinya sendiri.

Kini Kartini Modern Bisa Saling Menginspirasi dan Menyuarakan Pendapatnya

Kini Kartini Modern Bisa Saling Menginspirasi dan Menyuarakan Pendapatnya

Mungkin Ibu Kartini tidak memegang ataupun mengangkat senjata seperti pahlawan yang lain, tapi ia berani untuk menyuarakan pendapat dan aspirasinya. Di eranya yang masih memandang rendah perempuan, ia berani menyuarakan pendapatnya yang membahas soal perjuangan kaum wanita untuk memperoleh kebebasan, persamaan hukum, dan pendidikan yang layak lewat tulisan. Berkat perjuangannya, kini perempuan Indonesia bebas untuk menyuarakan pendapatnya. Bahkan dengan kebebasan menyuarakan pendapat, setiap perempuan Indonesia bisa saling menginspirasi satu sama lain.

Membangkitkan Kualitas Hidup Perempuan

Membangkitkan Kualitas Hidup Perempuan merupakan salah satu makna mendalam perjuangan RA. Kartini bagi Kartini Modern

Tentunya semua perjuangan Ibu Kartini sagat berarti bagi perempuan Indonesia hingga sekarang. Berkat perjuangannya, kualitas hidup perempuan Indonesia juga semakin meningkat. Mulai dari perempuan Indonesia yang bisa mendapatkan pendidikan hingga tinggi, mampu mengutarakan dan mewujudkan mimpi hingga mampu menghasilkan karya. Di jaman yang semakin canggih membuat banyak perempuan Indonesia juga mampu untuk terus mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada dalam dirinya sehingga mereka mampu membuka ruang untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Bahkan saat ini banyak perempuan Indonesia yang sudah berhasil dan mengharumkan nama bangsa.

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa rangkuman makna perjuangan Ibu Kartini bagi Kartini Modern saat ini. Sebagai kartini masa kini dan perempuan modern, kita harus mampu menunjukan bahwa perempuan bukanlah makhluk yang lemah. Perempuan modern ialah perempuan yang bertekat kuat, memiliki semangat juang tinggi dan pastinya berprinsip. Semangat perjuangan harus tetap diteruskan !

Sekian artikel kali ini semoga bisa memberikan inspirasi dan manfaat untuk sobat zero semua. Jangan lupa ya untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya ke semua teman, kerabat dan juga keluarga kamu. Terimakasih dan Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia !👸

» Thanks for reading Ini Dia Makna Mendalam Perjuangan RA. Kartini Bagi Kartini Modern

0 Response to "Ini Dia Makna Mendalam Perjuangan RA. Kartini Bagi Kartini Modern"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *