Sejarah Dan Info Lengkap Hari Hak Konsumen Sedunia Sebagai Pengingat Perlindungan Konsumen

Halo sobat zeropromosi ! Menjelang bulan Maret, kamu harus tau nih ternyata di bulan Maret ada hari peringatan penting loh sobat. Tepat pada tanggal 15 Maret 2021 mendatang, seluruh masyarakat dunia akan memperingati Hari Hak Konsumen. Yups, tanggal 15 Maret ditetapkan sebagai Hari Hak Konsumen Sedunia atau HHKS yang berlaku di Indonesia dan juga 130 negara lainnya. Nah buat kamu yang suka belanja harus banget tau info lengkap tentang peringatan Hari Hak Konsumen ini yang bisa dijadikan sebagai momentum pengingat perlindungan konsumen. Eits, tapi kayaknya bukan sobat zero yang suka belanja aja deh yang perlu tau, semua orang harus tau betapa pentingnya hak konsumen.

Sejarah Dan Info Lengkap Hari Hak Konsumen Sedunia Sebagai Pengingat Perlindungan Konsumen

Oleh karena itu hari ini zeropromosi akan memberikan sedikit informasi tentang bagaimana sih sejarah dari Hari Hak Konsumen Sedunia yang amat penting ini, dan kira-kira apa saja ya Hak yang harus didapat oleh para konsumen di seluruh dunia termasuk Indonesia. 
Penasaran seperti apa info lengkapnya ? Yuk langsung aja baca dan simak artikel berikut ini ya, simak sampai habis ya sobat !

Sejarah Hari Hak Konsumen Sedunia

Sejarah Hari Hak Konsumen Sedunia

Sobat, sebelum membahas isi hak konsumen, kamu harus tau nih gimana sejarah dan awal mula diperingatinya Hari Hak Konsumen Sedunia ( HHKS ). Peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia ini diperingati karena berawal dari pidato Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy di depan Kongres pada 15 Maret 1962. Dia menyatakan, “…konsumen adalah kelompok ekonomi terbesar, mempengaruhi dan dipengaruhi oleh hampir setiap keputusan ekonomi publik dan swasta. Namun mereka adalah satu-satunya kelompok penting yang pandangannya sering tidak didengar….”.  Setelah pidato ini seorang aktivis hak konsumen bernama Anwar Fazal mengajukan agar dibuat hari khusus untuk memperingati hak-hak konsumen secara internasional.
Untuk itu Consumers International sebuah organisasi yang memperjuangkan hak-hak konsumen internasional menetapkan tanggal tersebut menjadi Hari Hak Konsumen Sedunia atau World Consumer Rights Day. Ide ini kemudian disetujui pada tahun 1983, serta memilih tanggal 15 Maret sebagai hari peringatannya. Dan sejak tanggal penetapan itulah Hari Hak Konsumen Sedunia ini diperingati setiap tahunnya di seluruh dunia.

Tujuan Diperingatinya Hari Hak Konsumen Sedunia

Tujuan Diperingatinya Hari Hak Konsumen Sedunia

Hayooo siapa nih yang bertanya-tanya kenapa harus ada peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia ? Sobat zero juga harus tau bahwa Hari Hak Konsumen Sedunia ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kegiatan ekonomi. Karena tentunya peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia ini bisa dijadikan sebagai momentum yang tepat sebagai pengingat untuk peningkatan perlindungan konsumen di berbagai negara termasuk Indonesia. Peringatan ini juga dimaksudkan untuk menjadi tonggak penting kesadaran konsumen terhadap hak mereka serta menjadi bentuk solidaritas masyarakat internasional sebagai sesama konsumen. Jadi dengan hari peringatan ini kamu bisa tau mana hak konsumen yang wajib untuk dipenuhi agar kamu tidak dirugikan, lebih dihormati sebagai konsumen, dan kamu juga bisa memprotes jika ada pelanggaran hak yang terjadi saat melakukan kegiatan ekonomi jual beli. Ternyata peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia ini penting banget kan sobat.

Hak Konsumen Yang Wajib Dipenuhi

Hak Konsumen Yang Wajib Dipenuhi

Mungkin sobat zero pernah mendengar bahwa konsumen memiliki beberapa hak yang perlu dipenuhi, dan di Indonesia sendiri Hak kamu sebagai seorang konsumen ternyata diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Republik Indonesia, yang berlandaskan pada Undang Undang Dasar 1945 Pasal 5 ayat (1), Pasal 21 ayat (1), Pasal 27 , dan Pasal 33. Dengan landasan hukum yang ada bisa membuat kamu sebagai konsumen bisa lebih terlindungi, apalagi di jaman yang semakin maju ini membuat tak sedikit orang yang seringkali berbuat curang terhadap konsumen mereka. Jadi kamu harus tau nih apa aja sih hak konsumen, berikut adalah poin-poin nya :

Hak Untuk Memilih Barang merupakan salah satu hak konsumen

Hak Untuk Memilih Barang merupakan salah satu hak konsumen

Sebagai seorang pembeli atau konsumen, tentu hal yang paling diutamakan adalah bisa untuk memilih barang yang ingin dibeli. Nah, memilih barang saat membeli sesuatu juga merupakan hak konsumen loh sobat. Jadi kamu bebas dan memiliki hak penuh untuk memilih dari segi kualitas dan kuantitas serta menentukan mana yang ingin kamu beli untuk digunakan dan juga dikonsumsi. Jadi kalau ada yang ngelarang kamu memilih saat membeli sesuatu, harus di curigai tuh sobat dan kamu lebih baik memilih di tempat lain ya sobat.

Hak Dilayani Dan Diperlakukan Dengan Baik Tanpa Diskriminasi merupakan salah satu hak konsumen

Hak Dilayani Dan Diperlakukan Dengan Baik Tanpa Diskriminasi merupakan salah satu hak konsumen

Yang namanya dalam proses jual beli, sudah seharusnya seorang penjual memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumennya. Ini karena bukan hanya sebagai sopan santun dan tata karma semata melainkan untuk mendapatan pelayanan yang baik tanpa diskrimanasi adalah hak dari para konsumen. Karena seringkali terjadi ada penjual yang pilih kasih ketika melayani konsumennya, sehingga ada beberapa konsumen yang tidak mendapatkan pelayanan yang baik sebagaimana semestinya. Oleh karena itu kamu sebagai konsumen harus tau kalau dilayani dan diperlakukan dengan baik adalah hak kamu sebagai konsumen, karena tindakan diskriminatif merupakan sebuah tindakan pelanggaran. Jadi kamu jangan takut untuk melapor jika hal ini terjadi sama kamu ya sobat, karena hak kamu sebagai konsumen itu dilindungi oleh Undang-Undang.

Hak Untuk Mendapatkan Informasi Yang Benar, Jelas, dan Jujur atas Apa yang Akan Dikonsumsi merupakan salah satu hak konsumen

Hak Untuk Mendapatkan Informasi Yang Benar, Jelas, dan Jujur atas Apa yang Akan Dikonsumsi merupakan salah satu hak konsumen
Yang namanya orang membeli pasti banyak tanya lah ya, seperti bahannya terbuat dari apa, fungsinya untuk apa, harganya berapa dan informasi lainnya karena hal ini menjadi bagian sangat penting saat hendak membeli sesuatu agar informasi juga jelas dan barang yang akan digunakan itu memang aman. Akan tetapi terkadang ada penjual yang justru tidak suka ketika konsumen menanyakan beberapa informasi tentang apa yang dijual, padahal sebagai produsen atau penjual sudah menjadi kewajiban untuk memberikan informasi selengkap mungkin tentang apa yang mereka jual. Karena mendapatkan informasi tentang produk atau layanan yang di tawarkan itu merupakan hak dari setiap konsumen yang harus dipenuhi. Jadi saat membeli sesuatu kamu tidak perlu ragu untuk bertanya dengan lebih jelas ya sobat, karena ini adalah hak kamu.

Hak Untuk Mendapatkan Barang/Jasa Sesuai Nilai Tukar Dengan Kondisi dan Jaminan yang Dijanjikan merupakan salah satu hak konsumen

Hak Untuk Mendapatkan Barang/Jasa Sesuai Nilai Tukar Dengan Kondisi dan Jaminan yang Dijanjikan merupakan salah satu hak konsumen

Sebagai seorang konsumen kamu tentu berhak untuk mendapatkan barang/jasa yang kamu beli sesuai dengan nilai tukar atau perjanjian di awal sebelum transaksi dan pastinya dengan kondisi dan jaminan yang sudah dijanjikan. Seperti misalnya adanya cashback, gratis ongkir, potongan harga dan banyak lagi. Jika apa yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan perjanjian di awal, kamu bisa kok protes untuk mendapatkan barang ataupun layanan yang sesuai karena itu merupakan hak kamu sebagai konsumen. Jadi jangan ragu untuk protes saat penjual berlaku tidak adil dan tidak semestinya ya sobat.

Hak Untuk Mendapatkan Kompensasi dan Ganti Rugi merupakan salah satu hak konsumen

Hak Untuk Mendapatkan Kompensasi dan Ganti Rugi merupakan salah satu hak konsumen

Nah yang terakhir dan menjadi bagian yang paling penting namun banyak diabaikan nih sobat. Yups, sebagai konsumen kamu berhak untuk mendapatkan kompensasi dan ganti rugi apabila barang atau layanan yang kamu terima tidak sesuai atau mungkin rusak. Seperti yang kita tahu di era digital seperti sekarang ini sudah banyak sekali barang dan jasa yang bisa di beli melalui online dengan mudah, dan banyak juga penjual yang sebenarnya melakukan pelanggaran namun mereka tidak mau bertanggung jawab. Tak sedikit penjual yang memberikan produk dan layanan yang kurang layak atau bahkan dibawah standard an kualitas. Oleh karena itu Hari Hak Konsumen Sedunia ini amat penting untuk dijadikan sebagai pengingat perlindungan konsumen atas ketidakadilan yang terjadi. Jika kamu mengalami hal ini, jangan takut untuk protes dan melapor ya sobat, karena mendapatkan barang yang bagus adalah hak kamu. Dan jika penjual tidak memberikan yang sesuai, maka kamu juga berhak untuk meminta ganti rugi.

Nah sobat zeropromosi, itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan seputar sejarah dan info tentang Hari Hak Konsumen Sedunia yang wajib untuk kamu ketahui. Ingat ya sobat kamu harus bisa menjadi konsumen yang bijak dan cerdas, akan tetapi kamu juga harus tau bahwa produsen atau penjual juga memiliki hak mereka sendiri. Oleh karena itu cobalah untuk banyak menggali informasi sebelum melakukan sesuatu agar bisa saling menghargai satu sama lain.

Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua. Jangan lupa untuk share artikel ini ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya sobat. Terimakasih sudah membaca, selamat berbelanja dan jadilah konsumen yang bijak serta cerdas !😁

» Thanks for reading Sejarah Dan Info Lengkap Hari Hak Konsumen Sedunia Sebagai Pengingat Perlindungan Konsumen

0 Response to "Sejarah Dan Info Lengkap Hari Hak Konsumen Sedunia Sebagai Pengingat Perlindungan Konsumen"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami