Alasan Kita Tidak Mengingat Kenangan Masa Bayi

Sobat zeropromosi - Siapakah yang masih ingat dengan kenangan saat masa-masa bayi? Umumnya, kita pasti akan begitu sulit mengingat kenangan saat di masa kecil terutama sebelum usia tiga tahun. Ternyata, itu semua ada alasannya.

Alasan Kita Tidak Mengingat Kenangan Masa Bayi
Penasaran kan, Yuk kita simak penjelasan secara ilmiahnya :

1. Karena pertumbuhan sel otak baru yang menghapus kenangan kita di masa kecil

1. Karena pertumbuhan sel otak baru yang menghapus kenangan kita di masa kecil
Peneliti menemukan, pertumbuhan sel otak baru yang menghapus kenangan kita di masa kecil. Ketika usia seseorang bertambah, pertumbuhan sel baru secara efektif menimpa yang sudah ada. Alhasil, kebanyakan orang tak bisa mengingat apa yang terjadi ketika ia berusia dua atau tiga tahun.

2. Amnesia infantil / Amnesia Masa KeciL

2. Amnesia infantil / Amnesia Masa KeciL
Katherine Akers, pemimpin penelitian di Neurobiology Laboratory, Hospital for Sick Children, Toronto, bersama dengan rekan-rekan dari University of Toronto dan Fujita Health University di Toyoake, Jepang, menggunakan tikus dalam penelitian ini. Mereka menemukan mekanisme yang mendasari tak mengingatnya masa kecil dikenal dengan amnesia infantil, yang dipublikasikan dalam Jurnal Science.
"Kebanyakan kita biasanya tak ingat banyak hal tentang apa yang terjadi ketika berusia 2 atau 3 tahun," kata Akers seperti dilansir aaas.org, Senin (12/5/2014).
Akers mencontohkan, ketika anak berumur tiga tahun ia akan antusias menceritakan tentang perjalanannya ke kebun binatang. Tapi, begitu berusia 5 tahun ia tak mengingatnya karena kenangan tersebut begitu cepat dilupakan.

Menurutnya, hippocampus penting untuk memori dan ada beberapa penelitian yang menyebutkan neuron baru mungkin berkontribusi dalam membuat kenangan baru.

Peneliti percaya, dengan adanya neuron baru yang mengintegrasikan ke dalam hippocampus bisa mempengaruhi kenangan yang ada. "Kami berspekulasi bahwa neurogenesis hippocampal tingkat tinggi pada dasarnya tidak kompatibel dengan penyimpanan kenangan yang stabil," katanya.

Paul Frankland, co-penulis laporan di Jurnal Science menjelaskan, temuan ini menunjukkan melupakan hal tertentu mungkin menjadi aspek penting dalam membentuk kenangan baru. "Kami berpikir bahwa sudah waktunya menerima gagasan bahwa melupakan adalah hal yang baik
"Anda tak ingin mengisi kenangan yang tak berguna atau mencampur kenangan lama dengan yang baru. Anda tak ingin mengingat semuanya," kata Frankland.
Amnesia Infantil dikenal dengan amnesia masa kecil. Ini merupakan ketidakmampuan orang dewasa mengingat kenangan dari usia empat tahun atau kurang.

Penelitian telah menunjukkan, anak-anak bisa mengingat peristiwa sebelum usia 3-4 tahun, tapi kenangan itu menurun seiring bertambahnya usia.

Tapi, hingga kini peneliti belum tahu apa penyebab persis kehilangan memori tersebut.

Sumber

» Thanks for reading Alasan Kita Tidak Mengingat Kenangan Masa Bayi

0 Response to "Alasan Kita Tidak Mengingat Kenangan Masa Bayi"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *