Silahkan Bandingkan Harga Kami dengan yang lain! 0877 8185 7176 0877 8186 7176

Ternyata Ini Lho Makna Dari Setiap Ornamen Dekorasi Saat Imlek!

Halo sobat zeropromosi ! Perayaan Tahun Baru Imlek akan tiba dalam beberapa hari lagi, meskipun Imlek merupakan perayaan tahun baru china, di Indonesia sendiri perayaan ini senantiasa dirayakan dengan meriah. Tidak hanya 1-2 hari saja, dari jauh-jauh hari perayaan Imlek di Indonesia sudah mulai bisa kita rasakan karena banyaknya dekorasi dan ornamen khas Imlek yang dipasang di beberapa tempat umum. Mulai dari tempat wisata, toko-toko hingga pusat perbelanjaan besar, warna merah yang mencolok, lentera-lentera bersinar, dan hiasan-hiasan khas Imlek mulai memenuhi berbagai sudut kota.

Ternyata Ini Lho Makna Dari Setiap Ornamen Dekorasi Saat Imlek!

Bukan hanya sekadar dekorasi, setiap ornamen yang dipilih dengan cermat ini membawa makna mendalam yang tercermin dalam nilai-nilai budaya dan tradisi Tionghoa yang diwariskan dari generasi ke generasi. Melalui ornamen-ornamen ini seluruh Masyarakat Indonesia dari berbagai budaya dan suku bangsa juga bisa turut serta merasakan kehangatan dan keceriaan perayaan Ini.

Berhubung tidak semua orang tahu apa tujuan dan makna sebenarnya dari setiap ornamen Imlek, berikut telah minzer rangkum makna dari setiap ornamen Imlek. Yuk cari tahu dan pahami maknanya !

Lentera Merah (HongBao) Bermakna Kemakmuran merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Lentera Merah (HongBao) Bermakna Kemakmuran merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Lentera Merah atau yang sering disebut Hongbao mungkin menjadi salah satu ornamen dekorasi Imlek yang paling banyak kita temui, bukan sekadar hiasan berkilauan semata ternyata lampion ini memiliki makna keberuntungan dan kemakmuran dalam tradisi Tionghoa. Dalam tradisi Tionghoa, warna merah dianggap mampu mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan. Ketika lentera-lentera merah bersinar, mereka diharapkan dapat menyinari langit-langit rumah dan membawa cahaya ke dalam kehidupan keluarga. Dengan penuh kehangatan, lentera merah mengajarkan kita untuk menyambut Tahun Baru dengan hati yang penuh harapan, membuka pintu bagi keberuntungan dan kemakmuran yang melimpah dalam setiap langkah kita.

Angpao Bermakna Keberuntungan Sepanjang Tahun merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Angpao Bermakna Keberuntungan Sepanjang Tahun merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Angpao atau amplop merah yang jadi Bintang saat imlek ini bukan hanya sekedar amplop berisikan uang saja lho. Angpao mengandung makna yang mendalam dalam tradisi Tionghoa dimana ketika seseorang memberikan Angpao kepada yang lebih muda atau yang belum menikah, itu bukan hanya sebagai bentuk hadiah tapi juga sebagai harapan untuk keberuntungan sepanjang tahun. Warna merah yang mendominasi Angpao melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kebahagiaan. Memberikan Angpao di awal Tahun Baru dianggap sebagai langkah baik untuk memastikan bahwa penerima akan menerima keberuntungan dan kemakmuran sepanjang tahun yang baru dimulai. Oleh karena itu, Angpao bukan hanya simbol materi, melainkan juga lambang kasih sayang, perhatian, dan harapan akan kehidupan yang penuh berkah. Selain menggunakan amplop, di era digital banyak Masyarakat yang mulai menggunakan angpao digital melalui uang digital atau e-money custom dengan design imlek yang bisa kamu dapatkan juga di Zeropromosi.

Bunga Meihua Bermakna Kemurnian dan Kesucian merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Bunga Meihua Bermakna Kemurnian dan Kesucian merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Bunga meihua atau plum blossom merupakan salah satu dekorasi imlek yang cukup banyak kita temui terutama di tempat umum seperti mall atau toko-toko. Bunga ini sering dianggap sebagai lambang kemurnian karena kecantikannya yang tetap terjaga bahkan bisa mekar di musim dingin, yang secara simbolis mencerminkan kemampuannya untuk tetap bersih dan suci di tengah tantangan dan kesulitan. Dalam perayaan Imlek, dekorasi dengan bunga meihua bukan hanya sekedar penghias, melainkan juga pengingat akan pentingnya menjaga kemurnian dalam setiap tindakan dan pikiran, serta membawa harapan akan kehidupan yang penuh kesucian dan keberkahan di tahun yang baru. Bunga meihua juga kerap dijadikan ornamen dalam design hampers dan hadiah imlek, baca juga : 10 Rekomendasi Souvenir Imlek Menarik Untuk Kamu disini.

Jeruk Bermakna Keberuntungan Berlimpah merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Jeruk Bermakna Keberuntungan Berlimpah merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Tahukah kamu, dalam bahasa Tionghoa, nama jeruk (chéng ) mirip dengan kata "kekayaan" (, cái), sehingga jeruk dianggap membawa keberuntungan finansial dan kemakmuran. Rasanya yang manis dipercaya membawa kebahagiaan dan kegembiraan ke dalam rumah. Selain itu, jeruk memiliki kulit tebal yang melambangkan ketahanan dan perlindungan terhadap energi negatif. Dengan cara ini, jeruk dijadikan simbol pelindung bagi keluarga, membawa keberuntungan dan keselamatan. Hayoo siapa yang suka banget jeruk pas Imlek ? Rasanya yang manis emang gak pernah mengecewakan ya sobat.

Patung Naga dan Barongsai Bermakna Mengusir Roh Jahat merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Patung Naga dan Barongsai Bermakna Mengusir Roh Jahat merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Next, kamu pasti sering kan menemukan patung naga dan barongsai saat Imlek ? Tidak hanya di tempat umum atau toko-toko, banyak masyarakat keturunan Tionghoa juga memiliki patung Naga (Kamu juga bisa jadikan icon naga sebagai merchandise Imlek, Gantungan Kunci Rubber atau Flashdisk Rubber ini cocok jadi pilihan). Ternyata keduanya tidak hanya berfungsi sebagai hiburan visual, melainkan terdapat makna mendalam dalam tradisi Tionghoa. Kedua elemen ini dipercaya dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan bagi masyarakat yang merayakan. Naga dalam mitologi Tionghoa dianggap sebagai makhluk mitos yang kuat dan melambangkan keberuntungan, kekuatan, dan keberlanjutan. Sedangkan pertunjukan barongsai dianggap memiliki kekuatan untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan ke dalam komunitas atau bisnis yang merayakannya.

Uang Kertas dan Logam Bermakna Kekayaan dan Kemakmuran merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Uang Kertas dan Logam Bermakna Kekayaan dan Kemakmuran merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Hayooo siapa yang masih suka heran ada uang kertas dibakar saat Imlek ? Atau bingung karena selalu ada uang kertas dan logam di dekorasi perayaan Imlek ? Sini-sini minzer jelasin, ternyata memberikan uang kertas imitasi atau uang logam sebagai dekorasi atau hadiah selama Tahun Baru Imlek itu sudah menjadi tradisi yang mencerminkan harapan akan kekayaan dan kemakmuran bagi penerima. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa dengan membawa unsur keuangan ke dalam perayaan, mereka dapat membuka pintu bagi kemakmuran di masa depan. Kalau uang kertas yang dibakar itu beda lagi ya, membakar uang kertas dianggap sebagai cara memberikan "uang" kepada roh-roh leluhur, sehingga mereka dapat mempergunakan "uang" tersebut di alam roh. Dalam keyakinan Tionghoa, memberikan sembahyang uang kertas diharapkan dapat memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi roh-roh leluhur di dunia bawah.

Lukisan atau Kaligrafi Mandarin Bermakna Pesan Kebahagian dan lainnya merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Lukisan atau Kaligrafi Mandarin Bermakna Pesan Kebahagian dan lainnya merupakan salah satu ornamen Imlek yang banyak ditemui

Lukisan atau kaligrafi Mandarin memiliki makna yang mendalam dan filosofis dalam tradisi Tionghoa, terutama selama perayaan Imlek. Aksara Tionghoa yang indah dan rumit tidak hanya menjadi bentuk seni visual, melainkan juga mengandung pesan-pesan kebahagiaan, kemakmuran, dan keberuntungan. Biasanya kaligrafi mandarin dibuat dengan isian pesan kalimat-kalimat singkat yang menyiratkan keberuntungan, seperti "" (fu), yang berarti keberuntungan atau kebahagiaan. Aksara ini sering digunakan dalam lukisan atau kaligrafi sebagai simbol keberuntungan yang mendalam.

Nah sobat zeropromosi itulah arti dan makna dari setiap ornamen yang ada saat imlek, jadi sekarang udah gak bingung lagi yaa kalau lihat ornamen atau dekorasi Imlek. Semoga pesan-pesan positif dari ornamen-imlek ini menghiasi perjalanan kita di tahun yang baru dengan keberuntungan dan kebahagiaan yang melimpah.

Selamat Tahun Baru Imlek! Gong Xi Fa Cai! 😊

» Thanks for reading Ternyata Ini Lho Makna Dari Setiap Ornamen Dekorasi Saat Imlek!

10 Responses to "Ternyata Ini Lho Makna Dari Setiap Ornamen Dekorasi Saat Imlek! "

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami