Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Ubah Trik Marketing Saat Ramadhan!

Halo sobat zeropromosi - Bulan ramadhan telah tiba dan seluruh umat islam akan mulai berpuasa hingga 30 hari lamanya. Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan suci yang selalu dinantikan oleh umat islam. Selain adanya malam lailatul qadr dan dilipat gandakannya pahala yang di dapat, bulan ramadhan juga membawa keberkahan untuk para pebisnis lho. Bagi para pebisnis momen ramadhan adalah moment yang paling ditunggu karena memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan penjualan dan omset. Bukan tanpa alasan, di bulan ramadhan tingkah laku masyarakat jadi berubah dan biasanya aktivitas jual beli mereka jadi lebih tinggi.

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Ubah Trik Marketing Saat Ramadhan!

Perubahan perilaku masyarakat sebagai konsumen akan sangat memengaruhi perkembangan bisnis mu, oleh karena itu banyak perusahaan yang menelaah perilaku konsumen guna mencoba merubah trik marketing yang lebih efektif. Perubahan trik marketing ini sangat dibutuhkan oleh semua pebisnis karena yang namanya bisnis harus selalu mengikuti perkembangan dan kondisi pasar sekarang. Selain itu perubahan trik marketing/kampanye marketing saat ramadhan sangat penting dilakukan dengan beberapa alasan tertentu.

Nah, agar kamu lebih terarah untuk menetapkan trik marketing yang tepat saat ramadhan kali ini zeropromosi akan menjelaskan berbagai alasan mengapa kamu perlu merubah trik marketing mu ketika bulan ramadhan tiba. Biar gak ketinggalan, yuk langsung aja kita bahas artikel berikut ini !

Aktivitas dan Kebiasaan Yang Berubah

Aktivitas dan Kebiasaan Yang Berubah merupakan salah satu alasan mengapa kamu merubah trik marketing saat ramadhan

Hal pertama yang menjadi alasan mengapa kamu sangat perlu melakukan perubahan secara teknis dalam bisnis kamu ketika ramadhan adalah adanya perubahan kebiasaan dan aktivitas konsumen setiap harinya. Yups, di bulan ramadhan setiap orang akan merubah jadwal kegiatan mereka yang akan disesuaikan dengan aktivitas di bulan ramadhan. Seperti misalnya adanya perubahan waktu tidur dan bangun, dimana mereka harus tidur lebih awal agar bisa bangun lebih awal untuk sahur. Selain itu aktivitas mereka juga akan berubah karena menyesuaikan aktivitas di bulan ramadhan, entah untuk berbuka puasa, pergi shalat tarawih dan masih banyak lagi. Sebagai pebisnis tentu kamu harus sadar akan hal ini sehingga kamu bisa menentukan trik marketing seperti apa yang cocok untuk kamu terapkan saat ramadhan. Jika kamu tidak merubah trik marketing mu, maka sudah dipastikan kamu tidak akan menjadi yang dilirik konsumen karena ketidaksesuian bisnis mu dengan mereka. Pastikan kamu mengetahui setiap perubahan yang terjadi yaa, jadikan ini sebagai data awal untuk merubah trrik marketing yang lebih efektif.

Lebih Banyak Menghabiskan Waktu Di Rumah

Lebih Banyak Menghabiskan Waktu Di Rumah merupakan salah satu alasan mengapa kamu merubah trik marketing saat ramadhan

Alasan lain mengapa kamu perlu trik marketing yang baru saat ramadhan adalah kebanyakan orang lebih senang berada di rumah ketika bulan ramadhan karena mereka sedang berpuasa dan tidak ingin membuang banyak tenaga dengan keluar rumah. Terlebih saat in puasa masih harus di damping dengan pandemi covid-19 yang membuat konsumen jadi lebih betah di rumah. Kalaupun banyak yang keluar rumah biasanya mereka lebih memilih keluar di malam hari setelah jam berbuka puasa. Bahkan setelah jam berbuka pun masih banyak lho konsumen yang mager alias males gerak karena sudah merasa lelah beraktivitas saat berpuasa. Inilah akibatnya mengapa mereka lebih senang beraktivitas di rumah selama bulan ramadhan, maka dari itu kamu harus membuat strategi/trik marketing baru yang lebih efektif, dengan memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus keluar rumah. Misalnya dengan membuat website online yang mudah dikunjungi, menyediakan pelayanan pesan antar, melayani pemesanan online dan masih banyak lagi.

Lebih Aktif di Dunia Maya

Lebih Aktif di Dunia Maya merupakan salah satu alasan mengapa kamu merubah trik marketing saat ramadhan

Kamu perlu tahu nih, ketika ramadhan banyak orang menghabiskan waktunya lebih banyak di dunia maya lho. Mereka akan menghabiskan waktu luang mereka dengan bermain sosial media, akses internet untuk mencari tahu info seputar ramadhan dan masih banyak lagi. Hal ini terjadi karena selama berpuasa mereka jadi enggan untuk melakukan banyak aktivitas fisik yang melelahkan, bahkan untuk sekedar keluar rumah di bulan ramadhan saja terkadang mereka enggan. Nah karena inilah mereka lebih memilih untuk aktif di dunia maya dan banyak menghabiskan waktu untuk bermain ponsel. Karena lewat ponsel dan internet mereka bisa mengetahui apapun tanpa harus keluar rumah dan menghabiskan banyak tenaga. Maka dari itu kamu bisa mengakali ini dengan lebih aktif di dunia maya agar bisa dilirik oleh konsumen(Memberikan souvenir berupa aksesoris handphone seperti powerbank bisa menjadi cara tepat agar konsumen selalu mengingatmu ketika ramadhan, klik disini untuk melihat model powerbank yang cocok).

Waktu Mulai Aktifvitas Berubah

Waktu Mulai Aktifvitas Berubah merupakan salah satu alasan mengapa kamu merubah trik marketing saat ramadhan

Masih hampir sama dengan point nomor 2, alasan berikutnya yang membuat kamu harus segera merubah trik marketing mu ketika ramadhan adalah waktu aktif konsumen yang berubah secara siginifikan. Waktu yang dimaksud adalah waktu dimana konsumen mulai beraktivitas entah untuk berkerja ataupun aktif di sosial media. Seperti yang kita tahu sosial media sudah seperti rumah kedua untuk banyak orang sehingga mereka juga banyak menghabiskan waktunya di sosial media. Nah perubahan waktu aktif konsumen juga perlu kamu perhatikan agar kamu bisa menyesuaikan jam promosi yang efektif. Agar kamu tidak salah kamu bisa mencari tahu insight profile sosial media atau website mu dan lihat kapan waktu yang tepat untuk menyuguhkan konten atau sekedar promosi produk online. Jangan lupa untuk mencatat dan buat jadwal yang baru agar kamu tidak salah menggunakan trik marketing.(Gunakan buku agenda khusus seperti ini untuk mencatat jadwal dan strategi marketing mu agar tidak tertukar apalagi lupa)  

Lebih Suka Belanja Online

Lebih Suka Belanja Online merupakan salah satu alasan mengapa kamu merubah trik marketing saat ramadhan

Kebiasaan untuk belanja online mungkin sudah ada sejak beberapa tahun terakhir ini ya sobat, tapi tahukah kamu ternyata intensitas belanja online di bulan ramadhan itu 2 kali lebih banyak dari hari biasa lho. Hal ini karena kebutuhan di bulan ramadhan umumnya lebih banyak dan banyak orang malas untuk pergi keluar. Karena ini lah konsumen lebih memilih untuk membeli keperluan mereka via online, apalagi sekarang belanja online lebih mudah dan menghemat waktu. Nah kalau kamu masih bersikeras untuk offline mungkin bisa coba beralih ke online khusus di bulan ramadhan karena seperti di point-point sebelumnya, konsumen lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya . Jadi gak ada salahnya kan kalau kamu coba merubah trik marketing mu ke era digitalisasi karena jangkauannya pasti lebih luas.

Tidak Mementingkan Harga

Tidak Mementingkan Harga merupakan salah satu alasan mengapa kamu merubah trik marketing saat ramadhan

Hayooo siapa nih yang dapat thr saat ramadhan jelang idul fitri ? Nah kalau kamu dapat thr apa sih yang akan kamu lakukan ? Pasti belanja barang yang diinginkan bukan. Sama halnya seperti konsumen mu, rata-rata mereka akan mendapatkan tunjangan hari raya sehingga di bulan ramadhan mereka tidak begitu melihat harga baran tapi yang mereka lihat adalah kualitas barang. Hal ini jelas terjadi karena mereka ingin mendapatkan dan menggunakan yang terbaik untuk hari raya nanti. Jadi pastikan kamu menyesuaikan trik marketing mu dengan alasan yang satu ini ya. Jangan sampai kamu menurunkan harga produk secara tak wajar karena mereka akan menganggap produk mu itu kurang berkualitas.

Euforia Ramadhan Dirasakan Setahun Sekali

Euforia Ramadhan Dirasakan Setahun Sekali merupakan salah satu alasan mengapa kamu merubah trik marketing saat ramadhan

Alasan terakhir mengapa kamu harus merubah trik marketing kamu saat ramadhan adalah suasana/moment ramadhan yang hanya akan dirakan 1 tahun sekali. Konsumen khususnya umat islam tentu tidak ingin ketinggalan moment ramadhan yang istimewa ini, sehingga sebagai pebisnis kamu perlu merubah trik marketing mu yang lama dengan cara membuat ramadhan ini jadi lebih berbeda. Kamu bisa memberikan sesuatu yang berbeda di bulan ramadhan kali ini agar konsumen merasa tidak ingin ketinggalan karena euforianya hanya bisa dirasakan setahun sekali. Misalnya kamu bisa mengadakan kampanye/trik marketing berupa konten-konten ramadhan, mengadakan promo spesial ramadhan dan memberikan merchandise khusus ramadhan seperti Tumbler T88 Idul Fitri atau Powerbank Idul Fitri ini untuk setiap konsumen yang melakukan transaksi.  

Nah sobat zeropromosi, itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu merubah trik marketing kamu di bulan ramadhan. Jadi mumpung masih awal ramadhan, kamu bisa merubahnya dari sekarang agar penjualan dan brand awareness kamu juga meningkat. Pastikan kamu memikirkan dengan matang strategi/trik marketing yang ingin kamu gunakan ya. Pastikan setiap langkahnya bisa disesuaikan dengan aktivitas konsumen di bulan ramadhan. Jangan sampai nanti kamu jadi salah langkah karena kurang memahami konsumen.

Sekian artikel yang kami tulis semoga bisa menginspirasi dan bermaanfaat untuk kalian semua ya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ke teman dan partner bisnis kamu agar mereka gak ketinggalan info ini. Terimakasih sudah membaca dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan bagi sobat zero yang menjalankan ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya !😁

» Thanks for reading Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Ubah Trik Marketing Saat Ramadhan!

21 Responses to "Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Ubah Trik Marketing Saat Ramadhan!"

  1. wah iya bener banget nih

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  3. Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  4. Bener bgtt nih

    BalasHapus
  5. Boleh jugaa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  6. Boleh juga nih

    BalasHapus
  7. Bener nih , thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  8. Wahh terimakasihh infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  9. Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  10. Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  11. Balasan
    1. semoga bermanfaat ya. terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami