Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?

“Buanglah sampah pada tempatnya.”

Kalimat ini bukanlah kalimat asing bagi kita semua. Kalimat yang sudah ditanamkan sejak kecil oleh orang tua ataupun guru pada diri kita, agar kita lebih menghargai akan betapa pentingnya menjaga lingkurangan agar tetap bersih, rapih dan juga asri.

Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?
Apakah setiap hari kita menghasilkan sampah? Pasti dan jumlahnya pun tidak sedikit. Contohnya membeli sebungkus roti pasti kita akan menghasilkan sampah plasik. Lalu ketika kita membeli minuman, setelah kita melepas dahaga pasti kita akan membuat sampah plastic atau bahkan kaleng dari botol minuman tersebut. Dan pastinya masih banyak aktivitas yang kita lakukan sehari-hari yang menghasilkan sampah lingkungan.

Karena tahu bahwa setiap hari setiap orang menghasilkan sampah dimanapun ia berada, entah itu dijalan, mall, kantor, sekolah dan lain sebagainya, maka dari itu tempat sampah sangatlah diperlukan. Agar sampah dibuang pada tempatnya dan tidak berserakan dimana-mana.

Tetapi sekalipun tempat sampah sudah ada, mengapa masih banyak orang membuang sampah sembarang alias tidak pada tempatnya? Jika beralasan dengan,
“tempat sampahnya jauh.”
“disini engga ada tempat sampah.”
“Lha orang lain juga buang sampahnya disini kok.”
Bung, apa salahnya jika kita menyimpan sementara sampah tersebut hingga kita menemukan tempat sampah untuk membuangnya? Bukankah itu lebih baik dibaik ketimbang membuangnya disembarang tempat yang akhirnya menggangu kebersihan dan keasrian lingkungan. Jangan hanya karena orang lain membuang sampah sembarangan, kita pun juga melakukan hal yang sama.

Sedih memang melihat dengan mudahnya orang membuang sampah dengan sembarangan bahkan ditempat yang jelas-jelas sudah ada plang atau tanda peringatan DILARANG MEMBUANG SAMPAH DISINI! Kesadaran setiap orang tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya memang perlu ditingkatkan, jika perlu saling mengingatkan satu sama lain.
Lalu kenapa membuang sampah pada tempatnya itu sangat penting? Dan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?

1) MENJAGA KEBERSIHAN DAN KEASRIAN LINGKUNGAN.

Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?
Bagaimana jika lingkungan sekitar penuh dengan sampah berserakan? Pasti diri kita merasa risih begitu melihatnya bukan? Merasa tidak nyaman karena tempatnya begitu kotor, tidak enak dipandang. Terlebih jika ditempat rekreasi atau wisata, melihat banyak sampah yang tidak dibuang pada tempatnya bisa merubah mood liburan atau citra kamu terhadap tempat tersebut.
Itulah salah satu alasan kenapa membuang sampah pada tempatnya itu penting. Jika kebersihan lingkungan sekitar terjaga maka keasriaan, keindaan dan kenyamanannya pun akan ikut terjaga pula. Siapa sih yang bakal seneng kalo melihat lingkungan bersih? Kita juga bukan?
Yang menikmati keasriaan juga kita juga kan?

2) MEMUDAHKAN DALAM PENDAURAN ULANG.

Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?
Sampah merupakan limbah yang dibuang / terbuang dari aktivitas manusia ataupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Kenapa belum? Karena jika diolah sampah tersebut bisa menghasilkan nilai ekonomis yang sangat bermanfaat. Proses ini yang disebut dengan daur ulang sampah.
Dan apa hubungannya dengan “buang sampah pada tempatnya” dengan “daur ulang sampah” ? Karena tidak semua sampah itu bisa didaur ulang.
Membuang sampah pada tempatnya dan sesuai ketegorinya akan sangat mempermudah dalam memilih sampah yang akan didaur ulang dan mana yang harus dihancurkan.

3) MENCEGAH TERJADINYA BANJIR.

Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?
Sudah berapa kali kalian mendengar,”Jangan buang sampah sembarangan, nanti bikin banjir?”
Udah pasti sering!
Terlihat sangat sepele hanya karena kita tidak membuang sampah pada tempatnya bisa menyebabkan banjir. Tapi tumpukan sampah yang berserakan entah itu diselokan atau parit, bisa menyumbat saluran air. Apalagi jika dengan sengaja membuang sampah disungai, tumpukan sampah yang semakin banyak bisa membuat saluran air terganggu alias tersumbat. Puncaknya adalah saat musim hujan tiba, saluran air yang tidak lancer akibat tersumbat sampah meluap dan mengakibatkan banjir. Jadi jangan heran kala banjir tiba banyak membawa sampah.
Saya yakin tidak ada yang suka jika banjir terjadi, maka dari itulah mari kita cegah itu dengan kebiasaan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.

4) MENCEGAH BAU TIDAK SEDAP.

Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?
Coba bayangkan saja jika sampah berserakan, dibiarkan menumpuk begitu saja selain membuat kotor, baunya pun pasti sangat menganggu. Memangnya kamu akan tahan dengan bau-bau sampah yang sangat menyengat?
Salah satu manfaat yang dihasilkan dengan membuang sampah pada tempatnya adalah mencegah bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh sampah. Dan juga mencegah timbulnya bibit-bibit penyakit akibat tidak terawatnya pembuangan sampah.

5) MENCEGAH KERUSAKAN PADA TANAH DAN AIR.

Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?
Mungkin ini banyak orang yang tidak tahu, membuang sampah sembarangan bisa merusak tanah dan juga air. Karena beberapa jenis sampah seperti logam dan sampah kimia yang dibuang secara sembarangan bisa merusak kesuburan tanah dan juga mencemari kandungan air.
Tanah dan air merupakan salah satu penompang kehidupan manusia, jika mereka terganggu maka kelangsungan hidup manusia pun akan ikut terganggu.
Maka dari itu untuk mengurangi tingkat pencemaran sampah pada air dan tanah, marilah kita senantiasa membuang sampah pada tempatnya.

Membuang sampah pada tempatnya bukanlah sesuatu sulit dilakukan sebenarnya, sesuatu hal kecil namun memiliki dampak yang begitu besar bagi lingkungan. Mari kita biasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, mari kita jaga keasrian dan keindahan lingkungan dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Semoga bermanfaat
Butuh souvenir? Ingat zeropromosi!
Penulis : Maya

» Thanks for reading Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya?

0 Response to "Mengapa kita harus buang sampah pada tempatnya? "

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *