Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Tubuh Anda

Sobat zeropromosi - Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat amat penting, meski bukan sesuatu yang mewah tapi tidur sesuatu yang berharga. Dan sudah suatu keharusan untuk melakukannya.

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Tubuh Anda
Tidur adalah waktu dimana kita mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah seharian berkecimprung dengan aktivas yang melelahkan dan menguras tenaga. Mengingat tidur adalah hal yang begitu penting, enggak heran banyak orang yang mengatur waktu tidur mereka sebaik mungkin. Misalnya saja harus tidur selama 8 jam tidak boleh kurang, atau jam 10:00 malam harus sudah tidur dan masih banyak lagi.

Namun masih banyak orang pula yang mengabaikan waktu tidur mereka, dalam artian pola tidur mereka tidak teratur. Misalnya saja begadang sampai larut malam dan hanya tidur dalam beberapa jam saja. Kedengarannya sepele hanya kekurangan waktu tidur, efeknya yang ketara jelas pastilah akan mengantuk.
Tetapi kekurangan waktu tidur memiliki dampak atau efek yang cukup besar dalam kesehatan tubuh dan efek yang ditimbulkan ini tidaklah langsung Nampak seperti mengantuk. Efek ini secara tidak sadar akan terus bertambah besar hingga menjadi boomerang jika kita terus menerus kekurangan tidur.
Dan berikut merupakan efek atau dampak buruk akibat kekurangan tidur yang perlu kita ketahui :

1. KURANG TIDUR MEMBUATMU RENTAN SAKIT.

KURANG TIDUR MEMBUATMU RENTAN SAKIT.
Tahukah kamu sewaktu kita tidur, maka system kekebalan tubuh kita akan menghasilkan protein-protein yang disebut dengan cytokines. Cytokines ini berfungsi melawan infeksi, peradangan dan stress dalam tubuh.
Maka secara otomasi jika kita kurang tidur, produksi cytokines juga akan menurun. Hingga akhirnya system kekebalan tubuh tidak memiliki kemampuan lebih untuk melawan infeksi yang menyerang dan membuat kita jatuh sakit.

2. KURANG TIDUR MEMBUAT KITA TERKENA PENYAKIT SERIUS.

KURANG TIDUR MEMBUAT KITA TERKENA PENYAKIT SERIUS
Sekali lagi ini kedengarannya hanya masalah sepele, tapi kurang tidur tidak hanya membuat kita rentan terkena penyakit kecil misalnya saja flu. Namun penyakit serius juga menyerang kita hanya karena kekurangan tidur.

Penyakit serius itu diantaranya adalah penyakit jantung. Tubuh memiliki kemampuan dalam memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah dan jantung, dan yang memiliki peran cukup pentin dalam proses perbaikan tersebut adalah dengan tidur. Maka jangan kaget jika mengetahui fakta bahwa orang yang sering kurang tidur, berisiko tinggi terkena penyakit jantung.
Penyakit serius lainnya yang bisa ditimbulkan karena kurang tidur adalah diabetes, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker.

3. KURANG TIDUR BISA MEMBUAT PENUAAN DINI !

KURANG TIDUR BISA MEMBUAT PENUAAN DINI
Buat cewek-cewek yang lebih memilih kekurangan tidur demi menonton drama secara marathon, hati-hati yah itu bisa membuatmu mengalami penuaan dini dan menaikkan berat badan?
Lho kok bisa?

Iya bisa, lingkaran hitam dibawah mata, kulit pucat dan garis-garis dihalus diwajah yang biasanya terlihat kalau kita sehari kurang tidur akan menjadi permanen jika kita terus-terusan kurang tidur. Terlebih kurang tidur membuat kita merasa lelah dan stress, yang membuat hormone kortisol berkembang pesat. Hormon kortisol ini yang memecah protein didalam kulit hingga membuatnya elastic dan penurunan pada kehalusan kulit.

4. KURANG TIDUR BISA MEMBUAT BERAT BADAN NAIK HINGGA TAHAP OBESITAS?

KURANG TIDUR BISA MEMBUAT BERAT BADAN NAIK HINGGA TAHAP OBESITAS
Jangan kira cuma makan saja yang bisa membuat berat badan naik, kurangnya waktu tidurpun bisa menaikkan berat badan bahkan bisa sampai tahap obesitas.
Ketika kita kurang tidur maka proses pengubahan asam amino menjadi otot kurang lancer sehingga membuatnya menjadi asam lemak dan menumpuk pada tubuh.

5. KURANG TIDUR BISA MENGURANGI DAYA INGAT.

KURANG TIDUR BISA MENGURANGI DAYA INGAT
Mengantuk adalah hal wajar yang terjadi jika kita kurang tidur tapi tahukah kamu jika mengantuk bisa menjadi penyebab orang mudah lupa?
Karena konsentrasi kita akan menurun ketika mengantuk.
Dan sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang memiliki waktu tidur secara singkat bisa membuat kinerja otak menurun dalam berfikir dan juga mengolah informasi.
Koneksi saraf dalam ingatan seseorang akan mengalami penguatan sewaktu tidur, jika waktu tidur terganggu kemampuan otak dalam mengolah atau menyimpan suatu ingatan pasti juga akan terganggu.

Jagalah pola tidur kalian dengan baik, jangan sampai hanya karena kekurangn waktu yang singkat membuat tubuh kita terserang banyak penyakit. Bukannya kita sendiri yang senang jika memiliki tubuh yang sehat.

Penulis : Maya

» Thanks for reading Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Tubuh Anda

0 Response to "Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Tubuh Anda"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Klien Kami