Hati-hati, Kebiasaan Buruk Penyebab Tipes

Sobat zeropromosi apakah Ada yang pernah ngalamin sakit tipes gak gengs? Gimana tuh rasanya? Yang pasti enggak enaklah namanya juga sakit. Sewaktu kalian didiagnosa kena penyakit ini, kepikiran enggak kenapa bisa kena tipes? Padahal kalian ngerasa cuman demam, pusing dan mual seperti pada umumnya.

Hati-hati, Kebiasaan Buruk Penyebab Tipes
Kalian juga penasaran enggak kenapa orang mudah sekali diagnosa terkena penyakit tipes? Mau itu anak kecil, remaja, dewasa bahkan orang tua sekalipun bisa mengidap penyakit ini.

Penyakit tipes sendiri disebabkan oleh salah satu bakteri yang disebut Salmonella typhi. Bakteri ini bisa mengkontaminasi suatu makanan atau minuman, jika itu masuk kedalam pencernaan dan bertambah banyak maka hal itu bisa menimbulkan gejala penyakit tipes. Gejala itu seperti demam tinggi, diare, nyeri perut dll.

Tapi tahukan kalian meskipun disebabkan oleh bakteri nyatanya penyakit tipes bisa timbul karena kebiasaan kita sehari-hari yang selama ini enggak kita sadari jika itu merupakan cikal bakal penyakit tipes datang. Kebiasan ini harus kita perhatikan mulai sekarang jika kita tidak mau terkena penyakit tipes.

Kebiasaan yang pertama penyebab tipes : JAJAN SEMBARANGAN!

Kebiasaan yang pertama penyebab tipes : JAJAN SEMBARANGAN!
Bruh kalo udah urusan jajan siapa yang bakal nolak sih? Semua orang mah bakal iya-iya aja kalo diajak jajan. Tapi biarpun begitu jangan asal aja kalo jajan.
Jangan pernah lupa untuk memperhatikan tempat makan dan cara penyajiannya, karena bakteri salmonella bisa aja menempel di makanan atau minuman kamu kalo penyajiannya enggak higenis alias jorok.

Belum lagi nih kalo kamu keseringan jalan-jalan buat jajan sembarangan disaat kondisi daya tahan tubuh kamu kurang fit. Hemm siap-siap aja deh penyakit tipes siap mendatangimu.

Kebiasaan yang kedua penyebab tipes : MENGONSUMSI AIR MINUM YANG KOTOR ATAU BELUM DIMASAK.

Kebiasaan yang kedua penyebab tipes : MENGONSUMSI AIR MINUM YANG KOTOR ATAU BELUM DIMASAK.
Kalo kita udah tahu air minumnya masih mentah alias belum dimasak, ataupun udah keliatan kotor, pasti deh kita enggak bakal minum. Tapi point masalahnya adalah kita enggak selalu tahu apakah air yang akan minum itu beneran udah dimasak ataupun belum?
Misalnya aja nih kalo kita lagi beli minuman dingin atau es, kita tidak tahu apakah es batu yang digunakan berasal dari air mentah atau bukan?
Minuman yang berasal dari air kotor/mentah bisa terkontamasi oleh bakteri Salmonella, jika sudah masuk ketubuh kita maka peluang untuk terkena penyakit tipes makin besar.

Kebiasaan yang ketiga penyebab tipes : TIDAK MEMPERHATIKAN KEBERSIHAN SEWAKTU MAKAN!

Kebiasaan yang ketiga penyebab tipes : TIDAK MEMPERHATIKAN KEBERSIHAN SEWAKTU MAKAN!
Sebagai pengingat, bakteri Salmonella memang bisa menempel pada minuman dan makanan yang disajikan secara tidak higenis.
Tapi jika makanan dan miniman sudah tersaji secara higenis apa berarti kita bebas dari bakteri itu? Jawabannya tidak jika diri kita sendiri tidak menjaga kebersihan sewaktu makan.
Itulah salah satu pentingnya kita mencuci tangan sebelum makan, karena itu merupakan salah satu pencegahan awal untuk menghalangi bakteri Salmonella masuk ketubuh.
Karena kalo kita sudah terinfeksi, bakteri salmonella bisa bertahan pada urin lho.

Kebiasaan yang Keempat penyebab tipes : MENGGUNAKAN TOILET YANG KOTOR.

Kebiasaan yang Keempat penyebab tipes : MENGGUNAKAN TOILET YANG KOTOR.
Siapa sih yang suka pakai toilet kotor? Risih kan pasti kalo lihat toilet gak bersih?
Kedengarannya simple sih cuma karena toilet kotor tapi siapa sangka sih kalo itu bisa mendatangkan bakteri Salmonella penyebab penyakit tipes?
Jadi gini gengs, bakteri salmonella bisa bertahan pada urin atau tinja orang yang sudah terinfeksi. Kalo kita tidak bisa menjaga kebersihan sewaktu menggunakan toilet, yang awalnya kita sehat bisa terkena tipes juga lho.
So penting banget kita mencuci tangan setelah menggunakan toilet, gunakan cairan antiseptik juga untuk memastikan kebersihan toilet.

Namanya penyakit mau itu penyakit umum atau udah specialis, kita enggak boleh namanya ngeremehin. Begitupun dengan penyakit tipes ini, terkesan penyakit umum tapi jika kita abaikan begitu saja bisa berakibat fatal nantinya. 

Karena penyakit tipes jika sudah dalam tahap kronis bisa menyebabkan pendarahan pada usus dan berlubang. 
Pada enggak mau kan? Yuk mari lebih memperhatikan kebersihan dan pola hidup supaya lebih sehat.

Kalo kalian sudah merasakan gejala tipes seperti demam tinggi, mual, pusing, nyeri perut jangan ragu buat pergi ke dokter ya!
Penulis : Maya

» Thanks for reading Hati-hati, Kebiasaan Buruk Penyebab Tipes

0 Response to "Hati-hati, Kebiasaan Buruk Penyebab Tipes"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu dan kami akan merespon secepatnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *