4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu

Zeropromosi - Pede memang nggak pernah tidur. Tapi, sering juga kita merasa kalau pede sudah ditelan bumi, menghilang entah ke mana dan nggak ada sisa. Kita jadi betul-betul nggak pede dalam hal apa pun. Padahal, apa yang akan kita kerjakan bukan hal berat yang membutuhkan pede tingkat tinggi.

4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu
Terkadang, kayak ada suara-suara dikepala yang membisikkan kalau kita nggak mampu dan nggak layak mengerjakan sesuatu. Parahnya, bisikan itu juga melemahkan dengan bilang sesuatu itu akan gagal kalau kita yang mengerjakannya. Bisikan-bisikan itu membuat pede kita jatuh sampai ke jurang paling dalam. Wuah, bahaya! Kalau selalu berpikir begitu, kita nggak akan pernah maju.

Supaya pede, cara paling simple adalah dengan mengubah definisi diri. Bukan berarti definisi sebagai seorang pelajar dengan nama A harus diubah menjadi orang lain. Tapi, bagaimana menciptakan definisi diri positif.

Berikut cara-cara yang bisa lakukan untuk mewujudkan hal itu:

1. Membuat kesimpulan yang positif tentang diri sendiri, atau membuat opini yang positif. 

4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu
Positif disini artinya bisa mendorong atau membangun, bukan merusak atau menghancurkan.

2. Belajar melihat bagian-bagian positif, kelebihan, dan kekuatan yang kita miliki.

4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu

3. Berdialog dengan diri sendiri tentang hal-hal positif yang bisa kita lakukan

4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu
dari mulai yang paling kecil, dan dari mulai yang bisa kita lakukan hari ini. Eh, tapi jangan melakukannya dengan suara keras ya, karena nanti bisa dituduh yang nggak-nggak sama orang lain.

4. Menghentikan opini diri negatif yang muncul. 

4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu
Misalnya, aku nggak punya kelebihan apa-apa selain kelebihan berat badan, hidup nggak berharga, atau aku Cuma beban masyarakat (eh, ini sih malah kepedean, ya. Belum tentu juga masyarakat betul-betul terbebani). Nah, setelah menghentikan pikiran negatif itu, tugas kita adalah menggantikan dengan yang positif, konstruktif, dan motivatif.

Oh iya, memperjuangkan keinginan yang positif juga penting buat membangun rasa percaya diri kita. Semakin banyak hal positif yang sanggup kita wujudkan, semakin kuatlah rasa percaya diri kita. Prinsipnya, kita hanya akan menjadi lebih baik dengan cara melakukan sesuatu yang baik buat kita. Titik.

Pede juga bisa diperkuat dengan cara memberikan bukti kepada diri sendiri bahwa kita ternyata berhasil mengatasi masalah. Semakin banyak masalah yang sanggup kita selesaikan, semakin kuatlah rasa percaya diri kita. Lama kelamaan, kita menjadi orang yang nggak mudah minder ketika menghadapi masalah.


Gandhi punya cara yang bisa kita tiru ketika menghadapi banyak permasalahan. Gandhi berkata,”Ketika putus asa, maka saya selalu ingat bahwa sepanjang sejarah, jalan yang ditempuh dengan kebenaran dan cinta selalu menang. Ada beberapa tirani dan pembunuhan yang sepintas sepertinya menang, tetapi akhirnya kalah. Pikirkan ucapan saya ini, SELALU”. Artinya, kepercayaan Gandhi tumbuh lagi setelah mengingat bahwa langkahnya sudah dilapisi oleh prinsip-prinsip yang benar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya
Sumber : Buku Let’s Grow up for girl

» Thanks for reading 4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu

0 Response to "4 cara membangun kepercayaan diri & tidak pemalu"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu