Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah

Zeropromosi - Lebaran Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi, mungkin sebagian dari kita sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) atau masih dalam proses penantian turunnya THR.

Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah
Di hari lebaran umumnya pengeluaran pasti meningkat dari hari biasanya karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi saat hari raya lebaran. Dan dengan adanya uang THR menjadi kesempatan untuk memenuhi pengeluaran di hari lebaran. Uang THR perlu dipakai dengan bijak supaya manfaatnya bisa dirasakan sehingga uang yang kita terima tidak berlalu begitu saja.

Dan itu sebabnya penulis berbagi tips cara mengelola uang THR dengan bijak:

1. Buat anggaran

Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran. Penting sekali adanya anggaran khusus Lebaran, anggarkan/rencanakan dengan bijak uang THR anda. Biaya apa saja yang dikeluarkan untuk lebaran misalnya, membayar zakat, sedekah, makanan minuman, THR untuk saudara jika memang terbiasa melakukan hal ini, pakaian,dll.

2. Tentukan skala prioritas

Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah
Menentukan mana yang lebih penting atau yang lebih utama untuk dibayar/beli. Jika punya hutang tentu prioritaskan membayar hutang, jika ada asisten rumah tangga maka bayarkan THR sesuai dengan ketrampilan pekerjaannya. Yang tidak terlalu penting maka hindari untuk mengeluarkan sejumlah Uang THR anda karena ada yang lebih penting yaitu investasi nanti akan dibahas di point no.4

3. Jangan tergiur dengan diskon besar.

Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah
Saat menjelang hari Raya lebaran di semua toko dan mall ada banyak diskon besar-besaran yang ditawarkan kepada calon pembeli/pengunjung mall dan toko. Walaupun diskonnya sangat besar tetapi jika kita berbelanja secara berlebihan atau berbelanja yang sebenarnya tidak perlu maka tanpa kita sadari kita sudah boros dan menghabiskan uang THR kita. Itu sebabnya jangan pernah tergiur dengan diskon besar-besaran. Jika memang ada diskon maka belanjalah sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita malah itu akan menghemat uang THR kita.

4. Investasi / Tabungan

Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah
Walau di hari lebaran membuat pengeluaran kita sedikit berlebih dibanding biasanya tapi bukan berarti tidak bisa menabung. Jika semua diatur dan kelola dengan baik maka kita tetap bisa menabung malah bertambah anggaran untuk menabung karena ditambah bonus THR. Tidak sedikit juga beberapa orang yang memakai uang THR sebagai modal untuk menjalankan usaha kecil. Manfaatkan uang THR ini untuk menabung dengan jumlah lebih guna keperluaan masa depan.

Prinsipnya jika keuangan diatur dengan baik dan benar melalui membuat anggaran dan disiplin mengikuti anggaran yang telah kita buat maka kita akan menjadi orang yang bijak dalam mengelola keuangan. Bahkan memaximalkan dalam setiap berkah yang dipercayakan kepada kita.

Semoga tips ini bermanfaat bagi para pembaca.

» Thanks for reading Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah

0 Response to "Tips mengelola uang THR dengan bijak agar Lebih Berkah"

Posting Komentar

Komentar anda sangat membantu