Ini Lho Isi Kotak Seserahan / Hantaran Pernikahan dan Lamaran

zeropromosi - apa saja Isi Kotak Seserahan / Hantaran Pernikahan dan Lamaran? itu adalah pertanyaan yang pasti selalu ditanyakan oleh calon pengantin. Seserahan itu sebenarnya merupakan simbolisasi dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab ke pihak keluarga wanita.

 Ini Lho Isi Kotak Seserahan / Hantaran Pernikahan dan Lamaran
Untuk adat istiadat Jawa, seserahan biasanya diberikan pada saat malam midodareni atau untuk adat istiadat Sunda, seserahan biasanya diberikan pada saat ngeuyeuk seureuh. Namun tak jarang yang memberikan seserahan pada saat akad nikah.

Lantas apa saja isi dari hantaran tersebut? Nih kebetulan zeropromosi udah merangkumnya menjadi 7 Seserahan / hantaran pernikahan yang wajib di berikan oleh pihak laki-laki ke pihak perempuan :

Isi seserahan untuk calon pengantin wanita:

Ini Lho Isi Kotak Seserahan / Hantaran Pernikahan dan Lamaran
1. Perlengkapan beribadah
Hal ini tentu sesuai dengan agama yang kamu dan pasangan anut. Untuk pasangan muslim, biasanya calon pengantin wanita akan diberikan mukena, sajadah dan juga tasbih.
2. Pakaian lengkap, tas dan sepatu
Jenis pakaian yang diberikan biasanya tergantung kesepakatan bersama. Beberapa calon pengantin wanita memilih untuk diberikan kebaya dengan kain batik atau songket untuk bawahan, tetapi ada juga yang memilih dress. Tak jarang juga ada yang meminta untuk dibelikan pakaian kerja saja. The choice is yours! Banyak juga yang menambahnya dengan tas (bisa tas sehari-hari atau clutch pesta) dan juga sepatu.
3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
Isi dari kotak perlengkapan mandi ini biasanya terdiri dari shampo, kondisioner, pasta gigi (odol), sikat gigi, sabun, lulur dan juga handuk serta facial wash atau biasa disebut sabun wajah dan hal lainnya yang biasa kamu gunakan untuk merawat tubuhmu.
4. Perlengkapan Make Up
Selain perlengkapan mandi, si pria juga wajib membawakan perlengkapan make up untuk peningset dalam bahasa jawa. Yaitu berisikan lipstik, bedak, foundation, blash on, parfum, eyeliner, eyeshadow.
5. Perhiasan
Perhiasan di sini berbeda dengan cincin pernikahan. Biasanya perhiasan yang diberikan sudah satu set mulai dari kalung hingga anting. Pada pernikahan adat Jawa, biasanya perhiasan yang dipilih adalah perhiasan yang terbuat dari emas, intan, atau berlian. Hal ini memiliki makna agar sang calon mempelai wanita selalu bersinar dalam kehidupannya.
6. Makanan
Untuk makanan bisa berupa kue-kue kering, atau lebih baik lagi seperti jadah, jenang, wajik yang lengket-lengket gitu deh. Kata orang Jawa sih biar selalu lengket dengan pasangan. Hihihi..
Saran dari kami, pilihlah makanan yang kamu memang sukai agar tidak mubazir!
7. Buah-buahan
Terus untuk buah, ada 2 buah jeruk gulung sebagai lambang telah gemulung (bertekad bulat). Pisang ayu sebagai lambang sedyo rahayu (sejahtera).
Pilihlah buah-buahan yang memang disukai oleh kamu dan keluargamu. Sedikit tips dari kami, janganlah meminta buah dengan ukuran besar, seperti semangka. Sebenarnya tidak ada alasan khusus, tapi pasti akan berat banget untuk dibawa! Hehe.

pada prinsipnya, barang yang diberikan adalah barang yang memang dibutuhkan dan akan digunakan oleh pengantin wanita. Jumlahnya pun sangat ditentukan oleh kebutuhan dan dana yang tersedia.

Isi seserahan untuk calon pengantin pria:

Ini Lho Isi Kotak Seserahan / Hantaran Pernikahan dan Lamaran
1. Perlengkapan beribadah
Bisa hanya sarung dan sajadah atau juga ditambah dengan baju koko. Your choice!
2. Pakaian lengkap dengan tas dan sepatu
Nah biasanya untuk pria bisa diberikan kemeja batik atau jas dengan kemejanya. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti belt atau cufflink.
3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
4. Makanan
5. Buah-buahan


Satu hal yang harus diingat, jumlah kotak seserahan tergantung dari kesepakatan kedua calon pengantin. Jadi bukan berarti kotak seserahan harus berjumlah 7 lho! Balik lagi kembali ke budget. Kalau aku siih yaaah kurang lebih segitu lah yaaa..

» Thanks for reading Ini Lho Isi Kotak Seserahan / Hantaran Pernikahan dan Lamaran

0 Response to "Ini Lho Isi Kotak Seserahan / Hantaran Pernikahan dan Lamaran"

Post a Comment

Komentar anda sangat membantu

back to top