Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?

zeropromosi - Bagaimanakah Anda mendefinisikan 'kedewasaan'? Apakah dengan tubuh yang semakin bertumbuh besar, usia ataukah pencapaian hidup?

Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?

Ada banyak definisi tentang 'kedewasaan'. Secara umum, kedewasaan adalah titik dimana seseorang menyadari apa yang terjadi di sekitarnya, mampu memutuskan apa yang terbaik bagi dirinya dan orang lain serta mampu menempatkan diri dengan baik. Lalu, terkadang muncul pertanyaan dalam diri kita, "Sudahkah aku dewasa di usiaku saat ini?". Untuk menjawabnya, yuk renungkan tanda-tanda kedewasaan berikut ini:

1. Sedikit Bicara, Banyak Mendengarkan

Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?
Manusia diciptakan dengan satu mulut dan dua telinga, yang artinya kita diciptakan untuk mendengar lebih banyak daripada bicara. Memang bicara tentang diri sendiri akan lebih menyenangkan ketimbang menahan diri saat mendengarkan orang lain bicara. Jika Anda mulai bisa mendengarkan orang lain daripada membicarakan diri sendiri, inilah saat Anda mulai berpikir dewasa.

2. Belajar Bertanggung Jawab

Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?
Sebagai manusia, kita memainkan berbagai peran dalam kehidupan. Tiap peran memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Belajar bertanggung jawab artinya dapat bertindak sesuai dengan peran diri di masyarakat. Tak ada yang bisa menghindarinya, ini akan menjadikan Anda manusia yang lebih dewasa.

3. Berkompromi, Tak Hanya Berargumen

Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?
Ada saatnya Anda merasa argumen Anda yang benar dan harus dipertahankan. Ya, hal ini memang baik. Tetapi jika memaksakan argumen Anda untuk menang, barangkali justru akan kehilangan orang-orang dan kepercayaan di sekitar Anda.

Dengan berkompromi, Anda menempuh jalan memenangkan hati orang lain dan memberikan ruang orang lain untuk berpendapat. Hal ini tentunya akan membuat pengalaman Anda lebih kaya akan sudut pandang orang lain dan menjadikan Anda lebih dewasa.

4.Merencanakan Masa Depan

Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?
Tak dapat dipungkiri, saat dewasa kita harus mengatur segalanya untuk diri kita sendiri. Termasuk urusan finansial. Menabung adalah hal yang sulit, tetapi mau tak mau Anda harus memaksa diri Anda untuk melakukannya. Dengan menabung, Anda tak hanya dapat menahan diri dari nafsu menghambur-hamburkan uang, tetapi juga menandakan Anda peduli akan rencana masa depan dan mempersiapkan diri Anda.

5. Menyukai Anak-Anak Dan Peduli Pada Orang Tua

Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?
Kebanyakan dari kita tentunya lebih suka berkumpul dengan teman-teman sebaya. Tetapi jika Anda mulai menyadari bahwa Anda menyukai anak-anak dan merasa mulai memperhatikan orang tua dan segala kebutuhannya, Anda mulai melihat hidup dari sisi yang lain. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berbeda usia dengan kita akan membuka pandangan kita tentang hidup. Ingat, semakin kita bertambah dewasa, terkadang kita lupa orang tua kita juga semakin menua.

Kedewasaan muncul seiring dengan tanggungjawabnya. Tanggung jawab muncul seiring dengan kepekaan. Kepekaan akan mengantar Anda pada kepercayaan diri. So, move with confidence to show the world you have now matured.

» Thanks for reading Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?

0 Response to "Sudahkah Aku Layak Disebut Dewasa?"

Post a Comment

Komentar anda sangat membantu

back to top